RDNA 2 Itu apa sih?

RDNA 2 Pada PS5

Belum lama ini kita mendengar AMD meluncurkan Graphics Card terbaru mereka dengan berbasiskan Arsitektur RDNA 2. Sebenarnya RDNA 2 itu apa sih? Kelebihannya apa?

RDNA 2 merupakan Arsitektur GPU terbaru dari AMD yang meluncur pada seri Graphics Card Radeon RX 6000. Arsitektur ini juga hadir pada konsol next-gen yaitu Sony PS 5 dan juga Xbox Series X / S.

RDNA 2 ini merupakan generasi ke-2 dan klaim dari AMD Arsitektur ini meningkatkan performa hingga sebesar 54% per watt yang digunakan dibandingkan RDNA 1 yang terdapat pada Radeon RX 5000.

Pada Radeon RX 6000 terbaru AMD memperkenalkan “Infinity Cache” yang merupakan teknologi yang merubah bagaimana GPU menggunakan Memori (vram) dan juga akhirnya AMD Radeon RX 6000 ini terdapat dukungan untuk Ray-Tracing yang sebelumnya hanya terdapat pada GPU dari Nvidia.

Dengan Hadirnya RDNA 2 ini menjadikan suatu momentum tersendiri bagi para pecinta AMD pasalnya AMD sudah lama tidak mengeluarkan Graphics Card yang cukup mumpuni untuk kelas atas yang dulu hanya di duduki oleh Nvidia dan sekarang AMD pun terdapat dikelas tersebut.

Dan perlu diingat ini merupakan Generasi pertama AMD yang sudah mendukung teknologi ray-tracing yang terdapat pada Ray Accelerator mereka.

Berikut adalah Spesifikasi Resmi dari AMD untuk Graphics Card terbaru mereka :

Dengan Meningkatnya Jumlah transistor yang cukup signifikan sangat dipastikan performa yang dihasilkan pun sesuai dengan yang diharapkan oleh AMD. Selain itu tenaga listrik yang diperlukan pun hanya meningkat sedikit dibandingkan versi sebelum nya.

Harga dan Ketersediaan

Untuk Harga sebenarnya di USA, AMD mematok harga Retail sebagai berikut

RX 6800USD $579IDR Rp 8.300.000
RX 6800 XTUSD $649IDR Rp 9.300.000

Sayangnya harga tersebut sangat berbeda sekali dengan yang ada dipasaran sekarang dimana dapat ditemui di toko online harganya mencapai 20 juta Rupiah.

Ini dikarenakan produk ini sedang sangat di cari orang-orang dan stok nya sedikit sehingga menyebabkan kelangkaan.

Jadi sangat di harapkan untuk beberapa minggu hingga bulan mendatang harga akan turun hingga normal kembali.

Sekian artikel kali ini.

Nantikan artikel selanjutnya ya. Salam Getective! 🙂

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.