Apa itu Gorilla Glass dan Mengapa Penting untuk Smartphone Anda ?

Jika Anda memiliki sebuah smartphone, mungkin Anda sering mendengar Gorilla Glass pada perkataan seorang sales yang sedang membeberkan fitur-fitur yang ada pada smartphone yang sedang ditawarkannya. Namun, mengapa Gorilla Glass ini sangat berguna dan juga penting untuk perangkat konsumen sekarang yang memiliki touch screen?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui, Gorilla Glass tidak ada satu pun Gorilla dalam pembuatannya. Hanya pengingat bagi mereka yang pecinta binatang.

Gorilla Glass adalah teknologi coating atau lapisan yang berada untuk melindungi layar smartphone Anda dari goresan dan juga benturan, namun dengan mempertahankan postur yang tipis dan juga indah, serta nyaman untuk dipakai. Tentu teknologi ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa layar pada smartphone yang kita pakai sekarang dapat bertahan dari goresan kunci rumah ataupun benturan dari kecerobohan kita memakai smartphone sehingga jatuh.

 

(Baca juga : Apa itu Assertive Display pada Smartphone Anda?)

 

SEJARAH SINGKAT

Gorilla Glass Smartphone

Bagaimana Corning, perusahaan yang membuat Gorilla Glass dapat menghasilkan teknologi demikian? Pada awalnya, seorang ilmuwan di Corning sedang melakukan eksperimen dengan menaruh sebuah kaca fotosensitif dalam perapian. Tapi, perapian tersebut mencapai suhu 900 derajat celcius dari yang seharusnya 600 derajat. Hal ini membuat ilmuwan teresbut berpikir bahwa kaca tersebut akan meleleh, tapi yang didapatinya adalah sebuah lembaran yang buram dan ketika ilmuwan tersebut sedang mengeluarkannya dari perapian, kaca tersebut jatuh ke lantai. Bukannya pecah seperti pada umumnya, kaca tersebut malah memantul dari lantai.

Teknologi yang dipakai sekarang memiliki sedikit modifikasi dari eksperimen “gagal” yang terjadi pada awalnya. Pada awal 1960-an, sebuah studi bernama “Project Muscle” dilakukan. Studi ini bertujuan untuk mempelajari cara-cara untuk memperkuat kaca. Melalui studi tersebut, mereka menemukan bahwa dengan mencelupkan kaca pada kalium dapat menyebabkan pertukaran ion yang dapat memperkuat kaca.

Tapi apa itu pertukaran ion? Secara singkat, kaca tersebut ditaruh pada garam yang sudah dilelehkan dengan suhu 400 derajat celcius agar sodium ion yang lebih kecil dapat keluar dari kaca dan kalium dapat masuk untuk menggantikannya agar pada saat dingin ion yang lebih besar tersebut terkompres pada permukaan kaca yang membuat kaca tersebut lebih kuat.

Proses pembuatan Gorilla Glass Smartphone

Dalam masa berdirinya, Corning telah mengeluarkan teknologi Gorilla Glass sebanyak 6 versi.

  • Versi 1 pada Febuari 2008
  • Versi 2 pada Januari 2012
  • Versi 3 pada Januari 2013
  • Versi 4 pada November 2014
  • Versi 5 pada Juli 2016
  • Versi SR+ pada Agustus 2016

Gorilla Glass 3 dan 4 masih banyak digunakan pada banyak smartphone sekarang, namun pada flagship sudah beralih pada versi 5. Yang pertama memakai Gorilla Glass 5 adalah Samsung Galaxy Note 7 yang “terkenal” itu dan Gorilla Glass SR+ pertama kali pada smartwatch Samsung, Samsung Gear S3.

APA PERBEDAAN DARI SETIAP VERSI GORILLA GLASS?

Walaupun terdapat 6 versi Gorilla Glass, yang biasanya digunakan oleh smartphone sekarang adalah versi 4 dan 5. Sementara SR+ adalah model khusus untuk smartwatch, jadi tidak akan dibahas.

Gorilla Glass 4 memiliki kemampuan untuk bertahan 80% dari test jatuh ke permukaan keras yang memiliki ketinggian 1 meter. Sedangkan Gorilla Glass memiliki persentase yang sama, namun dengan ketinggian yang lebih tinggi, yaitu 1,6 meter. Keduanya sudah memiliki kemampuan scratch resistant, sehingga Anda tidak perlu takut untuk menaruhnya di kantung Anda bersama dengan kunci rumah.

MENGAPA PENTING MEMAKAI GORILLA GLASS

Gorilla Glass Smartphone

  1. Lebih keras, perhatikan kata-kata resistant, dan bukan kebal dari goresan
  2. Lebih tangguh, hal ini berarti lebih fleksibel, dapat bertahan lebih banyak benturan
  3. Lebih tipis dibandingkan kaca biasa dengan ketangguhan yang sama

KESIMPULAN

Dengan adanya Gorilla Glass mengurangi kebutuhan kita akan screen protector, walaupun jika Anda ingin menjualnya kembali dengan kondisi yang super mulus, mungkin screen protector bukanlah hal yang buruk. Tapi untuk pemakaian sehari-hari, Gorilla Glass sudah sangat mumpuni untuk mengatasi kekhawatiran kita dalam merawat smartphone kita. Asal kita tidak selalu ceroboh dan menjatuhkan ponsel kita setiap 5 menit sekali atau menggosok-gosokannya di pasir.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk lebih mengenal perangkat yang kita bawa setiap hari, yaitu smartphone kita. Sampai jumpa di artikel berikutnya 🙂

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

Be First to Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.