Kapan RAM DDR5 Akan Release dan Apa Saja Keunggulannya ?

DDR5 RAM

Kayaknya baru aja kita denger atau upgrade memory RAM kita dari DDR3 ke DDR4 eh sekarang malah sudah ada kabar tentang DDR5. Tapi apa kelebihannya ya dibanding DDR4?

Kelebihan DDR5

DDR5 akan mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan DDR4 saat ini, memory yang terdapat pada DDR5 akan lebih padat dan itu berarti akan lebih banyak memory yang dapat ditampung oleh 1 keping DDR5, saat ini DDR4 memiliki batas maksimal 16GB perkeping untuk pengguna umum, mungkin DDR5 akan dapat menampung 32GB atau 64GB perkeping. Ingat itu hanya kemungkinan.

Selain lebih padat DDR5 akan lebih hemat daya dan itu berarti bagi pengguna Laptop, akan membuat baterai lebih bertahan lama dibanding sebelumnya.

Dan tentunya kecepatan yang lebih cepat, apa artinya upgrade jika tidak ada perubahan performa bukan? DDR5 dikatakan bakal lebih cepat dibandingkan DDR4 saat ini, kita nantikan saja spesifikasi resminya.

Spesifikasi DDR5

Spesifikasi dari DDR5 akan tiba akhir tahun ini (2017) dan akan disebarkan pada 2020. Jadi untuk spesifikasi lebih baik kita menunggu daripada mengira-ngira tapi sudah dapat dipastikan DDR5 tersebut akan lebih cepat, padat, dan hemat energi.

Kebutuhan PC/Laptop untuk VR

Kehadiran DDR5 ini juga bukan tanpa alasan. Walaupun VR (Virtual Reality) saat ini sudah dimana-mana tetapi ini masih masa awal, kedepannya VR akan membutuhkan memory lebih, dan DDR5 merupakan salah satu jawabannya.

PC/Laptop yang menjalankan aplikasi VR akan membutuhkan memory yang lebih cepat dan lebih padat (besar) seperti DDR5 ini.

Siapa yang mendapat Memory baru ini duluan?

Seperti yang sudah-sudah yang akan menerima memory DDR5 ini terlebih dahulu adalah komputer Server, dan akan merambah ke komputer rumahan 12-18 bulan kemudian.

Kesimpulan

Jadi dengan adanya memory baru ini akan memungkinkan kita untuk memiliki PC/laptop dengan performa lebih cepat,memory yang lebih besar, dan baterai (daya) yang lebih hemat. Bagi yang ingin memilikinya dimohon bersabar karna mungkin kita baru akan merasakannya pada tahun 2021 mendatang.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.