Beberapa Kelebihan dan Kekurangan dari Ultrawide Monitor 21:9

Pada tahun 2013 industri monitor menghadirkan sebuah aspect ratio baru dengan ratio 21:9 atau disebut dengan UltraWide, resolusinya pun yang paling populer di pasaran adalah 2560 x 1080 dan bernama resmi UW-UXGA. Ini membuat resolusi tersebut menjadi lebih lebar daripada layar full HD (1920 x 1080) dengan aspect ratio 16:9 yang sudah banyak beredar di pasaran.

Aspect ratio ini sesuai dengan aspect ratio dari film – film modern, dan jika kalian bertanya bagaimana dengan content berbasis aspect ratio 16:9 apakah dapat ditampilkan dengan sempurna, dan jawabannya adalah iya. Mungkin dari kalian ada yang bingung kenapa dengan resolusi 2560 x 1080 disebut dengan 21:9, nah itu adalah kata – kata marketing karna sebenarnya resolusi ini memiliki aspect ratio 64:27

Perlu diingat bahwa dengan resolusi 2560 x 1080 dengan total 2.765 juta pixel lebih ‘berat’ pemrosesan nya dibanding dengan layar Full HD 1920 x 1080 yang memiliki total 2.304 juta pixel, dalam hal pemrosesan layar UltraWide membutuhkan tenaga yang lebih sekitar 20% dibandingkan layar biasa.

Kelebihan layar UltraWide 

1. Untuk Produktifitas

Dengan layar UltraWide kalian dapat melakukan multitask dengan mudah. Mungkin beberapa dari kalian ada yang menggunakan layar dual monitor agar dapat melakukan multitask dengan mudah, tapi tentu saja ada kelemahannya dengan menggunakan dual monitor tersebut salah satunya adalah adanya pembatas di antara layar walaupun kalian mempunyai layar yang memiliki bezel yang sangat tipis (bezel less) pun itu tetap menganggu.

Tapi apa sih yang di maksud dengan “melakukan multitasking dengan mudah” itu?

Multi tasking monitor ultra wide

Nah itu salah satu contohnya dengan layar UltraWide kalian dapat membaca 3 halaman sekaligus dalam Microsoft word, dan tentunya bakal banyak cell yang terlihat jika kalian menggunakan Microsoft excel dibanding dengan cell yang terdapat pada layar dengan aspect ratio 16:9.

Dari kalian juga mungkin ada yang mengedit video atau photo dengan Adobe Premiere ataupun Photoshop nah kalian juga pasti akan mendapat benefit dari menggunakan layar ini berikut contohnya

Ultrawide adobe

Dengan layar UltraWide kalian dapat memiliki tampilan layout yang luas tanpa perlu terganggu untuk men-scroll scroll layout kerja kalian.

2. Untuk Gaming

Nah ini yang pasti disukai oleh semua orang. Awalnya saya ragu apakah dengan layar UltraWide ini dapat memainkan semua game dengan sempurna atau tidak, karna saya pikir tidak semua game mendukung resolusi ini dan setelah mencobanya sendiri akhirnya saya berkesimpulan semua game modern mendukung resolusi layar ini, dan dengan layar yang lebih lebar ini kalian pasti akan merasa lebih “berada” pada dunia dari game yang kalian mainkan. nah saya mencoba dengan 2 tipe game yang berbeda agar mendapat gambaran dari masing – masing tipe permainan. Tipe – tipe permainan yang dicoba adalah Shooters (fps) dan Racing.

Shooters (Battlefield 3)

Penggunaan monitor UltraWide pada game jenis shooters memberikan pengalaman yang luar biasa, kita dapat melihat lingkungan game dengan lebih leluasa dan memberikan kelebihan bagi kalian karna dapat melihat musuh walaupun dari sudut yang jauh.

Battlefield 3 game ultrawide

Terus bagaimana dengan performa? Ya, secara teori menggunakan layar UltraWide dengan resolusi 2560 x 1080 memang lebih berat sekitar 20% di bandingkan dengan layar Full HD atau 1920 x 1080, dan untuk game jenis shooter saya lebih menginginkan FPS tinggi (>60 FPS) dibandingkan dengan tampilan memukau atau sebagainya. Berikut perbandingan antara kedua resolusi tersebut dengan ULTRA settings.

Benchmark Battlefield 3

Dari angka diatas dapat dilihat penurunan performa sekitar 25% dari penggunaan layar Full HD ke layar UltraWide, tapi tetap saja walaupun ada penurunan 25% tersebut menggunakan layar ini tentu saja tetap memberikan keuntungan, jika kalian tidak suka dengan penurunan tersebut ada 2 pilihan yaitu mengganti dengan Graphic card baru atau menurunkan kualitas graphic dari game tersebut.

Racing (The Crew)

Pada game ini menggunakan layar UltraWide memang terasa sangat seru, tetapi tidak ada hal yang sangat menguntungkan dengan menggunakan layar tipe ini kecuali kalian merasa berada di dalam game tersebut

The Crew Ultrawide gaming

The Crew Benchmark Ultra

The Crew merupakan game yang bebannya kebanyakan berada pada GPU dan dari data diatas game ini lebih berat 22.5% dibandingkan dengan layar Full HD.

Beberapa dari kalian yang mungkin ingin membeli layar UltraWide berpikir dan penasaran sebesar apa kalau tampilan Full HD (Ratio 16:9) di tampilkan pada layar UltraWide (Ratio 21:9), berikut perbandingan layarnya.

Ultrawide Comparison Table

Jadi dengan layar UltraWide 25″ kalian dapat melihat konten dengan ratio 16:9 sebesar 20″ jadi jika kalian mempunyai layar sebelumnya dengan ukuran lebih dari 20″ mungkin akan terasa mengecil.

Jadi apakah layar UltraWide cocok untuk mengganti monitor anda sekarang? Menurut saya menggunakan layar UltraWide sangat membantu bagi yang suka dengan multitask dan juga gaming karna memiliki beberapa kelebihan yang tidak bisa di dapatkan oleh layar monitor dengan ratio 16:9, kekurangannya mungkin jika kalian menonton film / video akan terasa kecil karna format film dari DVD, Blu-ray , ataupun streaming menggunakan aspect ratio 16:9. jadi jika anda suka menonton film / video, pilihlah ukuran monitor UltraWide yang lebih besar biar tidak terlalu kecil menontonnya.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.