Tips Membeli Laptop Baru 2018

Tips Membeli Laptop 2018

Tahun lalu kami membuat artikel tentang tips membeli laptop bekas, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips hal apa saja yang perlu di perhatikan dalam membeli laptop baru di tahun 2018 ini.

Perlu diketahui ada 3 komponen dasar yang dapat dijadikan pertimbangan dalam membeli laptop yaitu Kebutuhan, Budget, dan purna jual laptop tersebut.

 

Kebutuhan

Kebuthan untuk laptop

Kebutuhan setiap orang berbeda – beda ada yang ingin seperti ini dan itu, maka dari itu kalian sendiri yang tahu kebutuhan kalian.

Apakah kalian hanya menggunakan laptop untuk kuliah / bekerja saja, atau bermain game juga, dan game seperti apa yang kalian mainkan? Apakah kelas berat atau hanya indie game ringan.

Memang spesifikasi semakin tinggi semakin bagus tapi perlu di ingat juga harga semakin mahal, lalu selain itu misalnya kalian ada uang dan membeli laptop gaming, jika kalian memiliki mobilitas yang tinggi kalian tidak akan senang dengan laptop tersebut karna beratnya dan daya tahan baterainya yang cepat habis.

Dari segi kebutuhan ada beberapa hal yang menurut kami harus kalian jadikan masukkan untuk membeli laptop.

Kita tentu mau laptop kita sebagus mungkin, lalu mungkin kita juga pasti ada yang memang bekerja tetapi ingin juga bermain game sekali – sekali. Kami sarankan untuk membeli laptop dengan GPU minimal Nvidia Geforce MX150, karna dapat dibilang GPU ini masih dapat bertahan untuk memainkan game – game lumayan berat beberapa tahun kedepan, tentunya dengan setting mengikuti perkembangan game.

Selain itu komponen yang menjadi faktor lain adalah processor, tahun ini merupakan tahun yang cukup oke untuk membeli processor generasi terbaru baik dari AMD maupun Intel, karna mereka sedang bersaing agar kita mendapatkan price / performance terbaik. Jadi saran dari kami pilih laptop yang memiliki intel processor gen 8, atau AMD Ryzen for laptop.

Lalu laptop dibuat untuk mobilitas jadi kita dapat mudah membawanya kemana – mana, kami sarankan cari laptop memiliki berat di bawah 2.3KG karna menurut kami laptop diatas berat tersebut sudah termasuk berat untuk dibawa berpergian dengan nyaman, selain berat daya tahan baterai pun menurut kami yang relevan di tahun 2018 adalah diatas 4 jam untuk kegiatan browsing dan nonton video, karna kalau di bawah itu baterai akan terasa boros dan tidak tahan lama dan kita pun harus membawa – bawa chargernya dan menambah berat.

Resolusi layar laptop mungkin tergantung harga laptop juga ya, tetapi sekarang sudah banyak laptop memiliki layar Full HD (1920 x 1080 ) berharga cukup terjangkau, walaupun yang masih dominan adalah HD ( 1366 x 768 ). Untuk ukuran layar untuk gaming, nonton, melakukan pekerjaan lain – lain 14″ masih menjadi rekomendasi kami.

Untuk RAM ini mudah, belilah yang memilki RAM paling besar, karna kebanyakan laptop jaman sekarang RAM di tanam dan tidak dapat ditambahkan, terutama untuk laptop yang tipis.

 

Budget

Budget laptop

Budget setiap orang berbeda – beda ada yang memiliki budget <10 juta ada juga yang memiliki budget >10 juta.

Harga laptop sekarang juga beda tipis -tipis ada yang harga 7 juta, lalu setelah itu ada yang harganya 7.5 juta memiliki RAM yang lebih besar, lalu kalian tambah lagi 500rb memiliki processor yanng lebih bagus tetapi dengan RAM pada budget 7 juta tadi. Dan memang terkadang kita tergoda untuk selalu menaikkan budget kita karna hal tersebut. Tetapi saran kami jangan termakan dengan harga tersebut, dan carilah dari banyak toko karna harga setiap toko berbeda – beda dan kalian bisa dapat best deal mungkin bukan di toko langganan kalian.

 

Purna Jual

purna jual laptop

Ini mungkin tidak begitu mengambil peran besar, tetapi kalau bisa cari lah yang memiliki purna jual bagus, jangan termakan garansi 2 tahun 3 tahun dan sebagainya, karna biasa mereka hanya meng-cover biaya jasa saja, untuk komponen kita harus membayar, dan seperti yang kalian tahu, di service center resmi harga komponen bisa sangat mahal, seperti jika motherboard kalian rusak, mungkin kalian lebih baik beli laptop baru dibanding ganti motherboardnya. Saran kami untuk purna jual cari review -review dari teman atau mungkin di forum – forum terlebih dahulu. Bukan berarti laptop kalian akan rusak dalam masa garansi, tetapi bisa untuk berjaga-jaga saja.

 

Kesimpulan

Dari berbagai jabaran kami untuk tips membeli laptop tahun 2018 ini bisa ditari kesimpulan sebagai berikut:

Processor : Intel Gen 8 / AMD Ryzen for laptop

GPU : minimal Nvidia Geforce MX150

RAM : Sebesar-besar mungkin

Layar : 14″ Resolusi kalau bisa Full HD

Berat : dibawah 2,3KG

Battery Life : Diatas 4 Jam untuk browsing dan nonton video

Purna Jual : Cari review / yang sudah kalian tahu kualitasnya

Budget : Mengikuti Budget kalian dan jangan tergoda harga yang lebih mahal karna beda tipis.

Sisanya : sesuai keingina kalian deh.

 

Jadi itu tips dari kami untuk memilih laptop tahun 2018 ini, Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa untuk men-share dan mengikuti instagram serta subscribe Youtube kami

Nantikan artikel – artikel kami berikutnya 😀

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.