Kelebihan dan Kekurangan Merakit PC dan Beli Jadi

Era Mobile

Kita memang sudah masuk ke era komputer mobile, tapi bukan berarti Komputer desktop langsung mati. Masih ada beberapa hal yang belum bisa digantikan oleh perangkat mobile (smartphones & tablets). Di era ini teknologi touchscreen sudah dimana-mana tetapi tidak ada yang bisa menggantikan mouse dan keyboard, dengan kedua alat tersebut kita dapat mengetik dan bernavigasi dengan lebih cepat dan akurat dibandingkan menggunakan touchscreen. setidaknya dalam opini saya.

Laptop jaman sekarang juga sudah bertranformasi menjadi hybrid-devices yang mengkombinasikan keringkasan tablet dan fungsionalitas dari laptop. Komputer desktop tidak ada mengalami perubahan semacam itu, kita masih menggunakan teknologi yang sama dengan 10 tahun yang lalu tetapi lebih berkembang, jadi masih ada CPU, Layar, Keyboard, dan Mouse.

Di Era mobile ini permintaan untuk desktop komputer terus menurun dan harganya pun terus menurun dan kita dapat membeli jadi / merakit komputer dengan harga yang jauh lebih murah daripada sebelumnya.

 

Rakit vs Beli Jadi

Rakit PC vs Beli jadi

Untuk tugas semacam Word, Browsing Web, dan streaming video. Semua Komputer yang dapat kalian beli dimana saja pasti dapat melakukan hal-hal tersebut, atau mungkin lebih baik kalian membeli laptop dengan harga murah dibandingkan dengan Komputer yang besar dan memakan tempat.

Tapi jika kalian ingin bermain game-game jaman sekarang dengan setting max, itu baru hal yang berbeda. Walaupun kalian dapat membeli komputer highend dari berbagai perusahaan, seperti Alienware. Kalian mungkin akan mendapatkan sesuatu yang lebih dengan harga yang sama jika kalian merakitnya.

Merakit komputer dari awal memang bukan untuk semua orang. Proses pengerjaannya tidaklah sebentar dan mungkin kalian akan stress jika tidak tau apa yang kalian lakukan, lebih parahnya lagi mungkin kalian menghamburkan uang sia-sia karena salah dalam membeli komponen.

Tapi bukannya menaku-nakuti ada baiknya kalian mencari teman yang tahu tentang merakit komputer dan meminta tolongnya.

Oke sekarang kita bahas kelebihan dan kekurangan dari merakit PC sendiri vs Beli jadi

Kelebihan dan Kekurangan

Rakit PC

Membeli PC yang sudah jadi dari manufaktur seperti Dell, HP, atau Lenovo memang murah, kalian sudah bisa dapat PC dengan harga Rp. 4 Jutaan, tentu saja harga itu untuk kelas basic atau spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Tapi kalian sudah bisa langsung memakainya tanpa perlu berurusan dengan rakit-maerakit lagi, lebih dari itu PC tersebut memiliki garansi, jadi jika ada masalah kalian bisa langsung mengurusnya.

Jika kalian menginginkan performa lebih cepat seperti menggunakan processor yang terbaru, itu akan membuat Komputer tersebut lebih mahal lagi, Perusahaan-perusahaan pembuat PC mendapatkan uang dengan menambahkan memory RAM, HDD, Processor, dan VGA. Sebuah komputer beli jadi untuk gaming dengan spesifikasi tinggi bisa dihargai sampai Rp 50 Juta, tapi untuk mendapatkan komputer tersebut kita tidak harus mengeluarkan uang sebanyak itu.

Merakit komputer kita sendiri memberikan kita kemudahan dalam mengkombinasikan Hardware, dan lebih daripada itu kita bisa langsung mengganti hardware kita jika ingin meng-upgrade, seperti menggunakan SSD dibandingkan Hard Disk, ataupun menambah memory RAM. Sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan ketikan membeli PC desktop jadi. Kalian dapat membuat sebuah Desktop yang powerful dengan harga yang lebih murah dibandingkan membeli PC desktop jadi.

Untuk masalah garansi, pada komputer rakitan garansi terdapat pada masing-masing komponen, jadi kalian tetap aman dan tidak perlu khawatir.

 

Selain itu merakit PC sendiri dapat menjadi sebuah hobi yang menyenangkan dan dapat menambah pengetahuan.

Tapi perlu di-ingat dalam merakit PC tidak semua komponen dapat dipasangkan dengan komponen lainnya ada beberapa hal yang biasanya orang awam kurang mengerti seperti Socket Processor, RAM DDR berapa, dan hal-hal lain sebagainya.

Jika kalian ingin merakit PC sendiri ada baiknya kalian meminta bantuan teman yang sudah mengerti, atau di beberapa toko komputer juga sudah ada teknisi yang dapat membantu anda dalam merakit komputer.

Jika kalian malas mengurus hal-hal tersebut, tidak ada salahnya jika kalian langsung membeli komputer jadi, mereka juga memiliki berbagai varian yang sesuai dengan kebutuhan kalian

 

 

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.