Orang Ini Membuat iPhone 6S Di China

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa China adalah pilihan banyak manufaktur dalam hal produksi. Bahkan ada kalanya lelucon “Semua hal yang kita miliki dibuat dari China” adalah sebuah kenyataan yang tidak dapat kita hindari. Bukan hanya biaya produksi yang murah, tapi SDM di China juga dapat mengikuti tuntutan jumlah produksi yang besar dengan biaya yang tentunya lebih murah. Oleh sebab itu, banyak manufaktur yang memilih untuk memakai China sebagai tempat produksi mereka.

Nah, dengan mengetahui hal tersebut tentu pernah terpikirkan oleh kita dengan besarnya pasar smartphone di China – khususnya di Shenzen dan Guangzhou – apakah kita dapat membuat smartphone kita sendiri dengan lengkapnya komponen-komponen yang dijual di pasar smartphone di kedua tempat tersebut. Nah hal tersebut juga terpikirkan dengan Scotty Allen, seorang programmer yang memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi. Dia bukan hanya mempertanyakan hal tersebut, tapi juga merealisasikannya.

Berawal dari sebuah pertanyaan dari temannya, yang menanyakan dengan adanya begitu banyak komponen ponsel yang dijual, apakah kita dapat membuat sebuah ponsel untuk kita sendiri, menjadi sebuah project besar yang dilakukan Allen seorang diri. Dia telah memendam pertanyaan tersebut selama 9 bulan, dan akhirnya memutuskan untuk membuat IPhone 6S sendiri. Nah, mungkin Anda bertanya mengapa tidak IPhone 7 saja, mengapa dia memutuskan untuk membuat IPhone 6S? Hal tersebut dijawab olehnya pada blog miliknya, bahwa ada 2 alasan mengapa dia memilih IPhone 6S daripada IPhone 7.

Yang pertama adalah karena dia sudah memiliki IPhone 6S yang resmi dibeli pada Apple Store, dan apabila dia membutuhkan untuk membandingkan antara ponsel miliknya dengan ponsel yang akan dia buat, maka hal tersebut akan lebih mudah. Yang kedua adalah untuk beberapa alasan tertentu, komponen IPhone 7 sangat susah untuk dicari di pasar. Mungkin karena masih tergolong baru.

KOMPONEN

Seperti yang dibilang oleh Allen, untuk membuat project ini nyata dia memerlukan 4 komponen penting. Yaitu layar, baterai, kerangka ponsel, dan logic board (prosesor). Disebut olehnya bahwa semua ini memerlukan biaya $300, tapi dia sudah memiliki alat-alat yang diperlukan dan komponen lainnya senilai $1000 dan membutuhkan waktu sekitar 2 bulan karena Allen keluar masuk China .

LET’S GIVE HIM OUR LOVE

Jika Anda penasaran dengan apa saja yang dilakukan oleh Allen, dapat Anda lihat dari video yang diunggahnya pada channel Youtube miliknya. Saat ini videonya sudah memiliki lebih dari 3juta views dan 70 ribu likes, cukup tinggi jika Anda tahu bahwa video ini diunggahnya pada 12 April 2017, tidak lebih dari 2 minggu yang lalu! Ayo berikan komentar positif pada videonya tersebut karena hal ini sangat membuka mata kita bagaimana industri ponsel di China bekerja.

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

Be First to Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.