Smartphone Jaman Now Harus Memakai Notch?

Notch pada Smartphone

Smartphone dengan notch atau disebut juga dengan smartphone dengan poni, apakah kalian pernah mendengar istilah smartphone dengan julukan tersebut? Hmmm, apa kalian pernah melihat trend smartphone seperti gambar ini?

Pada trend smartphone di tahun 2018 ini tentunya tidak asing lagi melihat layar smartphone dengan notch seperti ini. Berawal dari essential phone dan iphone X, kemudian banyak merk – merk smartphone android yang memakai trend ini. Contohnya seperti Asus, Vivo, Huawei, LG, Oppo menggunakan trend ini meskipun besar notch setiap manufaktur berbeda-beda . Sebenarnya apa sih keunggulan dan kekurangan smartphone dengan poni seperti ini? Berikut penjelasan secara singkat menurut getective..

Keunggulan

Dengan perkembangan jaman yang semakin menginginkan layar semakin besar sedangkan ukuran smartphone yang semakin kecil, maka setiap manufaktur menggunakan notch tersebut untuk bertujuan memperbesar layar smartphone. Dan juga dengan notch membuat design pada layar semakin unik. Selain ukuran layar 18:9 dan dual kamera, mungkin trend ini juga bisa disebut dengan “Smartphone Jaman Now”.

Kekurangan

Dengan design layar unik tersebut, tidak sedikit juga pendapat user yang menganggap design tersebut terlalu mainstream atau terganggu dengan tampilan seperti itu. Ataupun adanya potongan layar ketika sedang menonton.

 

“Jika untuk memperbesar ukuran layar, mengapa tidak menghilangkan notch saja?” Yap, mungkin jika dengan menghilangkan notch tersebut, ukuran layar akan terlihat lebih besar. Tapi, bagaimana dengan sensor dan kamera depan? Maka dari itu perusahaan manufaktur menaruh sensor tersebut pada notch. Apa lagi dengan fitur face-unlock dengan kemampuan bekerja untuk bekerja pada kondisi low light. Mungkin kita juga bisa melihat Xiaomi Mi Mix 2 dimana display sudah bezel-less, tetapi apakah cukup aneh jika kita selfie dengan kamera depan terletak di bawah layar smartphone?

Ditambah lagi, ada kabar mengenai Android P akan mengoptimalisasi kan fitur notch loh!

Jadi bagaimana pendapat kalian terhadap notch yang satu ini? Silahkan berikan pendapat kalian pada kolom komentar ya 😀

Recent Posts

Recent Comments

Michael Susilo Written by:

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.