Benarkah Chip GPS di Tahun 2018 Akan Jauh Lebih Akurat dan Efisien?

Banyak manufaktur yang berlomba-lomba untuk menampilkan sebuah inovasi yang dapat mengambil perhatian para konsumennya dengan meng-upgrade bentuk dan ukuran produk mereka. Namun, hal-hal seperti smartphone bezel-less (Apa itu Layar Bezel-Less dan Apa Saja Kekurangannya?) atau dual kamera (Apakah Kita Memasuki Era Smartphone Dual Kamera?) adalah upgrade secara visual, salah satu upgrade terhadap smartphone kita di tahun 2018 yang akan datang adalah chip GPS dari Broadcom yang akan membuat smartphone lebih akurat dalam fitur pemetaan dan juga menggunakan daya yang lebih efisien.

IEEE Spectrum mengumumkan bahwa chip GPS ini akhirnya siap untuk diproduksi secara masal untuk produk konsumen. Walaupun belum diketahui smartphone mana yang akan menghadirkan chip GPS ini, tapi akan siap dipakai pada tahun 2018 nantinya.

Mengapa hal ini istimewa dan apa artinya bagi Anda?

PEMETAAN YANG LEBIH AKURAT

Chip GPS pada smartphone sekarang memiliki akurasi pemetaan dalam area 5 meter dari lokasi Anda, tapi dengan chip baru dari Broadcom, BCM47755, dapat bertambah menjadi hanya 30cm saja. Dengan chip ini juga seharusnya dapat bekerja lebih baik lagi pada lokasi perkotaan dimana terdapat gedung-gedung tinggi dan bangunan lainnya.

PEMAKAIAN DAYA YANG LEBIH EFISIEN

Dengan berpindahnya ke desain 28-nanometer, chip ini akan memakai daya yang lebih sedikit, atau 50% lebih efisien dari chip GPS yang digunakan pada smartphone sekarang. Mungkin bagi Anda yang jarang menggunakan Google Maps, Waze, atau layanan pemetaan lainnya, tidak akan meresakan dampak ini terlalu besar. Tapi, dengan banyaknya pengendara ojek/taksi Online, tentu mereka akan berbahagia mengetahui bahwa mereka akan dapat bekerja lebih nyaman tanpa terlalu memikirkan daya ponsel mereka.

 

(Baca juga: Sensor Apa Saja yang Ada pada Smartphone Anda?)

 

Dengan upgrade yang sudah dilakukan pada chip GPS tersebut, BCM47755 juga merupakan yang pertama pada smartphone yang mampu menghubungkan satelit L5 yang mampu mengirimkan sinyal yang lebih akurat dan juga dengan distorsi yang lebih sedikit dari satelit L1 yang biasanya dipakai selama ini. Bukan hanya itu saja, chip ini akan dapat terhubung dengan keduanya (L1 dan L5) untuk dapat memberikan hasil yang terakurat.

Walaupun bukan yang pertama untuk dapat menggunakan satelit L5, tapi bagi produk konsumer ini adalah yang pertama. Tentu ini juga kabar baik bagi kalian yang masih bertahan dengan Pokemon GO 🙂

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.