Penjelasan USB 3.2 Dan Apa Perbedaannya dengan USB 3.1 dan USB 3.0?

USB 3.2 Standar Baru Yang Lebih Cepat?

Pada artikel Kami pada tahun 2017 kami membahas tentang USB 3.1 dan ini merupakan penerusnya yaitu USB 3.2 yang akan keluar tahun ini, Tetapi selain itu ada hal yang perlu diperhatikan lebih dalam dengan USB “3.2” ini?

Kenapa kami kutip 3.2 tersebut? Karna USB-IF selaku organisasi yang mengatur spesifikasi USB ini memberikan penamaan yang dapat dibilang aneh terutama bagi masyarakat umum.

Penamaan Aneh Seperti Apa?

Langsung saja ke penamaan baru tersebut ya!

  • USB 3.2 Gen 1 : Awalnya dikenal sebgai USB 3.0, dan direvisi menjadi 3.1 Gen 1. Merupakan USB 3.0 dengan kecepatan transfer data 5Gbps.
  • USB 3.2. Gen 2 : Sebelumnya dikenal sebagai USB 3.1 dan kemudian diubah menjadi USB 3.1 Gen 2, dimana Kecepatannya transfer datanya adalah 10Gbps.
  • USB 3.2.Gen 2×2 : Yang seharusnya menjadi USB 3.2. Memiliki kecepatan transfer data 20Gbps (dengan menggunakan 2 jalur 10Gbps secara bersamaan).

Nah itu dia nama baru dari USB 3.2, cukup “aneh” kan? Kenapa mereka harus merevisi seluruh nama dari USB 3.1 yang sudah di revisi sebelumnya menjadi USB 3.2 Gen 1, Gen 2, dan yang seharusnya menjadi USB 3.2 menjadi USB 3.2 Gen 2×2 karena menggunakan 2 jalur 10Gbps tersebut.

Jadi bagi kalian yang ingin membeli laptop baru, komputer baru, ataupun motherboard baru. Kalian jangan sampai terlena dengan USB 3.2 Gen 1, Gen 2 karena mereka adalah USB 3.0 dan USB 3.1 yang namanya direvisi dengan kecepatan seperti ditulis diatas tersebut.

Dan itulah akhir dari artikel kami, ,terima kasih telah membaca.

Jangan lupa untuk Share artikel ini jika menurut kalian berguna dan tentunya jangan lupa membericomment ya!

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.