Layar Burn-in? Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Semakin banyak smartphone yang menggunakan OLED sebagai teknologi layar mereka dan walaupun hal tersebut bukanlah hal yang buruk – bahkan OLED terlihat sangat indah dan berwarna daripada LCD – OLED tetap memiliki kekurangan yang mungkin akan membuat para penggunanya berpikir dua kali ketika ingin memilih smartphone baru mereka, terutama bagi mereka yang ingin memakainya untuk jangka waktu yang lama. Kekurangan yang kami maksudkan adalah efek Burn-In yang akan dialami oleh layar OLED seiring dipakainya. Bagi yang tidak tahu, secara singkat Burn-In adalah efek dimana layar OLED akan memiliki tanda yang permanen di layar karena pemakaian yang lama. Lama dalam hal ini dapat diinterpretasikan sesuai dengan kualitas layar yang dipakai, dapat muncul setelah beberapa tahun, namun dapat juga muncul setelah dipakai selama beberapa bulan.

Jika kalian penasaran bagaimana wujudnya ketika sebuah smartphone sudah mengalami Burn-In pada layarnya, kalian dapat datang ke toko smartphone terdekat dan melihat ponsel SAMSUNG yang sudah menjadi ponsel display cukup lama. Mengapa Samsung? Ya, karena Samsung telah menggunakan teknologi OLED pada smartphone mereka untuk waktu yang cukup lama, bahkan Samsung terkenal dengan layarnya yang sangat indah dilihat dan kaya akan warna. Tapi coba kalian lihat jelas-jelas pada layar ponsel display Samsung tersebut, 90% akan sudah mengalami Burn-In dan akan kurang lebih terlihat seperti gambar di bawah ini.

 

(Baca juga: Apa itu Layar HDR pada Smartphone?)

 

Layar LG V10

Terlihat bahwa tidak ada Burn-In yang jelas secara kasat mata. Tapi ketika ditarik panel notifikasinya, apa yang terjadi?

Layar LG V10 Burn in

Persentase baterai yang ada di bagian atas masih muncul, yang seharusnya tidak ada pada saat panel notifikasi ditarik ke bawah.

Layar LG V10 Burn In

Pada saat masuk ke menu Settings juga jam yang ada di gambar sebelumnya masih muncul.

Yang perlu kalian cari ketika datang ke toko smartphone adalah hal-hal seperti ini kalau kalian ingin “Pixel Peeping“.

Mungkin bagi beberapa orang hal ini tidaklah menjadi masalah, tapi bagi kebanyakan orang hal ini adalah sesuatu yang sangat dipertimbangkan karena tentu jika kalian membeli sebuah smartphone, apalagi yang mahal, kalian tidak ingin ada hal yang mengganggu pandangan kalian ketika melihat layar smartphone kalian yang indah itu seperti jam yang menempel besar di bagian atas layar dan tidak dapat hilang walaupun kalian sudah berpindah ke aplikasi lainnya. Nah sekarang kalian tahu bentuknya seperti apa, lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mencegahnya? Mari simak!

PENYEBABNYA

LCD Screen Microscope

OLED Screen Microscope

Secara dasar, perbedaan dari LCD dengan OLED adalah LCD memerlukan sebuah backlight untuk menerangi pixelpixel mereka, sedangkan pixel yang ada pada OLED dapat mengeluarkan cahayanya sendiri. Dapat dilihat dari gambar di atas, dimana gambar pertama adalah LCD dan gambar kedua adalah OLED.

Dilakukan sebuah test oleh Gary Sims dari Android Authority dimana Gary melihat layar Samsung Galaxy S8 yang sudah memiliki Burn-In melalui sebuah mikroskop dan inilah yang didapatinya.

Layar S8 Burn In

Dapat dilihat dari gambar tersebut bahwa LED yang berwarna biru lebih besar daripada LED yang berwarna merah dan hijau. Hal ini dilakukan Samsung pada layar AMOLED besutan mereka karena LED yang berwarna biru lebih rentan terkena efek Burn-In dan yang dilakukan Samsung adalah mereka membuat LED yang berwarna biru tersebut sedikit lebih besar untuk mengurangi daya yang dipakainya dan mencegah efek Burn-In.

 

(Baca juga: Apa itu Layar Bezel-Less dan Apa Saja Kekurangannya?)

 

Jika kalian ingat monitor CRT yang mungkin pernah kalian atau orangtua kalian pakai, seringkali dipakai sebuah screensaver yang akan muncul ketika layar tersebut dalam keadaan tidak dipakai atau statis dan sudah menyala sekian lamanya dimana terdapat gelembung yang bergerak ke segala sisi layar. Hal ini karena fosfor yang menjadi bahan dasar layar CRT akan menjadi semakin lemah dan menyebabkan efek Burn-In. Walaupun namanya Burn-In, tidak ada yang terbakar pada bagian layar, hanya saja fosfor tersebut menjadi lemah karena memancarkan sinar ke bagian yang sama dalam kurun waktu yang lama dan menjadi “Burn-In” pada bagian fosfor pada layar tersebut.

Walaupun teknologi CRT dan OLED adalah kedua hal yang sangat berbeda, OLED rentan terhadap Burn-In. Hal ini dapat diambil contoh seperti status bar atau on-screen navigation bar (bagi ponsel yang tidak memiliki tombol fisik), LED yang sama terus menerus menyala pada bagian yang sama dan karena menyala dalam waktu yang lama terus menerus, LED tersebut “kehilangan warnanya” atau lebih redup.

CARA MENCEGAHNYA

Ingat, yang ditekankan disini adalah cara mencegahnya, bukan cara menghilangkannya karena OLED pasti akan mengalami Burn-In, hanya waktunya saja yang tidak dapat diprediksi secara pasti.

Beberapa hal yang dapat kalian lakukan adalah :

  1. Jangan atur Brightness pada layar kalian ke tingkat yang paling terang karena jika demikian LED tersebut perlu mengeluarkan daya yang lebih untuk menerangi layar kalian dan lebih rentan untuk “kehilangan warnanya”. Aturlah sesuai dengan kenyamanan mata kalian.
  2. Ubahlah wallpaper kalian secara berkala, kalau perlu pakai Live Wallpaper jika kalian lebih sayang layar kalian daripada baterai kalian. Usahakan memakai wallpaper yang gelap karena pixel pada bagian gelap tersebut akan benar-benar mati dan tidak mengonsumsi baterai smartphone kalian dan juga mengurangi kemungkinan adanya efek Burn-In.
  3. Jika terdapat fitur Always On Display, lebih baik matikan saja jika kalian masih takut juga terhadap efek Burn-In.
  4. Jika smartphone kalian menggunakan On Screen Navigation Bar, mungkin aplikasi seperti Navbar Apps akan sangat berguna bagi kalian. Aplikasi ini dapat mengubah wujud Navigation Bar kalian sesuai yang kalian inginkan, bahkan terdapat animasi yang menarik.

Namun, Burn-In biasanya terjadi dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Yang kita bicarakan bukanlah dalam hitungan jam ataupun minggu, bisa jadi beberapa tahun. Jadi, kalian tidak perlu was-was pada saat kalian menerima smartphone baru kalian itu dan pakailah dulu seperti yang kalian inginkan. Tapi tentu tidak ada salahnya juga untuk berhati-hati.

Semoga artikel ini membantu kalian dalam menjaga keutuhan smartphone kalian. Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya pada tahun 2018! Selamat tahun baru dan semoga kita menutup tahun 2017 dengan luar biasa! Salam Getective 🙂

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

76 Comments

  1. December 31, 2017
    Reply

    Hal seperti ini sedang saya alami di Redmi Note 4 Snapdragon. Anehnya, Burn-In muncul hanya ketika Smartphone Saya panas atau sedikit hangat pada bagian back cover saat bermain game. Saya mengatasinya dengan cara mematika Smartphone saya beberapa menit, sampai dingin kembali setelah itu saya hidupkan kembali. Dan juga, Burn-In muncul ketika baterai di bawah 30%. Hanya sedikit Sharing sesama pengguna Gadget. Hehehe … 😀

  2. James Alexander
    January 1, 2018
    Reply

    Kalau layar Redmi Note 4 itu LCD gan. LCD biasanya ga terkena efek Burn-In, tapi namanya lebih keren lagi hahaha. Transient Image Persistence namanya, yang sering dikira Burn-In. Tapi sebenernya penyebabnya berbeda karena LCD dengan OLED memiliki konsep yang berbeda dalam pembuatannya. Efek ini di LCD bersifat tidak permanen, tapi kalau parah memang akan meninggalkan bekas. Penyebabnya biasanya tidak nentu, tapi umumnya mirip seperti CRT dimana pixel yang ada di display akan meninggalkan bekas karena LCD memiliki relaxed state, jadi kalau gambar yang ditampilkan statis terlalu lama terkadang akan seperti itu.

    Makasih ya udah sharing pengalamannya gan 🙂 Sebenernya gambar yang saya pakai di atas buat contoh itu hp LG V10 dimana layarnya juga LCD, jadi itu bukan Burn-In, tp Image Persistence. Tapi gak apa, wujudnya mirip seperti Burn-In, jadi untuk memberikan contoh saja wujudnya seperti apa hehehe

  3. fauzy
    March 9, 2018
    Reply

    Saya pakai Xiaomi Mi A1, juga ngalamin hal yang sama, kalo abis buka aplikasi ada keliatan bekas keyboardnya samar-samar kalau pake background yang gelap. Saya ngakalinnya dengan pake theme aplikasi chatnya yang terang soalnya kalo pake yg gelap sedikit kelaitan samar-samarnya. Ada solusi lain kah?

  4. James Alexander
    March 9, 2018
    Reply

    Karena Xiaomi Mi A1 juga memakai LCD pada layarnya dan bukan OLED, hal tersebut bukan burn-in tapi Transient Image Persistence. Penjelasannya ada di komentar sebelumnya. Kalau untuk mencegahnya, cegah untuk memakai background wallpaper statis atau sama dalam waktu yang sama, bisa juga ubah setting-an layar untuk mati ketika tidak digunakan dalam waktu yang lebih singkat sesuai dengan kebutuhan Anda, Namun, jika sudah muncul gejala Transient Image Persistence, maka hal yang dapat dilakukan adalah untuk mematikan layar untuk waktu yang cukup lama (bisa beberapa jam sampai beberapa hari), ubah wallpaper Anda secara berkala atau jangan biarkan layar Anda dalam keadaan statis atau posisi yang sama dalam waktu yang lama, bisa juga nyalakan layar dengan gambar berwarna 1 seperti putih untuk waktu yang cukup lama – hal ini akan menyebabkan kristal yang ada pada LCD untuk me-reset setting-annya dan menghilangkan gejala Image Persistence yang pernah ada.

    Semoga komentar ini membantu Anda 🙂 Terima kasih udah membaca artikel kami ya. Terus ikuti kami untuk mendapatkan informasi-informasi tentang teknologi 🙂 Salam Getective!

  5. Hussain Mazaheri
    April 28, 2018
    Reply

    Jadinya layar amoled mau gamau bakalan ada shadow dan gabisa dicegah ya?

  6. James Alexander
    April 28, 2018
    Reply

    Iya, layar AMOLED memang akan menderita burn in seiring waktu. Namun, seberapa cepat dan parahnya burn-in tergantung dari pemakaian dan juga kualitas layarnya. Untuk cara mencegahnya sudah ada diatas, sedangkan untuk layar OLED yang bagus untuk ponsel biasanya milik Samsung atau LG. Mereka juga banyak mendistribusikan layar AMOLED (Samsung) atau P-OLED (LG) ke OEM lainnya, seperti iPhone X yang juga memakai layar dari Samsung.

  7. Ahmad Fadlil
    May 2, 2018
    Reply

    Punya Saya juga terjadi di LG V20. Bisa di Cegah ya?

  8. James Alexander
    May 3, 2018
    Reply

    LG V20 memiliki layar IPS LCD, layar LCD tidak terkena Burn-In, tapi Transient Image Persistence seperti komentar saya diatas. Layar LCD emang jarang sih terkena TIP ini, tapi entah kenapa LG V10 dan V20 sangat rentan terhadap ini, di forum pun banyak yang komplen akan hal ini dan saya juga mengalaminya pada LG V10 milik saya. Untuk cara pencegahannya sudah ada di komentar saya sebelumnya.

  9. Arta
    May 3, 2018
    Reply

    Saya sudah terkena burn in di samsung s8, kurun waktu pemakaian baru 10…
    Apa burn in bisa di claim di garansi resmi samsung ? Mohon bantuannya

  10. Arta
    May 3, 2018
    Reply

    10 bulan mksdnya

  11. James Alexander
    May 3, 2018
    Reply

    Saya kurang tahu sih kalau soal garansi. Tapi Burn-In itu kan sebenarnya besar pengaruh dari pemakaian pengguna, mungkin untuk di claim sedikit lebih susah. Namun, boleh saja dicoba mumpung masih berlaku garansinya.

  12. Jskksk
    May 25, 2018
    Reply

    Saya Menggunakan Galaxy Note 8 Sudah Terkena Burn In Home Button Dan garis Keyboard

  13. James Alexander
    May 25, 2018
    Reply

    Sudah pemakaian berapa lama gan?

  14. Herry
    June 6, 2018
    Reply

    Ap smu type smsung pake lyar amoled super amoled jg bs kena burn in alias shadow? Wah jd lemes kalo dh dgr gt. Nysel donk beli hp samsung yg pake layr super amoled

  15. James Alexander
    June 6, 2018
    Reply

    Semua layar OLED, baik Samsung atau merk lainnya dapat terkena Burn-In, itu sudah resiko memakai layar OLED. Tapi memang layar OLED lebih disukai oleh konsumen karena warnanya yang lebih kontras dan bagus, lebih irit baterai juga. Tapi tenang saja, layar OLED ga segampang itu terkena Burn-In, memakainya lebih hati-hati saja. Mungkin bisa baca artikel kita yang baru tentang MicroLED, yang mungkin bisa menggantikan layar OLED nantinya 🙂

  16. ogi
    June 8, 2018
    Reply

    gaada cara mengatasi nya gan?

  17. James Alexander
    June 8, 2018
    Reply

    Tidak ada gan, Burn-In berarti bagian Organic pada layar OLED sudah degradasi dan akan terus berkurang ketahanannya seiring pemakaian. Itu memang sudah salah satu kelemahan dari layar OLED, kalau ingin layar sebagus OLED tanpa kekurangannya bisa baca artikel kita tentang MicroLED gan 🙂

  18. June 20, 2018
    Reply

    Artikelnya sangat membantu, niatnya mau beli mi note 5a tpi bnyak yg bilang kedepanya kena burn -_-

    • James Alexander
      June 20, 2018
      Reply

      Maksudnya redmi note 5a ya? Setahu saya xiaomi baru ngeluarin hp dengan OLED itu mi note 2 dan mi 8 yang baru. Sisanya pakai IPS LCD yang tidak rentan kena burn-in. Jadi mungkin bisa bilangin ke teman2nya kalau layar OLED yang rentan kena burn-in 🙂

  19. June 25, 2018
    Reply

    Kalo layarnya sudah shadow bagaimana cara mengatasinya?

    • James Alexander
      June 25, 2018
      Reply

      Hpnya layar oled atau lcd gan? Kalau oled, tidak bs dihilangkan Burn-In krn bagian organik pada OLED sudah degradasi.

  20. July 9, 2018
    Reply

    Saya memakai hp j7 pro kisaran 6 bulanan. Brpa lama lgi hp dengan layar secantik ini akan rusak 🤣

    • James Alexander
      July 9, 2018
      Reply

      Estimasinya tidak bisa diprediksi sayangnya 😅 tapi untuk info aja, ZTE Axon 7 yang kami review di channel youtube kami beberapa waktu lalu belum ada tanda2 burn-in di layarnya yang memakai panel AMOLED, sudah dari agustus pemakaiannya dan dipakai cukup berat setiap harinya, jadi sebenarnya layar AMOLED cukup kuat endurancenya dan tidak perlu sampai parno berlebihan, namun memang perlu lebih hati2 makenya dibanding IPS LCD

  21. Chepot
    July 10, 2018
    Reply

    samsung galaxy a7 2016 saya juga sama terkena dampak shadow ….. apa bisa teratasi dengan aplikasi burn in fix …😅

    • James Alexander
      July 10, 2018
      Reply

      Kalo bisa kasih tau saya gan, saya juga mau pake kalo beneran bisa 🤣

  22. Saputra
    July 10, 2018
    Reply

    Hp saya samsung galaxy j7 pro 8bulan pemakaian timbul warna ungu di pojok kiri atas
    Setelah saya bawa ke samsung service center, alhamdulillah bisa klaim garansi, dapet layar baru gratis 😁

    • James Alexander
      July 10, 2018
      Reply

      Mumpung masih garansi meman harus secepatnya diclaim kalau ada kerusakan. Jangan seperti saya yang tarsok tarsok (entar besok) sampai akhirnya sudah habis masa garansi 😅

  23. July 14, 2018
    Reply

    Setelah pemakaian hampir 1 tahun akhirnya j7 pro saya k.o juga kemarin sore 😅

    • James Alexander
      July 14, 2018
      Reply

      Lifespan nya agak pendek yaa untuk hp samsung. Mungkin dpt barang defective kah?

  24. Gilang anugrah
    August 12, 2018
    Reply

    Gan saya pakai iphone x, tapi niatnya mau migrasi nih ke samsung s9 plus..kira2 menurut agan gmana ?? Apa tahan aja untuk ttp di iphone ?

    • James Alexander
      August 12, 2018
      Reply

      Kalo itu kayanya tergantung agan udah lebih dalem di ekosistem iOS atau Android, kedua hp itu in terms of performance kurang lebihnya sama. Tapi kalau agan lebih banyak gunain perangkat2 apple seperti apple tv, homepod dll, lbh ramah bagi agan kalau pake iOS krn semuanya lebih terintegrasi. Begitu juga sebaliknya dengan Samsung dengan perangkat2 samsung/android. Tinggal lihat fitur dan desain yang ditawarkan juga, apakah agan butuh banget sama fitur2 yang ditawarkan S9 plus atau tidak. Kalau saya sih jauh lebih suka perangkat Android karena saya sudah lebi terjun ke perangkat2nya dari android tv, google home dll

  25. Muhammad baydhowi
    August 15, 2018
    Reply

    Hp saya infinix hot note x551 layar nya gelap banget awalnya gapapa skrg malah gelap gamuncul layarnya..
    Kira kira saya harus ganti lcd atau apa ? Lalu kalau ganti lcd apa data data dihp hilang semua?

    • James Alexander
      August 15, 2018
      Reply

      Kalau itu mungkin bisa langsung ke service center saja untuk tahu kerusakannya. Biasanya sih kalau ganti apapun di service center akan di format datanya, tp setahu saya kalau ganti layar saja, data tidak perlu hilang karena saya pernah ganti layar hp saya sendiri dan data tidak hilang. Hanya saja, kesulitan tiap hp berbeda dan mungkin perusahaan tidak ingin susah2 menyelamatkan data user dan fokus untuk mengganti layar saja.

  26. August 23, 2018
    Reply

    Kalo layar shadow pada s7 edge itu bisa menyebar ga si min??

    • James Alexander
      August 23, 2018
      Reply

      Bisa, karena kalau udah burn-in di bagian situ biasanya karena pixelnya sudah degradasi, jd sisi2 sebelahnya kemungkinan untuk lebih cepat ngikut lbh besar. Tp prosesnya jg cukup lama

  27. Godwiin
    September 8, 2018
    Reply

    Hp saya samsung s8 dan sufah terkena burn atau shadow kalau tidak di perbaiki apakah akan pengaruh di mesin?? Dampak shadow kalau tidak di perbaiki apa gan?? Apakah hp bkalan jadi rusak total??

    • James Alexander
      September 8, 2018
      Reply

      Untuk ke mesin tidak ada pengaruh langsung. Setahu saya sih kalau lama kelamaan, bisa menyebar tapi saya belum pernah lihat langsung prosesnya. Saya hanya pernah lihat muncul di beberapa tempat saja. Dampaknya paling hanya susah melihat saja karena burn-in itu

  28. Huda
    September 24, 2018
    Reply

    Apakah tingkT kecerahan pngaruh trhdap burn in. .contoh brightnes yg rendah sma terang lbih cpet mna klo trkena burn in. .mhon di bantu ya gan. .trimakasih

    • James Alexander
      September 24, 2018
      Reply

      Seperti yang sudah dibahas di artikel, tingkat brightness mempengaruhi 🙂

  29. Zedekiawan
    October 17, 2018
    Reply

    Di layar hp ku muncul shadow tapi klo di screen shot di hasil screen shot ya shadow ya gak ada

    • James Alexander
      October 17, 2018
      Reply

      Burn in bukan ngaruh ke apa yang ditampilkan layar. Itu hanya luarnya saja karena layar displaynya mengalami cacat. Sedangkan screenshot itu dia motret yang ditampilkan oleh layar. Makanya kalo layar retak jg kalo screenshot tidak muncul retakannya pada hasil screenshot

  30. ningsih
    November 11, 2018
    Reply

    vivo y83 saya kok ada garis garis kedap kedip gitu ganggu banget min. apa itu termasuk burn in juga?

    • James Alexander
      November 11, 2018
      Reply

      Burn in cuma bisa terjadi pada layar OLED. Kalau itu mungkin ada kerusakan pada panel LCD nya, karena vivo y83 pakai LCD bukan OLED

  31. Novi
    November 25, 2018
    Reply

    Gan, hape saya samsung galaxy J7 pro, pemakaiannya udh hampir setahun gan, baru aja kemarin sore hape saya terkena begini, dideket tombol powernya layarnya warna ungu gitu. Apa udh penyakitnya J7 pro ya gan kalo saya liat2 di komen di sini?

    • James Alexander
      November 25, 2018
      Reply

      Layar AMOLED pasti akan terkena burn-in kok, kalau soal kualitas layarnya sih harus tanya langsung ke samsung atau baca-baca di forum J7 pro, biasanya ada di XDA-developers.com, cari thread nya J7 pro, terus bisa nanya disana atau cari post yang sama bahasannya

  32. Aditya Gilang Wahyu Sadewa
    November 30, 2018
    Reply

    Om hp saya lg v10
    Ini hp saya sudah parah bnr om shadownya
    Sampe2 ad sejenis kotak2 putih yg notabene jadi gk bisa di sentuh
    Apakah ini memang harus segera di ganti lcdnya apa tidak
    BTW saya blom ad dananya om

  33. Aditya Gilang Wahyu Sadewa
    November 30, 2018
    Reply

    Om layar hp saya kluar kotak2 dan tidak bisa di sentuh nadi touch screenya mati
    Hanya bagian kotak2 putih ajj yg mati selebihnya msh work layar sentuhnya
    Itu gejala apa ya om
    BTW hp saya LG v10

    • James Alexander
      November 30, 2018
      Reply

      Wah itu yang pasti bukan burn-in, karena hp saya juga LG V10 dan itu ga pakai OLED, pakainya LCD. Kalau sudah begitu kayanya udah bermasalah panelnya, mungkin makenya sering panas kali ya karena V10 kan terkenal dgn kasus cpu nya yg kalo panas menjalar kemana2 bahkan bootloop. Saya aja ngeri2 makenya 😅 mungkin bisa dibawa aja langsung ke tempat service, mudah2an ketemu yang bisa service hp kita yang langka ini

  34. Ricky
    December 6, 2018
    Reply

    Bang hp ximomi redmi 5 saya tiba tiba burn in shadow gitu bagaimana mengatasinya? Apa harus ganti lcd apa cuma sevice demannya saja

    • James Alexander
      December 6, 2018
      Reply

      Setahu saya sih kalau LCD sudah begitu harus diganti ya, tapi saya bisa salah juga, mungkin langsung dibawa ke service center saja

  35. Abie
    December 24, 2018
    Reply

    Samsung s8 sy penggunaan 1 tahun 4 bulan sudah kena burn in hampir 1/3 layar. Hari ini baru mampir ke samsung service center nanya perbaikan, ternyata memang harus ganti satu set lcd dalam dan layar luar. Biaya perbaikan luar biasa kena 2,6 juta & garansi dari mereka cuma 1 bulan. Klo di bulan kedua terkena burn in lagi, diluar tanggung jawab SC:)

    • James Alexander
      December 24, 2018
      Reply

      Kalau sudah burn-in memang harus ganti layar dan setahu saya setiap perusahaan hanya memberikan garansi 1x ganti layar

  36. Didan
    December 31, 2018
    Reply

    Gan hp saya samsung galaxy j5 pro pemakaian hp saya sdh hampir 2 tahun itu jg udh pernah ganti layar sebelumnya karna jatuh terus hp saya di deket tombol homenya skrng ada warna ungu ungu hijau gitu kya kebakar apakah efek itu akan menyebar??

    • James Alexander
      December 31, 2018
      Reply

      Biasanya sih kalau begitu nyebar tapi prosesnya lama banget

  37. Rival
    January 1, 2019
    Reply

    Bang kalo f1s ada shadow samar samar gara gara hp jatuh itu bisa di benerin ga om

    • James Alexander
      January 1, 2019
      Reply

      F1s kan LCD gan, biasanya kalau jatuh karena panelnya ada retak atau bent jd begitu. Ganti baru sih harusnya

  38. Rival
    January 2, 2019
    Reply

    Apa gabisa di akalin om, soalnya muncul ilang muncul ilang gitu ga permanen, layar dan touchcreen tidak terhambat sama sekali

    • James Alexander
      January 2, 2019
      Reply

      LG V10 saya udah ganti panel juga tetap sama aja sih hasilnya, tapi tiap hp kan berbeda, bisa ditanya langsung ke service centernya gan

  39. Nolis
    January 21, 2019
    Reply

    Halo gan, terima kasih atas postingan yg bermanfaat ini. Sy mau tanya gan, sy pengguna J7 Pro dr tahun 2017 dan sekarang J7 Pro sy terdapat bercak ungu di pojok kiri atas. Semakin lama semakin melebar gan. Pdhl nggak ada jatuh atau ketindih. Apa itu termasuk burn-in juga gak gan? Kalo iya cara mengatasinya gimana? Minimal agar kesan ungu tsb gak makin melebar gitu gan. Makasih.

    • James Alexander
      January 21, 2019
      Reply

      Kalau ungu gitu sih setahu saya ngarah ke dead pixel ya, tapi saya bisa salah juga. Kalau burn-in itu lebih ke shadow bekas tampilan layar, misal kaya bayangan keyboard padahal keyboard udah gak nampil di layar, seperti itu.

  40. Nolis Febry Anggraini
    January 23, 2019
    Reply

    Oh berarti kasus sy bukan tergolong burn in ya gan? Btw, pas malamya sy ngecas kan dlm keadaan off, besoknya diliat udah full ungunya satu layar abis gan. Gile… secepat itu. Setelah berwarna ungu lgsg jadi biru, kdg msh sempat sy gunain gan utk wa-an aje udh susah dan terakhir mulai dari layar kanan ke kiri menghitam perlahan2. Mau gk mau ya ganti LCD kan ya gan? Makasih gan infonya.

    • James Alexander
      January 23, 2019
      Reply

      Wah iya itu mah bukan burn-in gan, sudah saatnya ganti layar sepertinya. Mungkin pernah berbenturan keras jadinya ada kabel yang damaged atau pernah kena air gitu?

  41. Davie Al Vaeyza Pratama
    January 30, 2019
    Reply

    Saya pengguna samsung J7 Pro baru 4 bulan udah terkena burn in padahal pemakaian wajar dan tanpa ada benturan samasekali…. harga service pun lumayan tinggi….

  42. Genta
    February 3, 2019
    Reply

    Semahal”nya hp lcd ttp ada aja masalah dilayar gan, Ibarat laptop lampu layarnya terang sendiri pada 1 bagan, entahlah apa namanya, :V jadi kayak lampu jalan kwkek

  43. maura
    February 4, 2019
    Reply

    saya pengguna samsung j7 pro baru 8 bln layar udah kena awalnya muncul warna ungu lama2 melebar dan sekarang udh full hitam,,klaim garansi tidak bisa katanya kesalahan user,pdhal tdk jatuh atau ketindih

  44. nanang
    March 27, 2019
    Reply

    mas, saya pake gal note5 dan udah kena burn in, apakah nanti itu layarnya lama-lama bisa hitam total dan tidak keliatan apa2 atau cuma meredup aja. makasih sblumnya.

    • Jemmy Wu
      March 27, 2019
      Reply

      Bantu jawab ya, secara general semua barang elektronik pasti bisa rusak. Dalam hal ini Layar-pun juga begitu, mungkin kalau masih tahap awal efek burn in ini tidak terlalu terliat, tetapi lama kelamaan akan bertambah parah terutama jika terus menggunakan aplikasi yang sudah menjadi bayangan pada layar tersebut. Untuk kasus meredup mungkin karna sudah terlalu lama digunakan dan layarnya mulai meredup kecerahannya, sama seperti TV pada jaman sekarang.

  45. agung
    April 21, 2019
    Reply

    Bang James, ada rekomen tempat servis HP LG V10 dimana ya, saya punya screennya nggk mau up, setelah logo LG langsung gelap, tapi notifikasi SMS,email, WA semua masuk cuma nggk bisa dilihat ;( THanks sebelumnya

    • James Alexander
      April 21, 2019
      Reply

      Wah saya kurang tau nih soalnya biasanya saya benerin sendiri kalo ada kerusakan hp. Kebetulan V10 saya juga belum ada masalah apa2 jadi belum dicoba oprek2 maaf ni kurang bs membantu

  46. Ismo
    April 22, 2019
    Reply

    Ok, berarti emang udah resiko ya kalo pakai amoled. So pasti akan mengalami burn in.
    Nah yg saya tanyakan, seberapa menggangunya sebenernya burn in itu?

    Kalo kejadian yg di LCD itu, bayangan itu bisa terlihat oleh saya kalo bener2 diperhatikan betul dan dekat, baru terlihat. Tapi kalo buat aktifitas biasa tidak terlalu menggangu.

    • James Alexander
      April 22, 2019
      Reply

      Mengganggu engganya sih tergantung pemakai ya. Tapi burn-in bisa menyebar dan sifatnya permanen, ga kaya di LCD yang sementara

  47. Gulam
    May 28, 2019
    Reply

    Kalau hp saya samsung not 2 itu lampu atas yg kecil mula mula nya warnany biru sekarang jadi mereh kadang biru terus kembali lagi merah

  48. samsul
    August 2, 2019
    Reply

    Sya baru pke 3 bln udh kena,,samsung t***

  49. Khairi
    August 10, 2019
    Reply

    Saya pakai samsuSa galaxy S7 edge dan saya sangat bersyukur belum ada tanda-tanda itu

  50. Yan
    August 10, 2019
    Reply

    Apakah TIP bisa lebih parah ? Dan berwarna hitam ?

  51. Yan
    August 10, 2019
    Reply

    Gan kalau white spot itu berpengaruh gak?

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.