Penjelasan Singkat USB 3.1 Gen 1 dan Gen 2

USB

USB (Universal Serial Bus)

Universal Serial Bus atau USB sudah berada dalam hidup kita untuk waktu yang cukup lama, mulai dari komputer, smartphone, hingga TV kita sekarang sudah menggunakan USB. Tujuan USB pada awalnya agar kita tidak perlu banyak konektor untuk menghubungkan antara 2 perangkat seperti komputer pada zaman dahulu yang memiliki port-port untuk kebutuhan tertentu. Dan sepertinya tujuan ini mulai tercapai dan sekarang USB sudah berada pada versi 3.1 yang memiliki 2 generasi yaitu 3.1 Gen 1 dan 3.1 Gen 2. Tapi apa perbedaan generasi USB tersebut?

 

(Baca juga: Mengenal Teknologi Bluetooth 5 pada Gadget Anda)

 

USB 3.0

USB 3.0

Mungkin pembaca disini sudah tidak asing dengan USB 3.0 yang sudah muncul sejak tahun 2008. USB ini menyediakan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Kecepatan pada USB 3.0 adalah Up To 5Gbps (Gigabit per second) dan selain meningkatnya kecepatan, USB ini juga ada peningkatan dari tenaga listrik yang dikeluarkan, jadi jika kalian men-charge smartphone kalian akan lebih cepat terisi dibandingkan dengan menggunakan USB 2.0.

 

(Baca juga: Apa Sih Perbedaan 3,5mm Audio Jack dengan USB Type-C ?)

 

USB 3.1

USB 3.1

Tidak berhenti dengan kecepatan tersebut beberapa tahun selanjutnya ada peningkatan lagi pada teknologi USB, yaitu pada tahun 2013 telah release USB versi baru dengan kecepatan 10Gbps atau 2x kecepatan dari USB 3.0, yang disebut dengan USB 3.1.

Lalu sekarang ada 2 generasi USB 3.1?

Ya! Sekarang ini ada 2 generasi USB 3.1, tapi apa perbedaannya?

Sebenarnya mereka sama saja dengan USB 3.0 dan 3.1, hanya saja nama mereka di revisi oleh USB-IF (USB Implementers Forum).

USB 3.0 sekarang disebut sebagai USB 3.1 Gen 1 (Kecepatan up to 5Gbps)
USB 3.1 sekarang disebut sebagai USB 3.1 Gen 2 (Kecepatan up to 10Gbps)

Berikut merupakan artikel resmi dimana mereka merevisi nama tersebut => article.

 

(Baca juga: Apa Perbedaan HDD dengan SSD? Mana Yang Lebih Baik?)

 

Jadi jika kalian yang ingin membeli laptop baru jangan langsung tertarik karna sudah mendukung USB 3.1 Gen 1, karna sebenarnya itu sama saja dengan USB 3.0 yang belum direvisi namanya.

Tapi sekarang tetap masih banyak manufaktur menuliskan USB 3.0 pada produk mereka, tetapi speed yang dimiliki hanya up to 2.5Gbps saja.

 

Itulah artikel dari kami kali ini. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa share jika menurut kalian artikel ini berguna! 😀

Selalu nantikan artikel-artikel dari Getective yang berikutnya.

 

Jangan lupa untuk subcribe channel Youtube kami disini.

 

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.