Perlukah Kita Upgrade ke Windows 10? – Part 2

Ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya “Perlukah Kita Upgrade ke Windows 10? – Part 1

Dari 7 ke 10

Bergantung pada hardware yang digunakan banyak fitur-fitur baru yang menarik untuk digunakan pada Windows 10 dibandingkan dengan Windows 7.

Tampilan windows 10

 

Proses starting windows saat kalian nyalakan PC / Laptop kalian berlangsung lebih cepat dan lebih mulus, efesiensi penggunaan RAM, peningkatan keamanan (SmartScreen, Windows Defender, dan Enkripsi), terintegrasi dengan OneDrive (sebuah layanan Cloud milik Microsoft).

File explorer Windows 10

 

File Explorer lebih baik dari sebelumnya, dukungan DirectX12 yang menjanjikan pengalaman nge-game lebih baik, Task View yang memudahkan akses ke program yang sedang berjalan, Virtual Desktops sudah Built-in. dan lainnya

Microsoft edge Windows 10

 

Hal-hal tersebutlah yang menjadikan Windows 10 menjadi Sistem Operasi terbaik bagi komputer saat ini. Lebih daripada itu ada juga Microsoft Edge yang merupakan Browser terbaru dan terbaik dari Microsoft sudah terinstall walaupun di Windows 10 ini juga masih terinstall IE11 walaupun tidak ditampilkan secara langsung.

Intel SSD (Solid State Drive)

 

Lebih lanjut lagi Windows 10 menyediakan dukungan yang lebih baik untuk hardware-hardware terbaru termasuk juga kemampuan Secure Boot dengan UEFI, USB 3.0, Bluetooth adapters, Layar HD (scalling yang kebih baik), dan SSD (NVMe).

 

Dengan adanya dukungan di Windows 10 UEFI proses menyalakan komputer dari keadaan “sleep” jauh lebih cepat dibandingkan di Windows 7. Prosesnya mirip seperti instant on yang ada pada hp kita sekarang. Dan tentunya ini menguntungkan kita semua yang ingin komputer kita menyala lebih cepat.

 

Banyak fitur-fitur yang ada pada Windows 10 ini tidak tersedia pada Window 7, yang paling terlihat adalah Cortana, sebuah asisten yang berbasi kecerdasan buatan selain itu juga adanya Windows Store, serta kolom notifikasi. Ketiga hal tersebut diambil dari dunia “Smartphone”. ada juga Windows Hello, dimana kalian akan login ke Windows hanya dengan PC kalian “melihat” kalian, tetapi fitur ini memerlukan kamera dengan Intel RealSense.

NEW PC > Windows 7?

Intel Kaby Lake chip

 

Apakah menggunakan PC baru boleh menggunakan Windows 7?

Saya Tidak merekomendasi Hardware baru menggunakan Windows 7, kenapa? Walaupun mungkin kalian sudah biasa menggunakan Windows 7 dan tidak ingin pindah. Sayangnya hal tersebut harus kalian pendam, Karena saat ini seluruh hardware baru di optimisasi untuk menggunakan Windows 10, terutama pada Processor, untuk Processor tahun 2016 akhir (e.g. Intel Kaby Lake) tidak bisa menggunakan Windows selain Windows 10, apa yang terjadi jika menginstall Windows 7 pada Processor tersebut? Kalian hanya akan mendapat layar hitam tanpa apapun.

Jadi sebaiknya jika ingin upgrade kalian harus juga berpikir untuk menggunakan Windows 10.

Kesimpulan

Walaupun saya sudah menjelaskan berbagai keunggulan Windows 10 dibandingkan Windows 7, dari segi benefit di pada ekosistem dan fitur-fiturnya. Saya tidak yakin orang-orang langsung pindah ke Windows 10, kenapa? Contohnya jika kalian hanya mempunyai PC Desktop yang saya gunakan (Tidak ada kamera, tidak ada microphone, apalagi touchscreen) benar-benar seperti PC Desktop pada umumnya dan digunakan hanya untuk mengetik dan Internet. Apakah kalian rela mengeluarkan uang untuk membeli Windows 10?

Jawabannya ada dikalian sendiri. Apakah kalian ingin upgrade sekarang atau tunggu membeli PC baru yang memang dioptimized menggunakan Windows 10.

Itu saja artikel untuk minggu ini, nantikan terus artikel dari kami.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.