Kenapa Chipset Langka Sekarang ini

Kelangkaan Chipset untuk Barang Elektronik

Sekarang, kita memanfaatkan jutaan produk yang menggunakan chipset maupun processor. Mulai dari ponsel pintar, tablet, komputer, laptop, mobil bahkan sampai mesin cuci pintar. Yang semua itu memanfaatkan chipset atau yang bisa kita sebut juga dengan semikonduktor.

Dan sekarang ini tidak tersedia cukup chipset untuk memenuhi kebutuhan.

Mungkin kalian ada yang mengincar untuk membeli PS5 yang saat ini langka dan kalau ada harganya cukup terpaut jauh dari normal. Itu merupakan salah satu dampak dari kelangkaan chipset yang saat ini sedang terjadi.

Kenapa Ini Bisa Terjadi?

Ada Beberapa Faktor yang menyebabkan ini terjadi :

1. Kita Berada Di Masa Pandemi

Saat ini kita sedang berada dimasa pandemi dimana sangat mempengaruhi permintaan dan pasokan dari chipset. Hampir seluruh negara membuat aturan WFH (Work From Home) untuk para pekerja-nya dimana hal ini meningkatkan permintaan atas chipset.

Misalnya Kita yang dulu selalu ke kantor, sekarang terpaksa bekerja dari rumah, yang dulu bisa menggunakan komputer kantor, sekarang menggunakan laptop atau mungkin membeli komputer baru agar lebih nyaman mengerjakan pekerjaan dari rumah.

Sekolah juga sekarang banyak dari rumah secara daring menggunakan ponsel pintar / laptop maupun komputer. Dan hal ini terjadi secara masif di seluruh belahan dunia yang meningkatkan permintaan atas chipset yang mana chipset jumlahnya terbatas.

Dan tentunya banyak dari kita yang bosen dirumah karna tidak boleh keluar akhirnya membeli konsol game ataupun komputer / laptop untuk bermain game dari dalam rumah. Yang ini juga sangat meningkatkan permintaan pada chipset karna terjadi secara global.

2. Terjadinya Bencana Alam

Sekarang ini hanya terdapat sedikit pabrik yang dapat memproduksi chipset. Dan beberapa pabrik chipset ini dilanda bencana alam yang menurunkan angka produksi chipset mereka.

  1. Renesas Electronic Corp, sebuah perusahaan manufaktur chipset Jepang yang memproduksi chipset untuk kendaraan terbakar, dan menyebabkan tertundanya produksi chipset untuk kendaraan.
  2. Intel perusahaan yang tak asing lagi namanya ini juga mengalami bencana alam di pabriknya di Texas, Amerika Serikat. Dimana disana mengalami badai musim dingin yang cukup parah dan memaksa Intel untuk menunda operasional mereka.
  3. Di Taiwan terjadi kekeringan yang menyebabkan salah satu pabrik chipset tersebesar di dunia yaitu TSMC menurunkan produksi chipset mereka, Karena untuk memproduksi chipset diperlukan sumber daya air yang sangat besar.

3. Ketegangan Politik

Walaupun ini bukan merupakan sebab utama kelangkaan chipset. Tetapi terdapat pengaruhnya. Salah satunya adalah hubungan antara Republik Rakyat Tiongkok dan Taiwan sedang tegang, Dan karna di Taiwan terdapat produsen chipset terbesar hal ini memungkinkan.

Baca Juga : Apakah Micro LED Masa Depan Layar Perangkat Kita?

Kenapa tidak produksi lebih banyak chipset saja?

Ya mungkin pikiran ini akan muncul di benak kita, “Jika produksi lebih banyak pasti masalah selesai”. Sayangnya tidak semudah itu. Kenapa?

Proses Pembuatan Chipset.

Merubah pasir menjadi chipset / semikonduktor memerlukan waktu yang lama. Karna prosesnya sangat kompleks dan sulit, Jadi Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk merubah pasir tersebut menjadi chip yang terdapat pada barang elektronik kita. Dan saat ini Pabrikan chipset sudah pada batas maksimal mereka.

Baca Juga : Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Graphics Card

Kenapa tidak memperbanyak Pabrik Saja?

Ya, tentu ini dapat menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan kita. Akan tetapi untuk mendirikan pabrik chipset juga ada tantangan tersendiri.

Butuh Investasi

Ya, untuk mendirikan sebuah pabrik chipset diperlukan dana investasi yang tidak sedikit, membutuhkan jutaan hingga miliaran dollar untuk mendirikan 1 pabrik chipset.

Butuh Waktu

Selain butuh dana investasi yang banyak juga diperlukan waktu yang lama untuk mendirikan pabrik, Tidak seperti di dongeng dimana bisa membuat ribuan candi dalam satu malam. Untuk mendirikan pabrik Chipset membutuhkan setidaknya 18 sampai 24 bulan pengerjaan dan pemasangan alat.

Butuh SDM Terlatih

Jika Dana sudah ada, Pabrik sudah dibangun tentunya juga memerlukan SDM terlatih untuk menjalankan nya dimana memerlukan waktu untuk mencapai tingkat produksi optimal oleh para SDM tersebut.

Kapan kelangkaan ini usai?

Para Pakar menyebutkan kelangkaan ini jika terus terjadi permintaan yang tinggi akan usai sekitar tahun 2023, Yang dari artikel ini di terbitkan mungkin masih perlu 1 tahun lebih untuk mencapainya.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.