Mengenal Macam-Macam Teknologi Layar LCD (IPS, VA, TN)

LCD

Layar LCD

LCD (Liquid Crystal Display) merupakan sebuah teknologi layar yang saat ini paling banyak digunakan di berbagai macam perangkat mulai dari TV, Monitor, Laptop, Tablet, sampai Smartphone. Tapi apakah kalian tahu bahwa teknologi dalam panel LCD juga bermacam-macam?

Sudah banyak teknologi panel LCD yang muncul di pasaran mulai dari panel TN, VA, dan juga IPS, tapi hal apa yang membedakan mereka sebenarnya?

Teknologi Panel IPS

Panel IPS

Ini mungkin teknologi panel LCD yang hampir semua orang sudah mengenalinya, karna banyaknya kata-kata ‘layar IPS’ pada brosur-brosur smartphone, TV , dan laptop.

IPS merupakan singkatan dari In Plane Switching, panel IPS ini merupakan teknologi yang bisa dibilang paling bagus untuk keseluruhannya, mulai dari kualitas gambar, sudut pandang (viewing angles), dan juga keakuratan warna.

Layar dengan teknologi ini sangat cocok untuk digunakan oleh untuk membuat desain grafis atau menggunakan aplikasi lainnya yang membutuhkan reproduksi warna yang konsisten dan warna yang akurat.

Panel ini juga memiliki tingkat sudut pandang terbaik yang terdapat pada teknologi layar LCD dengan sudut pandang sampai 178°.

Semua kelebihan yang dimiliki oleh panel IPS ini membuat harganya lebih tinggi dibandingkan teknologi layar LCD lainnya.

Jika kalian merupakan gamer ada baiknya kalian tahu bahwa panel dengan teknologi IPS ini memiliki response time yang cukup memadai sekitar 5ms – 16ms, dan dengan response time tersebut panel ini hanya sedikit lebih lambat dibandingkan dengan Panel TN.

(Baca juga: Layar Burn-in? Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?)

Teknologi Panel VA

VA (Vertical Alignment) merupakan teknologi yang bisa di bilang ,bukan yang terbaik tetapi juga bukan yang terburuk. Panel ini menawarkan reproduksi warna dan viewing angles yang lebih baik dibandingkan panel TN, tetapi memiliki response time yang lebih lambat. Diatas kertas panel dengan teknologi VA, mirip seperti IPS. Panel VA juga memberikan sudut pandang yang baik dan reproduksi warna yang baik, walaupun tidak sebaik IPS. Kelemahan panel VA terletak pada response time-nya yang lebih lambat dibandingkan dengan panel TN dan juga IPS.

Panel VA memiliki keunggulan dibandingkan jenis panel lainnya, yaitu memiliki contrast ratio yang lebih tinggi, yang memberikannya kelebihan pada warna hitam yang lebih hitam. Selain response time yang lebih lambat, teknologi panel VA ini juga memiliki kekurangan lain yaitu color shifting yaitu ketika layar ini dilihat dari sudut yang berbeda walaupun sedikit maka warna pada layar akan berubah, dan ini menjadikannya memiliki tingkat brightness yang tidak merata pada keseluruhan layar.

Teknologi Panel TN

Panel TN
Panel TN dilihat dari sudut yang berbeda-beda

TN (Twisted Nematic) merupakan teknologi panel yang paling banyak digunakan dalam memanufaktur layar LCD,  panel TN merupakan panel yang murah dan juga menawarkan response time paling baik, dan membuatnya monitor paling sempurna untuk gamer yang suka bermain game fast paced yang sangat mementingkan kecepatan seperti game-game FPS (First Person Shooter). Response time pada panel TN memiliki range 1ms – 5ms. Sayangnya reproduksi warna, keakuratan warna, contrast ratio, dan viewing angles-nya merupakan yang paling buruk dibandingkan teknologi LCD lainnya.

(Baca juga: Apa itu Layar HDR pada Smartphone?)

Itulah akhir dari artikel kami kali ini.

Terima kasih telah membaca, jangan lupa untuk men-share artikel ini jika menurut kalian artikel ini berguna :D.

Dan tentunya nantikan artikel-artikel dari Getective berikutnya!!!

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.