Standar Pengamanan Wi-Fi Baru WPA3, Apa Kelebihannya?

Wifi

Pada era teknologi sekarang ini, wifi sudah dimana-mana dan banyak digunakan di semua kalangan. Tapi mungkin ada yang tidak tahu bahwa wifi memiliki standar keamanan agar menjaga jaringan tersebut dari para hacker, dalam bentuk password.

Mungkin kalian menyepelekan password tersebut, bagi kalian yang penting tidak ada orang lain yang bisa mengakses internet dari wifi kalian, Ya kan?

Tetapi password tersebut sebenarnya ditujukan agar jaringan kalian aman dari para Hacker dan saat ini Wi-Fi menggunakan standar keamanan WPA2, mungkin dari kalian yang pernah menyetting password wifi sendiri pernah melihat opsi WPA2 tersebut.

 

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Wi-Fi

WPA

WPA merupakan singkatan dari Wi-Fi Protected Access, dan merupakan standar yang didesain untuk meng-autentikasi device wireless yang akan terhubung menggunakan protocol enkripsi Advcanced Encryption Standard (AES) dan diperuntukan agar mencegah para hacker untuk menganggu jaringan Wi-Fi.

Tetapi, pada akhir tahun lalu, para peneliti keamanan menemukan ada sebuah celah yang cukup parah pada protocol WPA2, dan dijuluki KRACK (Key Reinstallation Attack), yang membuat para hacker dapat mendekripsi, memotong bahkan memanipulasi jaringan Wi-Fi.

Dikarenakan itu WiFi Alliance akhirnya segera meluncurkan WPA3 untuk mengatasi masalah-masalah yang terdapat pada WPA2.

 

Apa itu WPA3, Apa yang ditawarkannya?

Wifi Alliance WPA3

Standar keamanan WPA3 akan menggantikan WPA2 yang sudah digunakan sekitar 15 tahun dan telah digunakan miliaran perangkat setiap harinya.

Standar keamanan yang baru ini akan menyajikan peningkatan yang cukup besar untuk perangkat yang menggunakan Wi-Fi dalam hal konfigurasi, autentikasi, dan enkripsi, yang akan mempersulit para hacker untuk meng-hack jaringan Wi-Fi kalian.

Wi-Fi Alliance meluncurkan 2 jenis protocol WPA3 yaitu WPA3-Personal dan WPA3-Enterprise yang diperuntukan untuk personal, enterprise, dan perangkat (Internet of Things) IoT.

 

Berikut adalah fitur-fitur Utama yang terdapat pada protocol baru tersebut:

1. Proteksi melawan Serangan Brute-Force

WPA3 menyediakan peningkatan proteksi melawan serangan brute-force offline, mempersulit para hacker untuk membuka password Wi-Fi kalian, bahkan ketika kalian menggunakan password yang tidak kompleks sekalipun.

 

2. WPA3 Forward Secrecy

WPA3 memanfaatkan Handshake Simultaneous Authentication of Equals (SAE) untuk Forward Secrecy, sebuah fitur keamanan yang mencegah para penyerang dari mendekripsi lalu lintas jaringan yang telah direkam mereka, bahkan ketika para penyerang tersebut telah mempelajari password dari jaringan yang terhubung.

 

3. Memproteksi Jaringan Wi-Fi terbuka

WPA3 memperkuat privasi pengguna pada jaringan terbuka melalui enkripsi data individual, sebuah fitur yang meng-enkripsi lalu lintas (traffic) jaringan wireless antara perangkat kalian (smartphone, tablet, laptop, dll) dengan Wi-Fi Access Point (biasa, Router Wi-Fi) untuk mengurangi resiko serangan Man-in-the-Middle (MitM). Untuk mencegah serangan pasif seperti itu, WPA3 dapat menambahkan dukungan Opportunistic Wireless Encryption (OWE).

4. Enkripsi kuat untuk jaringan Critical

Menggunakan WPA3 Enterprise. Jaringan Wi-Fi Critical yang menangani informasi sensitif ( seperti Pemerintah, Organisasi, dll) dapat memproteksi jaringan Wi-Fi mereka menggunakan enkripsi 192-bit.

 

Jadi secara keseluruhan WPA3 dibuat agar jaringan Wi-Fi menjadi lebih aman, dan tentu saja dengan hal tersebut privasi kita pun dapat dijaga, setidaknya pada jaringan Wi-Fi ;p

 

Perlu diketahui bahwa WPA3 tidak akan langsung tiba dan tersedia secara luas, untuk menjadi seperti itu diperlukan proses secara bertahun-tahun dan memerlukan router dan gadget yang mendukung WPA3  tersebut. Maka dari itu WPA2 tidak akan berhenti bekerja dalam waktu dekat ini, dan perangkat yang telah mendukung WPA3 akan dapat terkoneksi ke perangkat yang masih menggunakan WPA2. Tentu saja WPA3 akan menjadi sesuatu yang wajib sesuai dengan pertumbuhan perangkat yang menggunakan WPA3.

 

Dan itulah akhir dari artikel kami kali ini, Terima Kasih sudah membaca, jangan lupa untuk men-share jika menurut kalian artikel ini berguna 🙂

Tentunya nantikan terus artikel-artikel dari kami selanjutnya!!

 

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.