Taktik Google dalam Menghadapi Pelaku Root

Pada acara Google I/O 2017, Google mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan pengamanan pada Google PlayStore. Bukan berarti Google telah mengabaikannya selama ini, karena Google melakukan scan terhadap 50 milyar aplikasi setiap harinya dan mengupayakan agar hal tersebut semakin transparan oleh konsumen dengan memberikan kita akses terhadap Google Play Protect yang akan memberikan kita notifikasi apakah aplikasi tersebut aman atau tidak. Juga bukan berarti Google tidak melakukan scan terhadap sebuah aplikasi yang telah kita download selama ini, namun Google hanya membuat hal tersebut lebih terlihat saja.

Nah, balik ke judul artikel ini. Google melakukan update terhadap PlayStore yang mungkin akan menjadi masalah bagi para antusias root dan Custom ROM. Update pada PlayStore ini memberikan sebuah seksi “Device Catalog” yang memperbolehkan developer untuk memilih apakah aplikasi mereka diperkenankan untuk diunduh oleh perangkat yang telah di-root atau tidak.

Sebagai contoh, Netflix telah mengeluarkan update baru-baru ini yang memanfaatkan akses yang diberikan Google Play Developer console tersebut dan membuat aplikasi mereka tidak dapat diunduh dari Google PlayStore bagi perangkat yang telah melakukan root atau memakai Custom ROM. Slashgear mengatakan bahwa kriteria perangkat diblokir untuk mengunduh aplikasi tertentu pada Google PlayStore adalah “devices that fail integrity tests or those that are uncertified by Google”.

Inilah contoh gambar :

NETFLIX apps UncertifiedLINEAGE OS ASUS Zenfone 2 Z008

 

 

 

 

 

 

 

 

Perangkat yang saya gunakan adalah ASUS Zenfone 2 Z008 yang sudah saya flash Lineage OS 14.1, namun tidak memiliki root. Jadi hal ini sudah berlaku bagi yang telah melakukan unlock bootloader juga. Device Certification akan memberikan tulisan “Uncertified” yang mengindikasikan hal tersebut.

Stock ROM LG V10NETFLIX apps Certified

Perangkat yang saya gunakan pada gambar ini adalah LG V10 yang memakai stock ROM. Device certification memberikan “Certified” yang mengindikasikan bahwa perangkat saya tidak melakukan root ataupun unlock bootloader dan Netflix pun dapat saya unduh.

Catat bahwa hal ini hanya berlaku dalam Google PlayStore. Jika Anda mengunduh aplikasi tersebut pada sumber lainnya seperti APKMirror atau APKPure, maka akan dapat berjalan seperti biasa. Terkecuali aplikasi tersebut melarang hak akses terhadap perangkat root secara bawaan.

Bagaimana tanggapakan kalian terhadap hal ini? Apakah mengganggu atau Anda tidak peduli? Berikan tanggapan kalian pada kolom komentar 🙂

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.