Perbandingan Speaker Bluetooth dan Speaker Konvensional

SPEAKER

Merupakan salah satu benda terpenting saat kita membicarakan tentang suara. Semua laptop dan smartphone zaman now sudah memiliki speaker bawaan yang biasa kita sebut Built-in Speaker namun hal tersebut tidak akan kita temukan saat kita membangun sebuah PC (Personal Computer). Ya, memang speaker bukan suatu keharusan untuk merakit PC ataupun untuk mendengarkan lagu atau menonton video karena ada headphone, tapi ada kalanya memakai headphone sedikit tidak praktis dikarenakan kabel yang tidak beraturan mengganggu efisiensi dan kerapihan meja. Maka dari itu speaker adalah salah satu solusi untuk membuat meja menjadi lebih rapi dan lebih stylish. Seperti pada contoh dibawah:

Personal Computer Dashboard

 

 

Atau bisa juga menambah estetika di setup PC yang lebih simple dan bernuansa monokrom. Seperti gambar berikut:

 

Desktop setup bernuansa monokrom

Coba bayangkan jika keberadaan speaker pada setup diatas dihilangkan, akan terlihat kosong dan terasa kurang bukan?

 

Namun, masih banyak diantara kita yang masih bingung saat ingin membeli speaker. Beberapa ada yang bingung saat mau memilih speaker bluetooth atau speaker konvensional yang notabene memakai kabel jack sebagai konektor sinyal suara untuk menemani setup PC yang sudah kita desain dan rakit sedemikian rupa agar tidak merusak estetika dan juga fungsinya sebagai pengeras suara. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas kedua jenis speaker ini.

Speaker Konvensional

 

Speaker konvensional

Speaker konvensional seperti yang kalian tahu biasanya menggunakan kabel USB sebagai kabel power dan menggunakan kabel 3.5 mm Jack sebagai input audio-nya. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar diatas, ada juga speaker yang memakai baterai sebagai pemasok tenaga listriknya walaupun pemakaian baterai sebagai pemasok daya tidak efisien karena umurnya yang tidak panjang. Lalu apa keuntungan memakai speaker ini?

 

(Baca juga: Apa Sih Perbedaan 3,5mm Audio Jack dengan USB Type-C ?)

Jawabannya ada di kestabilan sinyal suara dan koneksi terhadap PC. Ya, untuk masalah kestabilan koneksi kabel memang selalu yang lebih baik daripada nirkabel, karena gangguan akan faktor lain ditiadakan dalam bungkus kabel tersebut.

Speaker Bluetooth

Speaker bluetooth

 

Satu yang langsung terlihat dan terpikirkan saat melihat speaker diatas adalah simple. Tidak ada kabel yang berseliweran dan tidak memakan space yang terlalu banyak karena pada umumnya speaker bluetooth berukuran kecil – sedang dan memiliki bentuk yang variatif. Speaker jenis ini diminati karena lebih terlihat modern dan juga menambah estetika setup PC sekaligus berfungsi sebagai pengeras suara.

 

(Baca juga: Mengenal Teknologi Bluetooth 5 pada Gadget Anda)

 

PERBANDINGAN

Sebagai acuan dalam memilih speaker jenis apa yang akan anda beli, Getective sudah membuat ringkasan kelebihan dan kekurangan dari masing – masing jenis speaker tersebut dalam tabel perbandingan di bawah ini:

Tabel kelebihan dan kekurangan speaker konvensinal dan speaker bluetooth

 

Jika ditanya jenis speaker mana yang lebih baik? Jawabannya kembali lagi kepada penilaian dan persepsi kalian masing – masing akan standar speaker yang terbaik untuk kalian. Namun disini kami membantu menjawab dan menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis speaker yang mendominasi di pasaran saat ini, dengan demikian kalian dapat menyimpulkan sendiri jenis speaker mana yang menurut kalian lebih baik. Walaupun pada akhirnya bagus atau tidaknya sebuah speaker tergantung dari kualitas speaker itu sendiri namun garis besar perbedaan-nya sudah terlihat jika kalian menemukan speaker bluetooth dan speaker konvensional yang sekelas dari segi harga maupun kualitas.

Silahkan like, comment, dan share artikel ini jika menurut kalian artikel ini patut diketahui oleh teman – teman kalian. Salam Getective !

 

Recent Posts

Recent Comments

Andrew Linarchdo Written by:

Penggemar Dunia IT dan Penggemar berat dunia Otomotif roda dua maupun roda empat. Masih kuliah dan berencana untuk bekerja di dunia otomotif ketimbang dunia IT, tapi kalau bisa dicampurkan antara ke-dua dunia tersebut maka akan lebih baik.

One Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.