Apa itu Layar Bezel-Less dan Apa Saja Kekurangannya?

Ponsel genggam sudah berkembang pesat, berawal sebagai alat komunikasi menjadi perangkat serba bisa. Dari mengkonsumsi media ataupun bermain gamessmartphone kita sudah memiliki tuntutan yang jauh lebih besar dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Dengan itu, tentu untuk meningkatkan kenyamanan kita, sebuah layar yang lebih besar harus disematkan kepada smartphone kita. Sudah beberapa tahun terakhir ini trend perangkat genggam adalah menjadi lebih besar. Bahkan beberapa tahun lalu sempat trend memakai sebuah tablet dibandingkan smartphone, sehingga terkadang terlihat lucu jika melakukan sebuah panggilan tanpa headset.

Tablet saat menerima telephone

Namun, trend pada tahun 2017 ini berbeda dari yang sudah berjalan sekian lama ini. Kini, smartphone lebih mengarah ke kenyaman penggunaan satu tangan, yang berarti membuat body smartphone lebih kecil tanpa harus mengurangi ukuran layar. Namun bagaimana hal tersebut dapat diraih?

BEZEL-LESS

Smartphone memiliki bezel atau jarak antara layar dengan ujung body.

Smartphone dengan layar bezel-less Smartphone dengan layar bezel-less

Hal tersebut terkadang mengurangi kenyamanan seorang yang memiliki ukuran tangan yang lebih kecil dalam memakainya dengan satu tangan. Namun, jika bezel tersebut dikurangi atau bahkan dihilangkan, maka Anda akan mendapatkan sebuah perangkat seperti ini.

Samsung Galaxy S8 bezel-less display

Samsung mampu menyematkan sebuah layar dengan ukuran yang lebih besar, 5.8″, namun dengan ukuran body yang lebih kecil dari 2 ponsel yang diatas. Hal ini mereka capai dengan mengurangi bezel pada perangkat mereka dan juga membuat layar lebih tinggi menjadi aspect ratio 18.5:9 dibanding 16:9 yang konvensional.

Terlihat indah bukan? Tapi dengan ukuran layar seperti itu dan minim-nya bezel juga mendatangkan permasalahannya lainnya.

 

(Baca juga: Apa itu Layar HDR pada Smartphone?)

 

KETAHANAN

Salah satu faktor terbesar dalam mengambil langkah seperti ini adalah ketahanan. Pada smartphone umumnya memiliki bezel yang lebih besar di setiap sisi layar. Namun, mengecilnya ukuran tersebut hanya akan membuat layar smartphone lebih rentan retak ketika mengalami benturan karena akan mengalami impact yang lebih keras.

POSISI HARDWARE

Biasanya bezel pada smartphone memiliki sebuah fungsi yang terpendam. Apakah mungkin tempat fingerprint scanner atau speaker di depan, kedua hal tersebut terlihat hampir mustahil untuk diimplementasikan kepada ponsel dengan layar bezel-less. Samsung-pun juga memperlihatkan keterbatasan ini dengan memindahkan posisi fingerprint scanner mereka di belakang dengan posisi yang cukup awkward. Hal ini karena tidak ada ruang untuk menaruh fingerprint scanner di depan seperti yang telah dilakukannya selama ini(kecuali manufaktur sudah dapat menaruh fingerprint scanner tersebut dibawah layar seperti yang diisukan)

 

(Baca juga: Apa Komponen Terpenting pada Smartphone Anda?)

 

Walaupun speaker di bawah tidak menjadi masalah yang terlalu besar, tapi memiliki speaker di depan yang menghadap ke wajah kita akan terdengar lebih baik dan jelas ketika mengkonsumsi media karena tidak akan terhalangi oleh tangan kita.

Posisi kamera-pun juga terpaksa diubah, seperti yang diperlihatkan Essential Phone dan juga Xiaomi Mi Mix dengan posisinya yang mungkin secara kasat mata dapat dibilang aneh.

POSISI MEMEGANG YANG KURANG NYAMANSamsung Galaxy S8

Kita seringkali memegang smartphone kita dengan posisi tangan seperti itu. Namun, biasanya kita memilik bezel yang dapat menghalangi tangan kita secara tidak sengaja menyentuh layar. Dengan minim-nya bezel, terkadang tangan kita dapat menyentuh layar dan mengganggu apapun aktivitas yang sedang kita lakukan dengan smartphone kita. Walaupun sudah cukup baik software para manufaktur dalam membedakan “accidental touch” dengan tidak, tapi tetap terasa hit and miss.

 

(Baca juga: Apa itu Assertive Display pada Smartphone Anda?)

 

Berikut beberapa hal yang mungkin dapat kalian pertimbangkan ketika ingin membeli sebuah ponsel yang bezel-less.

Saya tidak membenci ponsel bezel-less, bahkan ponsel terbaik menurut saya yang keluar di penghujung tahun ini adalah LG V30 dengan layarnya yang bezel-less. Menurut saya layarnya terlihat indah. Hanya saja, tetap terdapat beberapa hal yang saya ingini lebih, seperti dual front facing speaker.

Kalau kalian bagaimana? Apakah kalian tetap menyukai ponsel dengan layar bezel-less? Silahkan berikan komentar Anda dibawah dan sampai jumpa di artikel berikutnya 🙂 Salam Getective!

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

One Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.