Apakah Sistem Operasi Smartphone Anda Perlu Diupdate?

Dengan semakin terjangkaunya biaya untuk membeli sebuah smartphone, tentu fitur-fitur yang ditawarkan juga akan semakin banyak kita peroleh secara hardware. Sebagai contoh, yang dulunya smartphone dual camera hanya berada pada segmen kelas atas, sekarang sudah ada bagi kelas menengah.

Namun, hardware yang bagus belum tentu didukung oleh software yang bagus juga. Bisa jadi kamera tersebut menghasilkan foto yang over-expose karena post-processing yang kurang baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan manufaktur untuk memperbaiki software mereka adalah dengan mengeluarkan update kepada user yang berisikan perbaikan-perbaikan bug dan software.

Nah, pertanyaan adalah apakah Anda tetap harus meng-update sistem operasi Anda jika fitur-fitur yang ada sudah dapat bekerja dengan baik?

THE SHORT ANSWER

Perlu!

THE LONG ANSWER

Walaupun update tidak kunjung hadir bagi beberapa perangkat karena manufaktur yang telah meninggalkan support mereka untuk perangkat tersebut, Anda tetap harus meng-update perangkat Anda jika manufaktur mengeluarkan update.

Mengapa?

1. SECURITY PATCH

Oke, saya akan berkata secara jujur. Aplikasi Anti-Virus yang ada di Google PlayStore ataupun Apple AppStore adalah omong kosong. Lalu, bagaimana ponsel kita dapat terhindar dari serangan virus atau hacker?

 

(Baca juga: Bisakah Ponsel Android Anda Terkena Virus?)

 

Google dan Apple mengeluarkan patch security secara berkala untuk meningkatkan keamanan dalam menangkal hal-hal tersebut. Namun, mengapa virus-pun tetap mengancam ponsel kita? Karena virus-pun juga terus berkembang dan berusaha untuk meretas ponsel kita, oleh sebab itu Google dan Apple mengeluarkan patch ini secara berkala.

Aplikasi yang sering kita unduh dari PlayStore atau AppStore pun juga dapat membahayakan ponsel kita, bahkan yang sudah berjuta-juta diunduh tidak menjamin aman bagi penggunanya. Seperti baru-baru ini, aplikasi CCleaner besutan Piriform, sebuah perusahaan dibawah Avast terserang Malware.

Pada Android, Anda dapat melihat security patch level Anda berada pada bulan berapa di menu setting, lalu ke About Phone.

Android Security Patch Level

Sedangkan untuk iOS, Anda dapat mengeceknya disini.

2. BUG FIX

Terkadang, software yang diluncurkan bersama dengan ponsel baru tidaklah sempurna. Tapi mengapa? Karena deadline untuk launching ponsel tersebut sudah tercapai. Namun, manufaktur tetap meluncurkan software yang tidak sempurna tersebut karena manufaktur dapat mengeluarkan update setelah ponsel tersebut masuk pasaran.

Update ini berguna untuk memperbaiki bug-bug yang ada pada versi sebelumnya dan membuat sistem operasi semakin stabil. Terkadang mungkin user tidak dapat melihat perubahan-perubahan yang kecil, tapi tetap saja terdapat sebuah improvement. Sebagai contoh perbaikan terhadap pemakaian memori sehingga baterai dapat lebih awet.

3. FITUR DAN TAMPILAN BARU

Selain memperbaiki bug, manufaktur juga dapat mengeluarkan fitur baru seperti support pada API tertentu atau menambahkan opsi user untuk merombak tampilan. Sebagai contoh, Samsung baru-baru ini mengeluarkan update yang memperbolehkan user untuk mengubah fungsi tombol Bixby menjadi aplikasi lainnya selain Bixby.

Manufaktur juga dapat merubah tampilan UI mereka agar mempermudah user dalam menggunakan ponsel mereka.

4. APLIKASI

Aplikasi pada Smartphone Android

Setiap developer aplikasi tidak membuat aplikasi mereka dapat diunduh untuk semua versi sistem operasi karena sulit untuk melakukan maintenance pada setiap versi sistem operasi. Oleh sebab itu, developer akan secara perlahan meninggalkan sistem operasi yang menurut mereka bukan lagi menjadi target mereka atau sudah jarang sekali dipakai pengguna mereka.

Oleh sebab itu, aplikasi tersebut membutuhkan versi sistem operasi yang lebih baru untuk dapat diunduh. Oleh sebab itu, jika kalian tetap ingin mem-posting foto selfie kalian ke Instagram, Anda perlu meng-update versi sistem operasi kalian agar tetap dapat menggunakannya.

 

(Baca juga: 5 Fitur Yang Wajib Diketahui pada Android 8.0 Oreo)

 

Tentu kita juga bergantung kepada manufaktur untuk dapat memberikan kita update terbaru kepada ponsel kita. Oleh sebab itu, mulailah pelajari mana manufaktur yang mengeluarkan update paling konsisten dan juga cepat agar kalian mendapatkan fitur-fitur terbaru dan memiliki keamanan yang lebih terjamin.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk memahami betapa pentingnya Software Updates dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya 🙂 Salam Getective!

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

4 Comments

  1. October 5, 2018
    Reply

    I wanna update. Tpi kapasitasnya butuh 1.5gg apkah hrus lanjuy mengupdate?

    • James Alexander
      October 5, 2018
      Reply

      Kalau bisa update, update saja. Karena update OS biasanya kan memperbaiki bug dan memperbaharui security agar tidak rentan terkena malware dan semacamnya. Lagipula, update OS perlu 1.5GB kan nantinya setelah install juga dihapus file download nya. Jadi tidak termakan 1.5GB itu

  2. Sitala
    September 7, 2019
    Reply

    Saya up grade hp menjadi pie, tapi mengapa sekarang multi windownya menjadi tidak ada.
    Bisakah menjelaskan pd saya bagaimana saya bisa memfungsikan lagi multi window tsb. Karena pekerjaan saya adalah mengisi data

    • James Alexander
      September 7, 2019
      Reply

      Menu split screen di pie memang sedikit berbeda. Menunya jadi ada ketika sedang berada pada menu recent apps, ketuk icon yang berada diatas window, dan akan muncul opsi split screen.

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.