Perlukah Kita Upgrade ke Windows 10? – Part 1

Perlukah kita upgrade ke Windows 10? Sebelum lanjut perlu kalian tahu bahwa artikel ini akan terdiri dari 2 part. (oke kita lanjut) Nah sebenernya bagi kalian yang masih pake Windows 7 ,Windows 8/8.1 dulu Microsoft ada program free upgrade (dengan ketentuan Windows Original pastinya). Tapi itu dulu, karna sekarang program free upgrade tersebut sudah tidak ada lagi, jadi kalian harus melakukan pembelian untuk mendapat Windows 10, bukannya untuk promo nih, tapi sebaiknya kalian beli Windows 10 original aja! Kenapa? Karna Windows 10 merupakan Windows dengan jangka waktu yang sangat panjang (dalam artian selalu ada upgrade dan penambahan fitur setiap tahun).

Oke kembali lagi ke judul, kita harus upgrade ga sih ke Windows 10?

Mungkin dari kalian udah pada penasaran kenapa sudah banyak orang beralih ke Windows 10 ya?

kita tahu bahwa support ke Windows 7 akan menghilang, Microsoft hanya akan mensupport Windows 7 sampai 2020. Maka dari itu kita perlu beralih minimal ke Windows 8.1 agar mendapat support sedikit lebih lama yaitu sampai 2023.

windows support chart

Tentu saja kita tahu bahwa Microsoft, Apple, Google ingin agar kita selalu menggunakan versi terakhir dari produk-produk mereka, dan seperti Windows 10 yang memberikan kita Free Upgrade (tapi itu dulu), Jika kalian telah mengupgrade ke Windows 10, kalian beruntung karna kalian akan terus mendapat update selamanya (sampai device kalian rusak). Karna (mungkin) tidak akan ada Windows 11, karna Microsoft sekarang memberikan update kecil-kecilan sekitar 2x setahun di bandingkan 1 update besar-besaran dalam 3 tahun.

 

Benefit apa sih yang akan kalian dapat jika upgrade ke Windows 10?

Sebenarnya jawaban untuk pertanyaan ini tergantung pada device kalian sendiri, menurut saya semakin mobile device kalian, benefit yang kalian rasakan akan semakin banyak. Jika kalian mempunyai PC desktop, benefit yang kalian rasakan sedikit, jika dibandingkan dengan laptop 2 in 1 yang memiliki touchscreen, kamera, microphone) yang memiliki benefit yang lebih dibandingkan dengan komputer biasa.

Saya katakan semakin mobile device kalian, semakin baik” karna Windows 10 merupakan sebuah Sistem Operasi yang menurut saya “dikhususkan” untuk mobile. Mungkin kata-kata saya kurang nyaman bagi pengguna setia PC dan menganggap semua akan seperti dulu, tetapi Windows sudah berubah. Satya Nadella (CEO Microsoft) terus mengatakan “Cloud First,Mobile First” dan kata-kata tersebut memberikan dampak secara tidak langsung Microsoft akan fokus pada mobile, dan Cloud termasuk produknya “Windows”.

Perang Ekosistem

War of Ecosystems

 

Perlu kita tahu saat ini kita sedang berada dalam perang ekosistem dimana Microsoft ingin menang. Sebenarnya ada alternatif lain pada ekosistem seperti Apple dan Google. Tetapi Ekosistem Apple hanya bisa digunakan untuk Produk Apple saja (kecuali iTunes), sedangkan Google menggunakan ekosistem yang hanya Cloud (kecuali google chrome) dan keduanya hanya dapat men-support range device yang sangat terbatas.

Kasarnya saat ini Microsoft sedang membangun ekosistem yang dapat berjalan dimana saja, mereka mempunyai banyak aplikasi baik untuk iOS, Android dan terus meningkatkan support mereka untuk Linux pada Windows 10 dan Azure. Windows berjalan dimana saja saat ini, dari Flasdisk, konsol game, smartphone sampai Server berskala besar dan ada juga versi Internet of Things pada Rasberry Pi.Universal Windows Platform

 

Jadi jika kalian hanya menggunakan PC Desktop, hanya ada sedikit benefit yang sebenarnya kalian dapat, tetapi jika kalian menggunakan berbagai perangkat mobile ,benefit yang kalian dapat sangat melimpah dengan menggunakan Windows 10 dan semua itu merupakan aplikasi dan layanan Cloud yang saling terintegrasi seperti Office 365 dan Outlook.com.

Sekian Part 1 dari Haruskah kita upgrade ke Windows 10? Nantikan Part 2 nya ya!!

Update: Part 2 klik disini

Terima kasih.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.