Kupas Tuntas RAM pada Komputer dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Di zaman sekarang yang apapun berhubungan dengan komputer pasti kalian sudah tidak asing dengan namanya memory atau biasa juga disebut RAM. Tapi apa sih RAM, dan bagaimana caranya bekerja? Yuk kita bahas!

Jadi Apa itu RAM pada Komputer?

RAM pada Komputer

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah bentuk penyimpanan data bersifat Volatile. RAM ini digunakan pada komputer secara sementara untuk menyimpan data. Ketika komputer dimatikan maka semua data yang ada pada RAM tersebut akan hilang.

Nama “Random Access Memory” diambil karna dari cara dia mengakses data dari komputer yaitu secara ‘random’ atau acak, jadi setiap byte data di RAM dapat langsung diakses komputer secara langsung dibandingkan dicari secara urut untuk menemukan data yang dibutuhkan, seperti pada kaset pita yang diputar dan di mainkan secara berurutan.

RAM bekerja dengan sangat cepat dan sangat penting untuk komputer kita. RAM di ukur dalam satuan waktu ns (nano second) yang setara dengan sepermiliar detik, tapi di zaman sekarang ini diukur dengan MHz (megahertz).

Memory komputer (RAM) sangat dibutuhkan, tanpanya komputer kita tidak bisa melakukan apa-apa, maka dari itu memory RAM ini sangat penting.

 

2 Tipe RAM

Secara umum ada 2 jenis RAM yaitu Dynamic RAM (DRAM) dan Static RAM (SRAM). Tapi yang biasa kita gunakan di komputer kita dirumah adalah DRAM, dan DRAM ini datanya perlu di-perbarui (refresh) ribuan kali dalam 1 detik. Static RAM tidak perlu di-perbarui (refresh) dan menjadikannya sangat cepat tetapi juga sangat mahal.

Contoh dari SRAM sendiri yang sering kita jumpai adalah cache pada processor kita, seperti ini:

Intel i5 8350U Static RAM

 

Jadi Apa Sih yang Dilakukan RAM?

Sistem operasi, program aplikasi seperti Microsoft Word, Chrome, dan game disimpan dalam RAM sehingga dapat diakses dengan mudah oleh processor.

RAM komputer jauh lebih cepat dibandingkan dengan jenis penyimpanan data lainnya bahkan SSD sekalipun, tetapi seluruh informasi yang ditampung oleh RAM akan hilang ketika komputer dimatikan. Ketika komputer dinyalakan kembali maka informasi akan diambil dari Storage kita (Hard Disk / SSD) dan ditampung kembali agar dapat diakses dengan cepat oleh processor.

 

Semakin banyak program yang kalian buka pada waktu yang bersamaan maka semakin sedikit memory dari RAM dapat di distribusikan ke program-program tersebut. Jika kalian mempunyai jumlah RAM yang kecil, itu akan membuat komputer kalian lambat, dan ini berarti lebih baik kalian punya RAM lebih dibandingkan pas-pas-an. Jika RAM kalian terlalu penuh maka, processor akan mengirim / menarik data dari dan ke storage (HDD/SSD) dan akan memperlambat komputer kalian.

Tapi walaupun menurut kalian komputer kalian lambat, bukan selalu berarti menambah RAM menjadi jawaban untuk mempercepatnya. Karna mungkin saja ada bottleneck pada hardware lain yang membuatnya lambat.

 

Spesifikasi RAM

RAM diukur dari kecepatannya dalam (MHz) dan dari ukurannya (GB). Sebagai contoh kalian memiliki RAM tipe Corsair DDR4 Vengeance LPX PC19200 8GB (2X4GB)

Dari sini sudah sangat jelas bahwa merk dari RAM tersebut adalah Corsair, DDR4 merupakan RAM dengan jenis DDR generasi ke 4 dan juga sebagai acuan slot yang digunakan (tergantung dari motherboard), Vengeance LPX merupakan line-up dari RAM tersebut pada merk Corsair, PC19200 merupakan bandwidth yang tersedia pada RAM tersebut sebesar 19200MB/s untuk mengetahui kecepatannya dalam MHz dibagi 8 saja dan kecepatannya maka 2400MHz, selanjutnya adalah ukurannya 8GB lalu 2x4GB berarti 2 keping RAM dengan ukuran masing-masing 4GB.

 

(Baca juga: Penjelasan Singkat Perbedaan RAM DDR3 dengan DDR4)

 

Apa itu DDR?

Mungkin juga ada yang bertanya apa sih itu DDR. Berikut adalah jawabannya!

DDR adalah singkatan dari Double Data Rate, dan merupakan versi lanjutan dari SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory). Secara mudahnya untuk kita mengerti, RAM DDR mengirim data 2 kali lebih banyak dibandingkan SDRAM. Dan sekarang sudah berada pada generasi ke 4 dan sedang menuju ke generasi 5.

 

(Baca juga : Kapan RAM DDR5 Akan Release dan Apa Saja Keunggulannya ?)

 

Seperti semua teknologi semakin baru generasi dari DDR tersebut maka semakin cepat dan bagus performanya. Selain perbedaan performa saya katakan diatas juga sebagai acuan untuk penggunaan slot pada motherboard, karna setiap generasi tersebut memiliki port yang sedikit berbeda dari generasi-generasi lainnya agar tidak terjadi kesalahan pemasangan pada motherboard.

Perbedaan port RAM DDR 1, 2, 3, 4

 

Adakah Perbedaan RAM Komputer dan Laptop?

RAM Komputer vs RAM Laptop

Di zaman yang serba mobile ini mayoritas dari kita adalah pengguna Laptop, tapi apakah ada perbedaan diantara mereka dari segi RAM?

Jawab :

Sebenarnya tidak ada perbedaan dari cara kerja RAM untuk Laptop dan untuk Komputer bahkan smartphone kita sekalipun menggunakan cara kerja yang sama. Tapi letak perbedaan dari dua RAM ini adalah pada bentuk fisik karna untuk menghemat tempat maka RAM pada Laptop selalu memiliki bentuk yang kecil dan biasa kita sebut dengan SO-DIMM ( Small Outline Dual in-line Memory Module).

Perbedaan ukuran RAM DIMM dan SO-DIMM

Selain dari segi fisik, juga terdapat perbedaan pada tenaga listrik yang digunakan, karna untuk laptop listrik yang digunakan biasa lebih kecil daripada yang digunakan pada komputer, tetapi semenjak penggunaan RAM DDR4 pengunaan tenaga listrik sangat kecil dan tidak ada lagi perbedaan tersebut.

 

(Baca juga: Harga RAM DDR4 Akan Naik Tahun 2017 Ini, Kok Bisa?)

 

Dan itu adalah akhir dari artikel ini. Terima kasih telah membaca dan jangan lupa untuk men-share jika menurut kalian artikel ini berguna! Dan selalu nantikan artikel-artikel dari Getective selanjutnya! 😀

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

6 Comments

    • Jemmy Wu
      April 2, 2018
      Reply

      Terima Kasih telah membaca artikel kami, terus nantikan artikel-artikel kami yang berikutnya

  1. July 5, 2018
    Reply

    Tks Infonya, berarti RAM sangat penting dlm kecepatan loading ya

  2. Jemmy Wu
    July 5, 2018
    Reply

    Terimakasih telah membaca, RAM sebenarnya tidak mempengaruhi secara langsung kecepatan loading, terutama untuk aplikasi-aplikasi besar seperti game. Yang mempengaruhi mereka adalah kecepatan dari HDD / SSD tempat aplikasi itu disimpan.

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.