Memasuki Era SSD Baru dengan QLC NAND

SSD

SSD mungkin saat ini telah menjadi primadona karena performanya yang sangat cepat. sayangnya harganya cukup mahal, dan kapasitasnya juga terbatas. yang paling besar hanya 2TB saja / drive nya.

Diartikel kami yang sebelum-belumnya “Mengenal Istilah SLC, MLC, TLC Pada SSD” kami memberitahukan bahwa ada 3 jenis Cell yang terdapat pada SSD dan itu memberikan performa dan harga yang berbeda-beda untuk setiap cell tersebut.

QLC NAND Flash Memory

QLC flash memory micron

Sekarang Micron dan Intel telah mengumumkan akan memproduksi dan mengapalkan SSD pertama dengan teknologi QLC (Quad-level cell) yang berarti memiliki 4 bits per cell yang mana lebih padat dibandingkan teknologi sekarang yang memiliki 3 cell saja atau TLC.

Dengan adanya QLC ini kita dapat berasumsi bahwa kedepannya SSD akan memiliki kapasitas jauh lebih besar dan tentunya memiliki harga per GB yang lebih murah dibandingkan sebelumnya. Tentu saja itu tidak dalam waktu dekat untuk menjangkau pengguna rumahan atau kelas consumer.

Micron juga telah memperkenalkan sebuah SSD baru dengan tipe 5210 ION yang memiliki teknologi QLC NAND flash memory yang ditargetkan untuk kelas Enterprise.

Dalam kata lain, QLC akan mulai memiliki kapasitas yang lebih besar tetapi tidak memiliki peningkatan performa yang signifikan.

Micron juga mengatakan SSD mereka akan tersedia secara lebih luas dengan kapasitas mulai dari 1.92TB sampai 7.68TB nantinya tahun ini.

Untuk masalah performa, memang Micron belum memberikan apapun soal itu, tetapi kita bisa memperkirakan bahwa performanya tidak akan jauh berbeda dengan SSD kebanyakan yang beredar saat ini.

Dan itulah akhir dari artikel kami.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share jika menurut kalian artikel kami berguna 🙂

Dan tentunya nantikan terus artikel dari kami yang selanjutnya!!

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.