Tips Membuat Budget PC 2018

Budget PC

Budget PC merupakan salah satu dambaan para pecinta game, karna dengan harga yang cukup murah tetapi bisa memainkan game-game dengan spec tinggi, tetapi di tahun 2018 ini sepertinya sulit untuk membuat Budget gaming.

Maka dari itu kami akan memberikan beberapa tips agar mendapatkan performa yang tinggi kualitas bagus dengan harga yang cukup murah.

 

Motherboard

Motherboard merupakan komponen yang menghubungkan semua bagian-bagian lainnya pada PC harga motherboard pun bervariasi, dari murah sampai mahal, saran dari kami untuk budget PC adalah membeli yang termurah, dan tentunya cocok dengan Processor yang ingin digunakan. tetapi jika kalian ingin meng-overclock processor kalian belilah yang memiliki chipset mendukungnya Untuk intel merupakan seri Z dan AMD Ryzen seri B350 dan AX.

Perlu diingat motherboard tidak memiliki pengaruh signifikan pada performa PC kalian tetapi hanya pada fitur saja, jadi menurut kami belilah yang termurah dan cocok. 🙂

 

 

Processor

Prosesor merupakan otak dari PC itu sendiri, maka dari itu ada baiknya memilih processor yang cukup bagus tentunya dengan harga yang sesuai budget.

Untuk saat ini kami sarankan untuk memilih processor Ryzen 3 2200G ataupun Ryzen 5 2400G, karena mereka sudah memiliki IGPU (Intergrated GPU) yang cukup oke untuk kelas budget.

 

Baca Juga : Teknologi – Teknologi yang Terdapat pada Processor AMD Ryzen

 

RAM

RAM pada Komputer

RAM sangat diperlukan untuk melakukan berbagai pekerjaan pada PC dan tentunya untuk bermain game. Dengan harga RAM yang saat ini sangat – sangat tinggi, ada baiknya jika kalian membeli RAM bekas tentunya dengan tipe yang didukung oleh processor kalian, selain itu membeli bekas juga tidak ada salahnya karna RAM merupakan komponen pada komputer yang paling jarang rusak dan biasanya garansi RAM itu seumur hidup dan dapat ditukarkan tetapi dengan syarat tidak ada cacat fisik.

Jika kalian ingin membeli RAM baru belilah dari brand yang memberikan garansi seumur hidup, serta ukuran RAM yang sebesar-besar mungkin terutama jika kalian menggunakan IGPU karna VRAM pada IGPU mengambil langsung dari RAM PC kalian.

 

Baca Juga : Harga RAM DDR4 Akan Naik Tahun 2017 Ini, Kok Bisa?

 

GPU

Bagi para pecinta game GPU merupakan komponen terpenting yang harus kalian perhatikan bahkan lebih penting dari processor, dengan harga GPU yang juga saat ini melesat, saran dari kami gunakan IGPU yang terdapat pada processor terutama Ryzen 3 dan 5 yang baru meluncur karna performa-nya cukup untuk menunjang game – game ringan hingga medium.

Jika kalian ingin performa yang jauh lebih baik lagi, membeli GTX 1050 juga bisa menjadi jawaban, tentunya ada harga yang harus dibayar lebih untuk menebusnya. Jika kalian berpikir untuk membeli GT1030 menurut kami kurang worth it karna peningkatan performa tidak begitu signifikan dibandingkan harga yang kalian tebus dibandingkan menggunakan IGPU dari Ryzen 3 atau 5.

 

Storage

Harddisk HDD

Dengan harga budget tentunya kalian mengingkan storage sebesar mungkin dengan harga semurah mungkin. Harga HDD tidak begitu berbeda dari dulu dan sekarang dan kami sangat menyarakan agar kalian menggunakan HDD dengan kecepatan 7200RPM untuk performa yang tidak terlalu rendah, tetapi jika ada uang lebih ada baiknya kalian menggunakan SSD juga sebagai boot Sistem Operasi kalian, karna SSD sangat cepat dibandingkan dengan HDD konvensional dan kalian-pun akan merasa puas dengan performa PC kalian. Tetapi itu kembali ke Budget kalian masing-masing pilihan utama kami adalah HDD denga kecepatan 7200RPM dan jika ada uang lebih baru membeli SSD lagi.

 

Baca Juga : Apa Perbedaan HDD dengan SSD? Mana Yang Lebih Baik?

 

PSU

psu

Pada artikel kami yang sebelum – sebelumnya ada membahas tentang cara memilih dan pentingnya PSU (Klik disini jika ingin membacanya). Saran kami masih sama seperti artikel tersebut, belilah PSU yang memiliki kualitas yang cukup baik dan bukan bawaan casing, biasa PSU yang cukup bagus memiliki simbol 80 plus. Dan sekarang ini di Indonesia sudah cukup banyak PSU dengan harga murah dan cukup oke serta memiliki simbol 80 plus tersebut.

 

Baca Juga : Penjelasan Arti 80 Plus Rating pada Power Supply Beserta Manfaatnya

 

Dan itulah akhir dari artikel kami kali ini.

Terima kasih telah membaca, dan jangan lupa share jika menurut kalian artikel ini berguna.

Dan tentunya nantikan artikel – artikel selanjutnya dari Getective.

 

Support Kami dengan berdonasi disini. 😀

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.