Apa Sih Pengaruh Switch pada Keyboard Mekanik?

Switch Mechanical Keyboard

Ada berbagai macam brand keyboard mekanik yang memiliki tipe berbeda-beda dan masing-masing memiliki jenis switch yang berbeda-beda pula. Jika di artikel sebelumnya kami menjelaskan secara singkat apa itu keyboard mekanik dan kelebihannya (5 Kelebihan dari Keyboard Mekanik), maka pada artikel ini kami akan menjelaskan beberapa jenis switch yang terdapat pada pasaran, penasaran? Yuk kita bahas lebih lanjut!

Brand – Brand Switch

Cherry Keyboard

Kailh KeyboardLogitech KeyboardRazer Keyboard

Tidak semua keyboard mekanik menggunakan switch mereka sendiri-sendiri, beberapa brand diantaranya adalah Cherry, Logitech, Kailh, Razer, dan juga ada brand lainnya. Tetapi ke-empat brand tersebut lah yang paling umum dipasaran Indonesia, dan yang paling mendominasi adalah switch dengan brand Cherry.

 

Karakteristik Switch

Setiap Switch memiliki karakteristik yang berbeda-beda dari satu dengan yang lainnya, yang biasa dibeda-bedakan berdasarkan warna dari switch tersebut.

Mungkin kalian pada saat ingin membeli bingung melihat tipe keyboard yang sama tetapi memiliki warna switch yang berbeda seperti Corsair K70 RGB LUX Cherry MX Brown dan Corsair K70 RGB LUX Cherry MX Red. Warna tersebut bukanlah warna dari keyboard melainkan warna switch yang mengartikan karakteristik yang berbeda-beda.

Karakteristik sendiri dapat diartikan sebagai spesifikasi secara teknis yang memberikan kita ‘feel‘ seperti:

  • Tingkat kedalaman “Actuation Point“.
  • Suara “Clicky” atau tidak.
  • Suara yang dihasilkan.
  • Apakah switch tersebut “Tactile” atau “Linear“.
  • Force.

Bagi yang bingung dengan maksud istilah – istilah diatas berikut adalah penjabarannya:

Actuation Point : Merupakan point dimana ketika switch ditekan sampai point tersebut maka keyboard akan mengirim sinyal ke komputer bahwa tombol tersebut tertekan.

Clicky : Suara ‘klik’ yang dihasilkan oleh switch mekanik apakah memiliki suara klik yang kencang atau tidak ketika sedang mengetik.

Suara yang dihasilkan : Apakah switch tersebut memiliki suara yang besar atau tidak ketika digunakan, karna beberapa diantara kita ingin menggunakan keyboard dengan damai tanpa suara, bukan?

Tactile : Switch Tactile memberikan kita ‘feelfeedback yang membuat kita tahu bahwa keyboard tersebut sudah cukup dalam ditekan dan boleh dilepas tanpa harus menekan sampai full kedalam.

Linear : Switch jenis ini bagus untuk orang yang menginginkan menekan tombol sampai penuh, karna kita ketika switch ditekan tidak seperti tactile yang memberi feedback, jadi tidak ada hambatan yang dirasakan oleh pengguna keyboard jenis ini ketika menekan tombol tersebut.

Force : Berat dari switch tersebut ketika ditekan menggunakan jari, apakah kalian ingin merasa berat (mantap) atau ringan ketika menekan tombol pada keyboard tersebut.

 

Arti Warna Switch

Seperti yang sudah kami katakan diatas bahwa setiap warna memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan tiap-tiap warna dari brand yang berbeda bisa memiliki beda karakteristik dan mungkin membuat kita semakin harus tau jenis karakteristik dari masing-masing switch dengan brand yang berbeda-beda agar tidak menyesal. Beruntungnya hampir semua pembuat switch yang memiliki warna sama memiliki karakteristik yang identik, dan semua itu berdasarkan warna dari switch Cherry.

Kenapa Cherry? Karna mereka bisa dianggap sebagai pionir untuk switch keyboard mekanik.

 

Berikut merupakan cara kerja dan karakteristik pada switch Cherry:

Mekanikal Switch pada Keyboard

Sebenarnya selain warna-warna yang ada pada gambar diatas, masih terdapat jenis switch lain tetapi mereka menggunakan panggilan yang berbeda yang bukan warna. Switch lain tersebut adalah Cherry MX Silent dan Cherry MX Speed yang memiliki karakteristik masing-masing.

 

Yang Perlu Diingat

Tidak semua brand dengan mekanikal switch memiliki cara kerja yang sama walaupun dengan warna yang sama. Dan juga brand lain memiliki warna yang berbeda-beda dari yang ada diatas seperti Kailh yang memiliki switch Yellow dan dikatakan memilliki “feel” seperti Cherry MX Black.

 

(Baca juga: Unboxing Rapoo V500 – Mechanical Keyboard)

 

Note:

Pada artikel ini kami sangat membahas Cherry karna mereka lah yang paling mendominasi pasar dan menjadi pionir switch lain, dan kami (Getective) tidak memiliki bentuk kerjasama apapun dengan brand-brand yang disebutkan diatas.

 

Dan itulah artikel kami kali ini terima kasih sudah membaca dan jangan lupa men-share jika menurut kalian artikel ini berguna dan tentunya selalu nantikan artikel dari Getective berikutnya 😀

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.