Apa itu Layar HDR pada Smartphone?

HDR

Mungkin bagi kita yang sering menggunakan kamera pada smartphone kita, sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata “HDR” atau bahkan “HDR+”

HDR Kamera Smartphone
HDR Kamera

Tapi yang akan dibahas dalam artikel ini bukanlah fitur HDR pada kamera, tapi fitur HDR yang ada pada layar smartphone.

(Baca juga : Apa itu HDR pada TV, dan Mengapa Kalian Harus Tau?)

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range, dan dapat memproduksi lebih banyak warna pada layar anda dan juga biasanya ketika membicarakan soal HDR, Anda akan kerap mendengar tentang 10-bit ataupun 12-bit warna. HDR memerlukan 3 faktor utama, yaitu brightness (semakin terang semakin baik), colors (bit rate pada color), dan konten (konten anda harus HDR).

Jika Anda membeli televisi beresolusi 4K, kemungkinan besar bahwa televisi yang Anda beli tersebut sudah memiliki fitur HDR. Pada televisi, HDR memakai tingkat kecerahan yang maksimal pada layar untuk memberikan hasil yang lebih memukau, dan pada saat yang bersamaan juga mempertahankan ketajaman pada bagian gelap dalam sebuah adegan. Untuk ingin tahu apa itu HDR di TV klik disini

HDR pada smartphone juga memiliki misi yang sama, yaitu membawakan visualisasi yang lebih baik dan juga konten yang terlihat lebih wah di mata para penonton, dan khususnya pada film dan game.

HDR display sudah mulai perlahan-lahan dibawakan oleh manufaktur untuk kita, seperti LG dan juga Samsung dengan smartphone flagship terbaru mereka, LG G6 dan juga Samsung Galaxy S8/S8+. Walaupun teknologi tersebut sudah ada pada Samsung Galaxy Tab S3, Samsung Galaxy Note 7 yang sebentar lagi akan melakukan “comeback“, dan juga Sony Xperia XZ, HDR display sangat dipromosikan pada LG G6 dan Samsung Galaxy S8/S8+.

HDR Display Smartphone

 

LG G6 menawarkan HDR10 dan juga Dolby Vision, yang merupakan fitur HDR yang telah ditingkatkan oleh Dolby. Dolby Vision mirip seperti HDR10, namun menggunakan metadata frame-by-frame untuk memberikan hasil yang terbaik.

 

HDR Display Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8/S8+ juga memiliki fitur HDR pada layarnya dan dapat mencapai titik tertinggi brightness sampai 1000 nits, yang meningkatkan visibilitas layar di tempat yang memiliki cahaya ambient yang sangat tinggi. Ditambah lagi Samsung Galaxy S8/S8+ juga smartphone satu-satunya yang telah disertifikasi oleh UHD Alliance.

Tapi semuanya itu hanyalah fitur layar, bahwa layar tersebut mendukung konten HDR. Jika konten yang Anda tonton tidak HDR, maka layar Anda juga tidak dapat mengubahnya menjadi HDR. Untuk sementara konten HDR masih terbilang sedikit, tapi Netflix dan juga Amazon Video sudah memulai untuk mendukung HDR pada smartphone.

Apakah Anda tertarik terhadap teknologi HDR pada layar Smartphone? Atau Anda bahkan tidak peduli dengan hal tersebut? Yah, kalau untuk saya, saya sangat menanti konten-konten HDR yang dihasilkan pada tahun-tahun yang akan datang karena smartphone mulai mendukung fitur tersebut.

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

2 Comments

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.