Bagaimana Cara Kerja dan Keuntungan dari Mouse Wireless?

Apa Maksudnya Mouse Wireless?

Mouse Wireless adalah mouse pada umumnya yang berguna untuk memberi input kedalam sistem komputer namun media penghubungnya tidak menggunakan kabel. Mouse wireless kini sudah menjadi salah satu pilihan yang populer sejak tahun 2000 awal saat mulai diperkenalkan dan menggunakan frekuensi radio atau bluetooth sebagai media penghubung ke komputer atau laptop.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas wireless yang menggunakan frekuensi radio atau Radio Frequency (RF). Karena berbasis frekuensi radio, maka alat ini membutuhkan 2 komponen utama yaitu RF transmitter dan RF receiver.

 

(Baca juga: Mengenal Jenis – Jenis Wi-Fi (Wireless-Fidelity))

 

RF Transmitter

RF Transmitter biasanya sudah terintegrasi di dalam mouse. Mouse merekam pergerakan dan tombol yang dipencet dan mengirimkan informasi-informasi ini melalui sinyal radio ke receiver.

RF Receiver

RF Receiver biasanya sudah dihubungkan ke perangkat komputer atau laptop. Nah, komponen ini menerima sinyal yang dikirimkan oleh transmitter, men-terjemahkan sinyal ini menjadi perintah yang bisa di mengerti oleh komputer lalu mengirimkan perintah ini ke komputer. RF Receiver biasanya memiliki beberapa bentuk yang berbeda, namun seiring berkembangnya zaman receivers kini sudah memakai plug yang sederhana dan praktis dan sudah terintegrasi dengan mouse seperti pada gambar di bawah ini.

 

Mouse Wireless Logitech

Frekuensi Radio (RF)

Pada awalnya, mouse wireless beroperasi pada frekuensi 27 Mhz, dimana frekuensi tersebut memiliki jangkauan yang terbatas. Nah mouse wireless saat ini sudah berevolusi dan menggunakan frekuensi 2.4 Ghz yang memberikan mouse tersebut jangkauan yang lebih luas, sekitar 100 kaki sampai 150 kaki atau sekitar 10 meter. Frekuensi ini sangat stabil dan hampir tidak memiliki gangguan di lingkungan apapun.

 

Keuntungan Mouse Wireless

Saya sudah merangkum beberapa keuntungan dan kelebihan dari penggunaan Mouse Wireless, berikut beberapa keuntungannya:

1. Stabil dan bisa diandalkan

RF Wireless Mouse adalah teknologi yang hebat karena kestabilan dan keandalannya. Bentuk lain teknologi wireless adalah Infrared namun teknologi infrared sangat tidak praktis karena harus berada di tempat yang sejajar dengan “tempat penglihatan” sensor-nya untuk bisa digunakan.

2. Hemat Energi

Salah satu alasan teknologi RF wireless itu hebat adalah fakta bahwa RF transmitter berada di dalam mouse itu sendiri yang membutuhkan daya yang kecil. Biasanya, Mouse wireless RF menggunakan baterai berukuran kecil sebagai pemasok daya-nya entah baterai sekali pakai atau baterai yang bisa di isi ulang dayanya.

3. Murah

RF mouse wireless juga tidak mahal. Mouse wireless di pasaran Indonesia ada yang dijual dengan harga dibawah 100 ribu. Mouse wireless juga sangat ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana – mana.

4. Memakai Sensor Optik

Hampir semua mouse wireless yang berada di pasaran sekarang menggunakan sensor optik daripada track ball pada awal mula mouse dibuat. sensor optik ini meningkatkan akurasi dan user juga dapat menggunkaan mouse hampir di semua permukaan (fitur yang sangat penting bagi mouse yang tidak terikat dengan kabel).

 

(Baca juga: 5 Kelebihan dari Keyboard Mekanik)

 

3 Tipe Mouse Wireless

Saat ini ada 3 jenis mouse wireless di pasaran yaitu, mekanikal, optik, dan laser. Mouse wireless mekanikal menggunakan track-ball untuk mengukur jarak dan posisi, namun mouse mekanikal sudah sangat jarang ditemukan sekarang ini karena beberapa masalah mendasar seperti track-ball-nya yang mudah kotor dan lambat untuk memproses informasi.

Mouse optikal sudah menjadi standar untuk mouse wireless saat ini. mouse ini menggunakan cahaya optikal untuk mengukur jarak dan posisi. Teknologi ini sangat tidak mahal, bisa diandalkan, dan proses-nya yang cepat.

Teknologi baru untuk mouse saat ini adalah dengan menggunakan laser untuk mengukur pergerakan dan posisi dengan sangat akurat. Teknologi ini sangat bagus dan proses informasi berlangsung dengan sangat cepat. Beberapa mouse gaming menggunakan teknologi ini. Namun, karena harga-nya yang jauh lebih mahal diatas mouse optikal, makanya mouse ini kurang dapat diterima oleh semua orang. Hanya beberapa orang yang menggunakannya untuk tujuan tertentu.

 

Keamanan dan Persiapan Mouse Wireless

Pairing

Pairing adalah proses koordinasi transmitter mouse dengan receiver-nya. Hal ini membutuhkan kedua bagian ini bekerja pada frekuensi yang sama, biasanya menggunakan kode identifikasi yang sama. Beberapa device sudah melakukan pairing secara otomatis saat kita baru mencolok plug receiver ke komputer tapi ada juga yang harus dilakukan secara manual.

Keamanan

Keamanan merupakan salah satu isu saat mengirimkan informasi lewat udara. Kebanyakan mouse mengamankan data dengan meng-enkripsi data. Metode lainnya adalah dengan menggunakan Frequency Hopping untuk mencegah hacking.

 

Nah, begitulah cara kerja dan keuntungan dari menggunakan Mouse Wireless. Apakah kalian menyukainya? Tulis komentar kalian pada kolom komentar ya! Silakan juga jika ingin bertanya sesuatu seputar Mouse Wireless kepada kami. Demikian artikel pertama Getective di tahun 2018. Terima kasih sudah membaca!

Support Kami dengan berdonasi disini. 😀

Recent Posts

Recent Comments

Andrew Linarchdo Written by:

Penggemar Dunia IT dan Penggemar berat dunia Otomotif roda dua maupun roda empat. Masih kuliah dan berencana untuk bekerja di dunia otomotif ketimbang dunia IT, tapi kalau bisa dicampurkan antara ke-dua dunia tersebut maka akan lebih baik.

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.