Mengenal Teknologi Bluetooth 5 pada Gadget Anda

Kalian tentu sudah familiar dengan teknologi Bluetooth ini, ada di HP , Speaker, Headphone, dll. Dan Sekarang Bluetooth sudah mengumumkan teknologi terbarunya yaitu Bluetooth 5, terus apa bedanya ama Bluetooth sebelumnya? Mari kita bahas.

Apa itu Bluetooth?

Bluetooth

Bagi kalian mungkin masih ada yang ga tau apa sebenarnya itu Bluetooth, Bluetooth merupakan standar koneksi nirkabel untuk mentransfer data anatara device dalam jarak dekat.

Bluetooth diciptakan oleh Ericsson pada tahun 1994, pada 1998 didirikan Bluetooth Special Interest Group (Bluetooth SIG) oleh Ericsson, IBM, Toshiba, dan Nokia, dan terstandarkan pada tahun 1999.

Bluetooth SIG, yang telah tumbuh menjadi sekitar 25.000 anggota perusahaan, telah mengawasi pengembangan dari Bluetooth sejak saat itu.

Bluetooth 4.0 yang merupakaan perubahan major dari seri 3.0 telah muncul secara resmi pada tahun 2011, sementara update minor terakhir yaitu Bluetooth 4.2 telah diluncurkan pada 2 Desember, 2014. Dan sekarang merupakan waktunya menuju teknologi Bluetooth selanjutnya yaitu Bluetooth 5.

Apa perbedaan Bluetooth 5 dan Bluetooth 4.2?

 

BLUETOOTH 5 LEBIH CEPAT

Bluetooth 5 menawarkan kecepatan transfer data 2x lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya (dari 1MBps ke 2MBps)  dan juga meningkatan kapasitas dari data yang di-broadcast 8x. Bluetooth 5 dapat mengirim dan menerima data lebih banyak dan lebih cepat.

 

 

BLUETOOTH 5 MEMPUNYAI JANGKAUAN LEBIH JAUH

Bluetooth range

Standar Bluetooth terbaru memiliki jangkauan 4x lebih jauh dibandingkan dengan Bluetooth 4.2. Dan akan sangat berguna untuk device seperti Speaker Portable. Kalian akan dapat pergi lebih jauh dengan HP kalian tanpa ada musik yang terputus-putus / mati.

Mark Powell, Direktur Eksekutif dari Bluetooth SIG menjelaskan “Meningkatkan jangkauan operasi akan memungkinkan koneksi ke device-device IoT melewati tembok-tembok pada rumah”.

BLUETOOTH 5 TELAH SIAP UNTUK IOT

Bluetooth IOT

Dengan adanya jangkauan yang lebih jauh dan kapasitas yang lebih besar tentu saja dapat membantu lebih banyak device – device pada smart home dapat “berbicara” antara satu dengan yang lainnya, dan tentu saja ini dapat mempermudah koneksi antara device – device IoT.

Bluetooth SIG mengatakan upgrade terhadap jangkauan, kecepatan dan kapasitas akan “mendefinisikan cara baru device – device dengan Bluetooth men-transmit informasi, meninggalkan model app-paired-to-device menuju connectionless IoT dimana lebih sedikit aplikasi yang perlu di download agar terhubung ke device.

 

BLUETOOTH 5 ‘COEXISTENCE’

Bluetooth 5 dapat berjalan bersamaan dengan Wi-Fi maupun Koneksi 4G/LTE tanpa adanya gangguan antara satu dengan yang lainnya.

 

 

BLUETOOTH 5 HEMAT ENERGI

Bluetooth 5 hemat energi

Dengan adanya semua fitur baru tersebut mungkin kita akan berfikir bahwa teknologi Bluetooth baru ini akan menjadi Boros, tetapi sebenarnya dengan semua fitur baru tersebut energi yang dikonsumsi oleh Bluetooth 5 sama dengan versi sebelumnya.

DEVICE LAMA KALIAN TIDAK AKAN MENDAPATKAN UNTUNGNYA

Bluetooth 5

Walaupun device – device kalian sekarang (HP, Tablet, Speaker, Headphone) dapat bekerja dengan Bluetooth 5, mereka hampir pasti tidak mendapatkan keuntungan apapun. Yang berarti kalian harus membeli seluruh Device baru yang telah mendukung Bluetooth 5 agar mendapat keuntungannya.

TANGGAL PELUNCURAN BLUETOOTH 5

Bluetooth SIG telah mengkonfirmasi bahwa Bluetooth 5 akan tiba pada akhir tahun 2016 atau awal tahun 2017. Yang berarti mereka akan membuka teknologi tersebut untuk dibuat, dan kemungkinan kita akan melihat produk Bluetooth 5 untuk konsumer pertama akan muncul pada 2017 akhir.

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

2 Comments

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.