Perlukah Kita Menggunakan Antivirus?

Antivirus

Antivirus mungkin masih menjadi dilemma bagi masyarakat khsusnya bagi pengguna komputer sehari-hari, ada yang beranggapan antivirus perlu tetapi juga ada yang mengatakan tidak perlu.

Jadi sebenarnya kita perlu menggunakan Antivirus tidak sih?

 

Virus

Jaman sekarang ini virus bukanlah masalah lagi bagi komputer, karna dengan keamanan standar yang terdapat pada sistem operasi yang ter-update, virus tidak akan masuk dengan mudah. Tetapi yang menjadi masalah adalah serangan malware yang dapat kita temukan di berbagai website-website, mereka dapat masuk ke komputer kita secara diam-diamatau mungkin jika kita meng-install program yang didapat dari sumber kurang terpercaya, dimana sudah terdapat malware yang akan masuk saat kita menginstall program tersebut.

Kerusakan

Kerusakan yang ditimbulkan oleh malware cukup beragam, mulai dari membuat komputer kita menjadi lambat, memanfaatkan resource komputer kita untuk menjadi miner cryptocurrency, selalu memunculkan pop up iklan yang tidak ada henti-hentinya, menyita data komputer kita seperti pada kasus ransomware, hingga melakukan kerusakan data permanen.

 

Baca juga : Apa itu Ransomware

 

Jadi memang malware dapat melakukan berbagai macam hal terhadap kita dan membuat kita cukup kewalahan dengannya.

 

Perlu Antivirus atau tidak?

Setelah membaca itu semua mungkin kita sudah mulai tergugah untuk menggunakan antivirus, tetapi jawabannya terdapat dalam diri kalian sendiri, jika kalian cukup berhati-hati tidak perlu menggunakan antivirus tambahan dan cukup yang sudah built-in pada sistem operasi kalian saja, tetapi ada baiknya mencegah daripada mengobati, jadi kalian ada baiknya membeli antivirus tambahan tetapi kami sarankan bukan antivirus tetapi Internet security. Karna Internet security memberikan perlindungan terhadap browser juga.

 

Selain itu tips lainnya adalah selalu lakukan back up data dan melakukan full scan virus yang terdapat pada komputer kalian secara berkala dengan menggunakan antivirus bawaan seperti yang terdapat pada Windows 10 yaitu Windows Defender.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.