Mengenal Lebih Dekat RAM ECC, Cara Kerja, dan Kelemahannya

Apa itu ECC?

Untuk server, datacenter, workstation sangatlah penting untuk meminimalisir error pada data, dan itulah tujuan dari RAM ECC (Error Correcting Code).

ECC merupakan sebuah metode untuk mendeteksi dan membetulkan error yang terjadi pada memori (RAM), tepatnya error yang dibetulkan adalah Single-bit memory error. Single-bit memory error sendiri merupakan error yang terjadi pada output dari sebuah server / komputer, dan dengan adanya error ini dapat terjadi penurunan performa yang sangat drastis.

Bagaimana Cara Kerjanya?

RAM ECC dan RAM Non-ECC

RAM standar yang biasa kita gunakan untuk komputer maupun laptop kita menggunakan 8 chips memory untuk menyimpan data yang diperlukan oleh CPU. Sedangkan ECC RAM menggunakan sebuah memory chip tambahan yang berguna untuk mendeteksi dan membetulkan error yang terjadi pada 8 memory chip lainnya.

 

(Baca juga: Kupas Tuntas RAM pada Komputer dan Bagaimana Cara Kerjanya?)

 

Kelemahan RAM ECC

Kelemahan RAM ECC

Dengan menggunakan RAM jenis ini memang error yang terjadi pada RAM akan berkurang drastis dibandingkan dengan menggunakan RAM standar, tetapi ada beberapa kelemahan yang terdapat pada RAM jenis ini dibandingkan dengan RAM standar, yaitu :

1. Lambat

slow

RAM ECC ini memang di desain agar lebih stabil dibandingkan dengan RAM standar, dan hal ini membuatnya menjadi lambat, karena adanya perpindahan data antara chip dari memori selalu di cek dan dibetulkan.

Secara kasar RAM ECC lebih lambat 2-10 % dibandingkan dengan RAM konvensional.

2. Mahal

RAM jenis ini memang bukan untuk pengguna rumahan, dan diperuntukan untuk datacenter / server baik skala besar maupun kecil yang benar-benar ingin meminimalisir error dan menjaga kestabilan.

Proses pembuatannya yang lebih kompleks dan adanya tambahan chip membuatnya berharga lebih mahal sekitar 10-25% dibandingkan RAM konvensional.

3. Tidak Semua Komputer dapat Menggunakannya

Spesifikasi Processor Intel Xeon

Untuk menggunakan RAM ECC ada dua hal yang harus mendukungnya, yaitu CPU dan Motherboard. Kedua komponen tersebut haruslah men-support ECC memory agar dapat menggunakannya, biasanya CPU dan Motherboard tersebut merupakan komponen yang diperuntukan untuk server / workstation.

 

(Baca juga: Kapan RAM DDR5 Akan Release dan Apa Saja Keunggulannya ?)

 

KesimpulanKesimpulan

Jika memang kalian ingin membuat sebuah server yang sangat mementingkan stabilitas, menggunakan RAM ECC merupakan sebuah kewajiban, tentunya ada harga yang harus dibayar agar dapat menggunakan RAM jenis ini. Tetapi harga yang dibayarkan tersebut akan sangat bermanfaat karna dapat meminimalisir error dan menjaga performa di masa mendatang bukan?

Untuk pengguna rumahan, mungkin ada yang ingin menggunakan RAM tipe ini dibandingkan RAM standar, tapi perlu di ingat, keuntungan RAM ini bagi pengguna rumahan sangatlah minim dan terbatas dan lebih banyak kerugiannya. Memang komputer akan jauh lebih stabil, dan mungkin kalian akan sangat jarang melihat error karna RAM yang menjadikan komputer kalian bluescreen secara tiba-tiba, tetapi perlu di ingat kelemahan dari RAM jenis ini, terutama untuk masalah hardware support, yang tidak semua CPU ataupun Motherboard dapat menggunakan RAM jenis ini.

 

Terima kasih telah membaca, dan jangan lupa share jika menurut kalian artikel ini berguna.

Selalu nantikan artikel-artikel dari kami berikutnya !!!

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.