Apa itu Ransomware pada Komputer ?

Sudah beberapa waktu terakhir dunia diguncangkan dengan “Ransomware”, sebuah cara baru dan lagi nge-Trend di kalangan hacker jahat yang sangat menginginkan ‘uang’.

Cerita Sederhana:

Kalian bangun dari tidur kalian lalu menyalakan laptop atau komputer kalian, berharap segera bisa buka facebook… sayangnya bukan facebook yang keluar malah sebuah peringatan besar yang meminta kalian membayar $500 atau semua data di laptop ataupun komputer kalian hilang selamanya.

Jadi apa itu Ransomware?

Dari cerita sederhana diatas Ransomware adalah ‘malware’ jahat, yang benar-benar mengincar ‘uang’ kalian dengan cara mengunci laptop / komputer kalian.

Bagaimana cara Ransomware masuk kedalam komputer kita?

Ransomware dapat masuk ke komputer kita melalui media fisik seperti flashdisk yang terjangkit ransomware, dan media non-fisik seperti attachment pada E-Mail dan file-file yang kita download dari internet.

Bagaimana Malware ini bekerja?

Ketika Ransomware masuk kedalam komputer kalian, malware ini akan mengunci akses ke file-file penting pada komputer kalian (biasanya file-file dokumen maupun foto-foto), tidak hanya itu beberapa jenis ransomware ada yang sampai mengunci seluruh fungsi komputer kalian, dan kalian tidak dapat menggunakan komputer kalian sampai kalian membayar tebusan tersebut.

Ada juga ransomware yang lebih ganas dari yang disebutkan diatas, tidak hanya mengunci seluruh fungsi komputer kalian dia juga men-enkripsi seluruh data kalian, jadi kalian benar-benar tidak dapat menyelamatkan data-data kalian. Dan mereka akan meminta tebusan yang besar untuk diberikan password untuk membuka enkripsi tersebut.

Apa yang terjadi jika kita membayar mereka?

Mungkin kalian pikir data kalian sangat berharga dan ingin membayar mereka dan semua akan berjalan seperti semula, sayangnya jika kalian membayar mereka ada 2 kemungkinan yang akan terjadi yaitu:

  1. Data kalian dan komputer kalian akan kembali seperti sediakala.
  2. Bahkan ketika kalian sudah membayar mereka, kalian tidak mendapat data kalian kembali.

Bagaimana caranya untuk menyelamatkan komputer dan data kita, jika kita terkena ransomware?

Jika Ransomware yang kalian hadapi merupakan Ransomware yang tidak men-enkripsi data, kalian dapat menghapusnya dengan masuk ke dalam safe mode pada Windows lalu menjalankan anti-malware tool yang ter-update. Jika itu gagal, kalian dapat mendownload removal tool untuk flashdisk dan menjalankannya.

Jika kalian berhadapan dengan Ransomware yang men-enkripsi data kalian, sayangnya tidak ada yang dapat kalian lakukan karna biasanya mereka menggunakan enkripsi yang sangat kuat. Jadi jika kalian tidak ingin membayar mereka, sebisa dan sesering mungkin-lah melakukan Back-Up data-data penting kalian dan disarankan off-line.

Jadi itulah artikel singkat tentang Ransomeware dari saya, semoga membantu dan tentunya terus nantikan artikel dari kami selanjutnya.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

One Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.