Harga RAM DDR4 Akan Naik Tahun 2017 Ini, Kok Bisa?

Tahun 2017

Ditahun ini banyak harga barang elektronik yang naik dan turun, rata-rata turun tapi kenapa harga RAM DDR4 tahun ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan tahun lalu? yuk kita bahas!

DDR4

RAM DDR4

Bagi kalian yang merakit komputer baru tahun ini dan memilih menggunakan RAM generasi terakhir yaitu DDR4 pasti kaget ketika melihat harganya. Kenapa Harga RAM DDR4 sangat mahal, untuk menjawab itu ada beberapa alasan yang saya rangkum.

Sebelum masuk kealasan yang saya rangkum mari kita lihat siapa saja pemain besar yang membuat RAM tersebut.

Pemain Besar

Ada 3 pemain besar untuk pasar RAM yaitu:

RAM DDR4 Market

  1. Samsung Semiconductor dengan pasar 50+%
  2. SK Hynix dengan pasar 24.8%
  3. Micron dengan pasar 12%

Oke sekarang kita masuk ke alasan pertama

Alasan Pertama

RAM NAND

 

Para pembuat ram tersebut lebih memilih untuk membuat RAM berjenis NAND yang digunakan pada smartphone sekarang ini, kenapa? Alasan simple nya karna lebih menguntungkan.

dan selain itu kita selalu melihat smartphone sekarang lebih banyak penjualannya dibandingkan dengan laptop maupun komputer, dan pada tahun 2017 ini pembuat smartphone berlomba-lomba untuk menggunakan RAM DDR4 yang lebih cepat.

dan hukum penawaran dan permintaan sangat digunakan disini, dimana permintaan untuk smartphone lebih banyak ketimbang yang lain, dan yang lain harus menderita yang berakibat harga naik.

 

Alasan Kedua

RAM Manufacture

Perubahan manufaktur dari 25nm ke 20nm, perubahan manufaktur merupakan perubahan yang cukup besar dan tidak semudah mengganti RAM dikomputer kita.

Para pembuat RAM mengubah manufaktur 25nm yang merupakan untuk DDR3/DDR4 menjadi 20nm untuk DDR4/DDR5. Dari sini kita melihat kenapa mereka mengganti proses manufaktur mereka sedangkan DDR4 masih bisa dibuat menggunakan 25nm. Jawabannya tentu saja untuk Futureproofing, lebih baik mereka merubah cara manufaktur mereka sekarang dibandingkan nanti, karna dengan 20nm mereka juga akan dapat membuat DDR5 dimasa mendatang.

Proses perubahan ini tentu membuat pasokan RAM menjadi berkurang dan berakibat naiknya harga.

 

Alasan Ketiga

Rakit komputer

 

Perlu kita tahu, tahun ini banyak orang meng-upgrade atau merakit komputer mereka menggunakan processor terbaru yang hanya support RAM DDR4, dan hal ini tentu saja meningkatkan permintaan dari segment ram untuk komputer, dimana permintaan banyak sedangkan pasokan menjadi sedikit. Dan hal ini berujung kenaikan harga.

 

 

Kesimpulan

Dengan ketiga alasan tersebut sepertinya sudah cukup untuk menjawab kenapa harga RAM DDR4 tahun ini meningkat tajam di tahun 2017, dan mungkin harga tersebut akan tetap tinggi dan bagi kalian yang ingin merakit komputer, ada baiknya membeli RAM DDR4 bekas, karna RAM merupakan komponen di dalam komputer yang paling jarang rusak dan tentunya lebih aman untuk dibeli secara bekas, tidak hanya menghemat uang, tetapi uang tersebut dapat dialokasikan menjadi hal yang lebih baik.

Terima Kasih.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

5 Comments

  1. rRr
    December 12, 2017
    Reply

    Apa daya bro RAM bekas jg Langka & Hrga’y ga jauh beda dari yg baru hehehe…
    Klopun ada yg jual katakan lah lebih murah 30% dri baru’y. itu akan jd rebutan 🙂

    • Jemmy Wu
      December 13, 2017
      Reply

      iya benar, karna ram juga susah di cari saat ini. dalam setahun terakhir harga ram sudah naik sekitar 118% jadi wajar kalau mahal dan tidak ada yang mau jual bekas, karna mahal sekali untuk membeli baru

  2. January 3, 2018
    Reply

    sebenernya dari awal peluncuran ryzen ane udah mau nyepek lagi. tapi gara2 harga ram yang semakin naik ane jadi pending.. eh barusan lihat harganya lagi malah semakin menggila.

  3. Jemmy Wu
    January 3, 2018
    Reply

    Iya gan, malah makin mahal sekarang. bahkan untuk brand2 tertentu banyak stok kosong, sepertinya mereka ga mau stok banyak karna harga sangat fluktuatif dan peminat juga sedikit.

  4. March 16, 2018
    Reply

    bruuuuh, masuk wishlist t*kped tahun lalu, sekarnag naik 69%, wut ze fuk

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.