Processor Intel Core i9 – Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Intel i7 sudah beberapa tahun terakhir menjadi seri tertinggi pada processor untuk konsumen, tapi itu akan berubah karena Intel sekarang sudah ada Intel i9 yang akan menggantikannya.

Bersamaan dengan peluncuran Intel Core i9, Intel juga mengumumkan sebuah keluarga processor terbaru yang disebut X-series. X-series ini menggunakan socket terbaru yaitu LGA 2066, yang memiliki chipset X299 (pengganti X99 yang sudah lama beredar) dan tentunya kalian harus membeli motherboard baru untuk menggunakan X-series tersebut.

Intel Core X Series Processor

Intel Core i9 hanya untuk PC

Intel hanya meluncurkan X-series ini untuk High-end Desktop Computers atau gampangnya sebut saja PC High-End. Dan mereka (Intel) telah mengumumkan tidak akan membawa Core i9 untuk Laptop.

Apakah Core i9 akan lebih cepat dibanding Core i7?

Yang membedakan Core i9 adalah jumlah core nya, dimana untuk seri paling ‘bawah’ memiliki jumlah core 10 dan yang paling ‘atas’ memiliki 18 core. Dan semua itu memiliki teknologi HyperThreading yang berarti mereka memiliki antara 20 Threads sampai 36 Threads.

Dan untuk menjawab pertanyaan apakah i9 akan lebih cepat dibanding i7 adalah YA secara teori. Kenapa secara teori? Karena semakin banyak core yang kalian miliki maka lebih banyak task yang dapat kalian jalankan bersamaan.

 

(Baca juga (processor pada smartphone) : Apakah Prosesor dengan Core Lebih Banyak Akan Selalu Lebih Baik?)

 

Tentu saja saya yakin jika kalian hanya menggunakan untuk tugas-tugas seperti biasa saja (ms office sampai bermain game berat sekalipun) kalian tidak akan menggunakan semua core tersebut. Karena semua software-software yang beredar saat ini tidak dibuat untuk menggunakan core sebanyak itu.

Untuk saat ini mungkin Intel Core i9 akan lebih berguna dimasa yang akan datang dibandingkan masa sekarang, atau ketika para pembuat software benar-benar memanfaatkan banyaknya jumlah core tersebut. Untuk saat ini Core i9 hanya akan lebih cepat untuk beberapa hal saja (melakukan render Video, Multi-Tasking yang benar-benar berat).

 

Cukup untuk penjelasan Awal sekarang kita akan masuk ke dunia yang lebih teknis.

Fitur – Fitur yang ada pada X-series

Turbo Boost Max 3.0

Intel Turbo Boost Max 3.0

X-series juga membawa teknologi Turbo Boost Max 3.0 untuk semua processor-nya. Ini merupakan Teknologi advanced dari Intel Turbo Boost yang sudah ada. Dengan teknologi baru ini, processor akan mengindentifikasi mana 2 buah core ter ‘kencang’ dan menggunakan mereka untuk mengerjakan fungsi task yang terpenting. Tentu saja itu hanya untuk sementara, terjadi ketika processor benar-benar “kewalahan” mengerjakan berbagai tugas (task). Dan ini pertama kalinya Turbo boost men-support 2 buah core, karena sebelum-sebelumnya hanya men-support 1 core saja.

Menyeimbangkan Hirarki dari Cache

Rebalancing Cache Hierarchy Intel X Series

Memang agak membingungkan hal ini bagi yang belum tahu tentang kegunaan cache pada processor.

Cache Processor merupakan salah satu penyebab yang bisa membuat PC / Laptop kita menjadi lambat. Karena Cache di processor ini bekerja pada level yang sangat dasar dan bisa dibilang merupakan “RAM untuk processor sendiri” karena setiap core memiliki tempat menyimpan data untuk melakukan tugas-tugas yang biasa berulang, mereka tidak perlu melakukan perhitungan ulang setiap kali tugas-tugas tersebut dikerjakan lagi. Tentu saja lebih banyak Cache lebih baik (semakin cepat) performanya.

Pada seri Core i9, Intel telah melipat-empatkan jumlah cache yang terdapat pada masing-masing core, tetapi mereka men-setengahkan Shared Cache (cache yang digunakan untuk semua core). Intel mengklaim hal ini akan memberikan performa yang lebih baik karena cache yang terdapat masing – masing core memiliki latency (waktu yang dibutuhkan processor mengakses cache tersebut) yang lebih kecil. Yang berarti data akan mengalir dengan lebih cepat antara cache dan core.

4 Channel DDR4 RAM dan Intel Optane

Computer RAM Intel Optane Memory Slot

Core i9 mendukung Quad-Channel DDR4 RAM dan akan memberimu potensi menggunakan RAM sampai 128GB.

Selain itu processor ini juga akan mendukung Intel Optane yang secara singkat meningkatkan performa HDD menjadi seperti SSD.

 

(Baca juga : Apa itu Teknologi Penyimpanan Intel Optane?)

 

Kekurangan

Tentunya dengan segala kelebihan tersebut pasti ada kekuranganya.

Selain Processor bagus agar menunjang performanya tentu saja dibutuhkan hardware lainnya yang bagus juga, dan semua itu memerlukan investasi yang tidak sedikit, setidaknya agar kalian mendapat potensi maksimal dari Core i9 ini kalian harus menyiapkan uang untuk membeli Motherboard baru, RAM DDR4 serta Intel Optane.

Selain itu harga dari masing-masing komponennya luar biasa mahal, motherboard termurahnya pun saat ini yang masuk resmi di Indonesia kalian memerlukan 5.4 juta Rupiah (ketika artikel ini ditulis) hanya untuk mendapatkan motherboard tersebut. Itu belum termasuk processor yang saat ini belum muncul dipasaran maupun RAM DDR4 yang tahun ini harganya meningkat tajam.

 

(Baca juga : Harga RAM DDR4 Akan Naik Tahun 2017 Ini, Kok Bisa?)

 

Terima Kasih telah membaca artikel ini, jangan lupa share jika menurut kalian artikel ini berguna dan tentunya nantikan terus artikel-artikel kami yang selanjutnya. 😀

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

2 Comments

  1. jhonathan
    August 11, 2017
    Reply

    kelebihannya lebih banyak daripada kekurangnyan. tapi sebenarnya masih ada kekurangannya lagi dari processor intel core i9 ini.. yaitu di sisi harga. mahallll pastinya

    • Jemmy Wu
      August 11, 2017
      Reply

      Ya, pastinya. Itulah kenapa sebenarnya processor ini ditujukan bukan pengguna biasa melainkan untuk para enthusiast yang memang uang bukan masalah dan selalu menginginkan performa dan kecepatan.

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.