5 Kelebihan dari Keyboard Mekanik

Keyboard mekanik, kenapa begitu banyak orang yang menginginkan keyboard mereka menjadi keyboard mekanik? Apa sih kelebihannya? Apa bedanya dengan keyboard biasa?

Oke, Memang sekarang ini sudah mulai panas-panasnya orang menggunakan keyboard mekanik. Bagi yang bingung apa itu keyboard mekanik yuk kita bahas di artikel ini!

Apa Itu Keyboard Mekanik?

Proses kerja keyboard mekanik

 

Nah bagi yang masih bingung apa itu Keyboard Mekanik atau bahasa inggrisnya adalah Mechanical Keyboard adalah Keyboard yang menggunakan “switch” fisik yang terdapat dibawah tombol-tombolnya untuk menentukan kapan ketika kita menekan tombol tersebut. Ketika ditekan maka switch tersebut akan masuk kedalam dan keyboard akan mengirimkan sinyal kepada komputer kita bahwa tombol tersebut tertekan.

Memang prinsip diatas sepertinya sama saja dengan keyboard pada umumnya (membran) yaitu ketika kita menekan tombol, maka huruf yang kita tekan pada tombol tersebut akan muncul di layar dalam waktu yang singkat. Tetapi cobalah kita berpikir kenapa kita tahu bahwa tombol yang kita tekan tersebut muncul di layar? Mungkin karna kita menekan sampai batas maksimum keyboard tersebut agar mengirim sinyal ke komputer kita dan menampilkan huruf tersebut dan kita baru sadar bahwa tombol tersebut-lah yang tertekan.

Cara Keyboard Membran Bekerja

Proses kerja keyboard biasa

Kebanyakan keyboard terdiri dari sebuah set 3 membran plastik, dengan switch karet yang biasa disebut “Rubber Dome” yang terdapat dibawah setiap tombol. Ketika ada tombol tertekan maka switch karet tersebut akan menekan ke membran tengah (“Holes”) dan menyambungkan antara membran atas dan bawah sehingga memicu aliran listrik dan mengantarkan sinyal ke komputer kita. Design keyboard jenis ini murah harganya, dan tahan terhadap tumpahan air. Tetapi tidak memberikan feedback suara “click” ataupun feel “tactile” yang kebanyakan orang inginkan.

Dan itulah alasan mengapa keyboard mekanik banyak disukai!

 

Oke mungkin sudah ada gambaran bagaimana perbedaan cara kerja keyboard mekanik dengan keyboard kebanyakan (membran). Tetapi apa sih kelebihan dari keyboard mekanik?

Kelebihan Keyboard Mekanik

1. Selalu Terasa Baru

Keyboard mekanik terasa baru "New"

Ya, keyboard mekanik memiliki tingkat kenyamanan yang sangat tinggi, bahkan jika sudha digunakan selama bertahun-tahun pun akan terasa seperti baru. Lain halnya dengan keyboard membran yang mungkin sudah 2 tahun digunakan dengan sering akan mengalami tombol tersangkut-sangkut dan tidak langsung kembali ke posisi awal setelah ditekan.

2. Feel

Bagaimana sih rasanya menggunakan keyboard mekanik

Pada bagian inilah kebanyakan orang akhirnya beralih menggunakan keyboard mekanik, kenapa? Mungkin kalian beranggapan tidak berbeda jauh antara keyboard yang biasa kalian gunakan dengan keyboard mekanik, tetapi percayalah feel yang dirasakan sangat berbeda. Kalian harus mencoba sendiri bagaimana pengalaman mengetik menggunakan keyboard mekanik, karna sangat nyaman dibandingkan menggunakan keyboard biasa.

 

(Baca juga: Unboxing Rapoo V500 – Mechanical Keyboard)

 

3. Ketahanan

Ketahanan keyboard mekanik

Faktor ini juga menjadi alasan kenapa sudah mulai banyak orang menggunakan keyboard mekanik, keyboard mekanik memiliki daya tahan yang jauh lebih lama dibandingkan dengan keyboard biasa.

Sebagai perbandingan keyboard membran biasa memiliki daya tahan 10 juta kali tekan / klik, kelihatan banyak bukan?? Tetapi ini tidak ada apa-apanya dibandingkan keyboard mekanik yang memiliki daya tahan rata-rata adalah 50 juta kali tekan / klik.

Jika kalian pengguna komputer harian yang sering menggunakan keyboard setiap harinya keyboard membran biasa mungkin hanya dapat bertahan 3 tahun sebelum ada tombol yang rusak.

4. Mudah Dirawat

Keyboard mekanik mudah dirawat

Ilustrasi gambar diatas bukan berarti keyboard mekanik dapat dicuci menggunakan mesin cuci ya :D. Tetapi yang dimaksud adalah mudah dirawat dan dibersihkan karna seluruh Key caps pada keyboard mekanik memang di design agar mudah dilepas-pasang sehingga jika kita ingin membersihkan dibagian dalam keyboard tersebut akan sangat mudah dibandingkan dengan keyboard biasa.

Keyboard mekanik

5. RGB LED

Keyboard mekanik RGB LED

Ini memang bukan alasan yang penting untuk menggunakan keyboard mekanik, Tetapi untuk keyboard-keyboard RGB sekarang kebanyakan adalah keyboard mekanik, jadi jika kalian merupakan fans RGB kalian sebaiknya menggunakan keyboard mekanik karna akan terasa lebih keren dan mewah.

 

Sekian penjelasan singkat tentang kelebihan dari keyboard mekanik.

Yang ingin tahu jenis – jenis switch apa saja yang tersedia di keyboard mekanik ini, tunggu artikel dari Getective selanjutnya ya!

Terima kasih telah membaca, jangan lupa untuk men-share jika menurut kalian artikel ini berguna dan selalu nantikan artikel-artikel dari Getective berikutnya!

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.