Apa itu Teknologi Penyimpanan Intel Optane?

Akhir-akhir ini kita sudah mendengar tentang Intel Optane. Sebuah memori jenis baru yang dikembangkan oleh Intel, yang di-klaim oleh Intel akan menggantikan SSD dan DRAM (yang biasa kita sebut sebagai RAM) yang ada saat ini. Tentu saja dengan adanya ini banyak alasan yang menjadikannya ingin dimiliki. Hal-hal seperti bermain game, Booting PC, dan berbagai hal lainnya akan menjadi sangat cepat dengan ini.

Intel mengatakan Optane lebih cepat 10x dibandingkan dengan SSD konvensional saat ini, tentu saja tes di dunia nyata harus dilakukan untuk mengetahui hasil aslinya. Intel Optane pertama diumumkan di CES, tetapi ini hanya dalam kapasitas yang kecil yaitu 16GB dan 32GB yang dapat digunakan sebagai cache dan bukan menjadi penyimpanan (Storage) utama.

Intel Optane itu apa?

intel 3dx point
Optane berbasis teknologi yang disebut sebagai 3D Xpoint, dimana sel memori(memory cell) berada pada struktur 3 dimensi. Intel dan Micron saling berbagi sumber daya untuk manufaktur dan bekerja sama dalam pengembangannya.

Optane pertama yang berukuran 16GB dan 32GB hanya akan bekerja dengan komputer yang didukung oleh Intel Kaby Lake. Optane tidak akan bekerja pada Skylake maupun Broadwell, ataupun processor dari AMD.

Nantinya, Intel akan mengapalkan Optane SSD, yang akan menggantikan SSD konvensional saat ini. Intel juga akan mengapalkan Optane sebagai pengganti DRAM yang akan dimasukkan kedalam DIMM slot. Optane memory akan lebih padat dan dapat menyimpan data, tidak seperti DRAM yang akan meghapus data ketika komputer dimatikan.

Kapan Optane akan tersedia?

Intel mengatakan, Optane dengan kapasitas rendah akan dikapalkan pada quarter ke 2 tahun ini (bulan mei-september), dan sepertinya masih akan lama untuk Optane SSD dengan kapasitas besar akan tersedia.

Seperti semua teknologi baru, tentu saja Optane tidak akan murah. Teknologi Optane masih diproduksi secara terbatas di sebuah pabrik di kawasan Dalian, China. Produksinya akan meningkat dari waktu ke waktu dan tentunya akan membuat biaya pembuatan semakin murah, dan tentunya harganya akan turun.

Optane akan membuat Hard Disk menjadi relevan kembali

Harddisk HDD

 

Sebuah komputer dengan Hard Disk sebagai penyimpanan utama dan sebuah cache Optane akan membuat load dari sistem operasi, dan berbagai aplikasi lainnya menjadi lebih cepat dibandingkan dengan komputer yang menggunakan SSD semua, dan tentunya ini akan lebih murah dibandingkan mengganti semua penyimpanan utama kita dengan SSD semua.

Tetapi, tentu saja, mempunyai Optane bersama dengan SSD sebagai penyimpanan utama akan lebih cepat, tetapi lebih mahal.

 

Kesimpulan

Intel Optane akan membuat semua penyimpanan utama kalian lebih cepat, tetapi sayangnya jika kalian tidak menggunakan processor Intel Kaby Lake, kalian harus menggantinya agar dapat menggunakan Intel Optane ini, dan kabarnya processor Intel Kaby Lake dibawah i3 tidak akan dapat menggunakan Intel Optane ini. Jadi jika kalian mempunyai Kaby Lake di komputer kalian, sangat direkomendasikan menggunakan Intel Optane ini walaupun hanya berfungsi sebagai cache dan kalian menggunakan Hard Disk.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.