Perbedaan Processor Celeron, Pentium, dan Core i3, i5, i7. Mana Yang Lebih Baik?

Pasti dari kita semua masih banyak yang bingung apa sih bedanya processor Intel Celeron, Pentium dan Core i3,i5,i7?

Nah kali ini kita akan membahasnya secara singkat dan menurut kebutuh masing-masing individu.

 

Intel Celeron dan Pentium adalah processor Intel yang berada di kelas low-end level dan targetnya adalah laptop-laptop yang performa yang dibutuhkan tidak berat sekali, seperti hanya menjalankan ms.office dan web browsing, walaupun masih sanggup buat gaming tetapi performa yang dihasilkan kurang. Dan juga processor seri ini tidak kuat untuk banyak multi-tasking, jadi jika anda adalah orang yang suka dengan multi-tasking, processor ini tidak cocok dengan anda.
Update :

 

Intel Core i series:

 

Disini ada 3 kelas processor ini yaitu i3, i5 dan i7.

 

Intel Core i3:

Intel Core i3

Processor Intel i3 ini digunakan untuk multi-tasking yang tidak terlalu banyak dapat juga untuk bermain game dan melakukan hal-hal dasar seperti menggunakan ms.office dengan lancar. Core yang dimiliki i3 untuk laptop maupun komputer adalah 2 core (dual core) dengan hyper-threading jadi cukup bagus untuk multi-tasking.

(Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Merakit PC dan Beli Jadi)

 

Intel Core i5 :

Intel Core i5

Processor ini digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas sekaligus, dan cocok untuk pengguna multi-tasking tingkat sedang ke berat. Processor ini sanggup bermain game dengan performa yang baik dan dapat di andalkan. Untuk laptop processor  ini terdapat 2 varian yaitu yang memiliki dual core dan quad core. Untuk yang seri dual core memiliki teknologi HyperThreading.

 

Sedangkan untuk komputer i5 hanya memiliki versi quad core, dan memiliki beberapa range clockspeed dari rendah sampai tinggi. Selain itu juga terdapat versi unlock yang bias di overclock oleh pengguna agar dapat meningkatkan performanya.

 

Intel Core i7 :

Intel Core i7

Processor ini cocok untuk segala jenis pekerjaan dan dapat menampung beban multi-tasking yang berat sekalipun, mampu menjalankan berbagai macam aplikasi dengan lancar dan meningkatkan performa laptop maupun komputer anda semua secara keseluruhan. Selain itu dapat me-render video dengan cepat dibanding dengan Core i5 dan Core i3. Ada 2 jenis Core i7 pada laptop yaitu dual-core dan quad-core keduanya dilengkapi dengan kemampuan hyper-threading.

 

Dan untuk komputer ada beberapa versi dari quad core sampai octa-core (8 core / inti), semua versi ini memiliki teknologi HyperThreading. Dan juga terdapat versi unlock yang dapat digunakan untuk meng-overclock-nya.

 

 

Bedanya apa sih Quad-core dan Dual-core?

 

Mungkin kita banyak bertanya memang apa bedanya kedua processor tersebut?

 

Quad-core Processor :

Adalah processor dengan 4 inti dan mampu menjalankan berbagai macam hal sekaligus, dan ada juga aplikasi-aplikasi dan game yang memanfaatkan teknologi ini agar dapat menjalankan aplikasi dan game tersebut dengan lebih baik.

 

Dual-core Processor :

Adalah processor dengan 2 inti mampu menjalan kan hal-hal mendasar seperti menjalankan ms.office, tetapi performa dintentukan oleh kelas dari processor tersebut.

 

Hyper-threading:

Secara singkat merupakan teknologi dari Intel di mana 1 buah core processor dapat terlihat 2 buah core oleh OS (Operating-System) dan dapat bekerja jauh lebih efisien karna eksekusi sebuah program dilakukan sebanyak 2x dibandingkan tanpa teknologi hyper-threading, jadi dual-core processor dengan teknologi hyper-threading akan terbaca memiliki 4 Logical cores dan 2 physical cores

 

Walaupun processor dual core i7 tetap akan lebih baik dibanding dengan quad-core i5 karena adanya perbedaan kelas tersebut, tapi itu tidak berlaku untuk semua jenis processor tersebut, masih ada faktor yang mempengaruhi antara lain arsitektur, clockspeed, dan jumlah transistor dari processor yang bersangkutan.
Jadi menurut kebutuhan kalian, processor mana yang pas untuk anda?

 

Perlu di ingat jika kalian membandingkan processor i7 pada laptop dan i3 pada komputer, kemungkinan besar pemenangnya adalah processor i3 pada komputer karna untuk laptop, mereka sangat menghemat daya dan tenaga yang dihasilkan pun tidak akan sebanding.

 

Sekian artikel dari saya. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa share jika menurut kalian artikel ini berguna :D.

 

Selalu nantikan artikel dari Getective.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

6 Comments

  1. hermanto
    September 30, 2017
    Reply

    celeron dan pentium belum dibahas min

    • Jemmy Wu
      September 30, 2017
      Reply

      Perbedaan mereka tidak terlalu kelihatan tetapi secara hirarki Pentium lebih baik dibandingkan Celeron, selain itu untuk PC sudah tidak ada lagi Celeron, dan Pentium menjadi pilihan terendah.

  2. Syafriza
    March 5, 2018
    Reply

    Tp untuk laptop2 sekarang masih banyak yg menggunanakan celeron ya

  3. Jemmy Wu
    March 5, 2018
    Reply

    Memang saat ini masih banyak Laptop yang menggunakan Celeron dan dibuat untuk segment low end seperti pelajar yang keperluan-nya digunakan untuk berselancar di internet saja.

  4. Seseorang
    March 12, 2018
    Reply

    Lepi ane juga gan

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.