Apa itu Ray Tracing dan Kenapa Nvidia memamerkannya?

Nvidia telah mengumumkan Graphic Card terbaru mereka yaitu RTX 2060, 2070, 2080, 2080 Ti yang menggunakan arsitektur terbaru yang disebut Turing dan merupakan generasi penerus dari Pascal (GeForce 10 series).  

Graphic Card ini menawarkan lompatan performa yang cukup jauh dibandingkan GTX 1060, 1070, 1080, dan 1080 Ti. Tetapi lebih daripada performa yang meningkat, Nvidia mengubah nama dari seri “GTX” ke “RTX” pada brand mereka bukan tanpa alasan.

Teknologi Ray Tracing merupakan alasan tersebut. Tetapi apa sih itu Ray Tracing, dan bagaimana hal ini dapat membuat grafik pada game lebih “cantik”?

Ray Tracing itu apa?

cara kerja ray tracing

Teknologi grafik memang biasanya sulit untuk dijelaskan, tetapi untuk Ray Tracing ini cukup mudah untuk dimengerti, dimana jika di terjemahkan pada bahasa Indonesia menjadi “penelusuran cahaya” Sesuai namanya teknologi Ray Tracing ini menciptakan sebuah gambar dengan cara menelusuri cahaya yang disimulasikan pada suatu gambar. Cahaya tersebut memantul saat terjadi suatu pergerakan dan secara langsung berinteraksi pada objek di sekitarnya dan tentu saja hal tersebut akan membuat warna menjadi berubah lebih akurat, terjadi refleksi pada objek, perbedaan bayangan, dan lainnya seperti pada dunia nyata dimana terdapat jutaan cahaya yang memantul disekeliling kita, hanya saja pada game cahaya tersebut disimulasikan secara langsung.

Teknologi Ray Tracing ini secara mendasar sama seperti kehidupan nyata kita dimana membuat game 3D menjadi sangat realistis. Tetapi dibalik hal tersebut ada sebuah masalah : Sangat susah untuk mensimulasikan hal tersebut. Dunia yang kita lihat sehari hari terdiri dari jutaan partikel cahaya yang memantul disekeliling kita dengan kecepatan cahaya. Untuk mensimulasikan hal tersebut sangatlah sulit, dan karena itu game yang biasa kita mainkan tidak menggunakan teknik Ray Tracing ini. Biasa teknik ini hanya digunakan pada film dimana mereka bisa me-render 1 frame selama berjam-jam.

Era Nvidia RTX

Ray Tracing Geforce

Teknologi Grafik telah berkembang cukup jauh, tetapi Nvidia RTX 2000 Series merupakan graphics card pertama yang dibuat untuk teknologi ray tracing ini, Arsitektur Turning mereka menggunakan Tensor Core terbaru untuk menangani ray tracing secara real-time. Nvidia memiliki beberapa demo pada konferensi pers mereka meliputi Battlefield V, Shadow of the Tomb Raider, dan Metro Exodus. 

Shadow of the Tomb Raider mungkin demo yang paling bagus, dimana kita dapat melihat secara detail efek yang diberikan teknologi ray tracing ini.

Shadow of tthe Tomb Raider: Exclusive Ray Tracing Video

Yang menarik pada demo ini, tidak hanya cahaya, tetapi juga bayangan. Kalian akan menyadari bahwa bayangannya sangatlah jernih, akurat, dan sangat jelas.

Pada Video ini juga anak-anak yang memegang petasan memperlihatkan demonstrasi yang bagus pada cahaya dihasilkan-nya dan kalian bisa melihat bayangan pada orang disekitarnya sesuai dengan cahaya dihasilkan oleh petasan tersebut.

Battlefiedl V: Official GeForce RTX Trailer

Jika Tomb Raider memberikan demonstrasi fokus pada bayangan yang sangat nyata, pada Battlefield V ini memfokuskan pada refleksi yang dapat kalian lihat sendiri pada video diatas.

Kapan bisa dinikmati?

Game - game yang support RTX

Nvidia telah meluncurkan Graphics Card terbaru mereka dan kalian sudah dapat membelinya sekarang walaupun memang harganya cukup mahal. Terlepas daripada itu game yang sudah release dan mendukung Ray Tracing ini pun masih sedikit dan list yang akan men-support Ray Tracing ini pun juga masih sedikit. 

Jika kalian tidak sabar ingin merasakannya, kalian langsung dapat membeli graphics card terbaru tersebut dan memainkan game yang sudah release dan mendukung ray tracing (mis: Battlefield V).

Dan itulah akhir dari artikel ini, terima kasih sudah membaca semoga membantu. dan nantikan terus artikel dari kami yang selanjutnya :).

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.