Apa itu Retina Display pada Gadget Apple ?

Beberapa dari kalian pasti sudah pada tau kan “Retina Display” dari gadget Apple, nah tapi mungkin dari kalian belum ada yang tau maksud dari Retina Display itu sendiri. Untuk mengetahui lebih lanjut pertama kita harus mengerti dulu apa itu PPI (Pixel Per Inch).

PPI (Pixel Per Inch)

Merupakan pengukuran berapa banyak piksel yang ada dalam 1 inci layar secara diagonal.

Retina Display in-depth

Jadi jika Handphone kalian memiliki Resolusi Full HD (1920 x 1080) dengan ukuran Layar 5″ kalian akan mendapatkan PPI sebesar 440.58, yang berarti di setiap 1″ layar kalian ada terdapat 440.58 pixel.

Retina Display Preview

Oke kita sudah bahas secara sekilas tentang PPI, tapi apa hubungannya sama Retina Display-nya Apple sih? Begini penjelasannya Retina itu merupakan Trademark Apple untuk Display (layar) yang sangat tajam sehingga mata manusia tidak dapat melihat perbedaan piksel dari jarak tertentu. Steve Jobs pernah berkata “It turns out there’s a magic number right around 300 pixels per inch, that when you hold something around to 10 to 12 inches away from your eyes, is the limit of the human retina to differentiate the pixels.” atau jika di Indonesiakan menjadi “Ternyata ada sebuah angka ajaib tepat di 300 piksel per inci, bahwa ketika anda melihat sesuatu dari jarak 10 sampai 12 inci dari mata kalian, itu merupakan batas retina manusia dapat membedakan piksel.”

Jadi sebenarnya semua layar dapat menjadi “Retina” asal melihatnya dari jarak tertentu. Untuk kasus seperti diatas pada penjelasan PPI, layar tersebut akan menjadi “Retina” pada jarak 8 inci atau 20 cm dari mata kalian.

Retina Display Comparison

Produk dari Apple sendiri yang memiliki layar Retina contohnya iPhone terbaru yaitu iPhone 7 memiliki 326 PPI dan untuk iPhone 7 Plus memiliki 401 PPI, untuk layar iPhone 7 akan menjadi Retina pada jarak 11 inci atau 28cm sendangkan untuk varian plus akan menjadi Retina pada jarak 9 inci atau 23cm.

Sudah mengertikan apa itu Retina Display sebenarnya? Jadi Retina Display itu bukan teknologi layar “canggih” dari Apple atau sebagainya tetapi sebuah Trademark dari Apple yang menyatakan sebuah layar yang sangat tajam sehingga mata manusia tidak dapat membedakan piksel pada layar tersebut dengan jarak tertentu. Dan sebenarnya layar handphone kalian pun bisa menjadi “Retina”, jika ingin mengecek berapa sih jarak yang dibutuhkan agar layar handphone kalian menjadi “Retina” dapat mengeceknya di sini .

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.