Penjelasan Singkat Perbedaan RAM DDR3 dengan DDR4

DDR4 vs DDR3

Diantara kita pasti masih penasaran apa sih perbedaan kedua jenis memori tersebut? Apakah kita sebaiknya mengupgrade sekarang atau nanti? dan apa kelebihannya sih DDR4 di banding DDR3?

Beberapa Perbedaan RAM DDR4 dan DDR3

DDR4 merupakan generasi selanjutnya dari DDR3 dan memiliki beberapa perbedaan, contohnya penurunan Voltase dari DDR3 (1.5V) ke DDR4 (1.2V), kelihatannya kecil kan? Tapi beda cerita kalau kita membandingkannya untuk komputer server yang biasanya berjalan 300W – 1200W, dalam hal itu penggunaan DDR4 akan menunjukan penurunan sebesar 15W dibanding dengan DDR3, masih terlihat kecil? untuk golongan server yang memiliki ribuan unit sistem, itu sangat besar!

Perbedaan selanjutnya adalah jika dalam DDR3, 2133MHz merupakan Clock Speed tertinggi, maka pada DDR4, 2133MHz merupakan Clock Speed terendah, perbedaan kecepatan Clock Speed tersebut berarti peningkatan Bandwidth. Sayangnya peningkatan ini juga mendatangkan Latency yang lebih besar.

DDR3 dengan Clock Speed 1600MHz berlatency CL11 yang berarti membutuhkan waktu 13.75 nanosecond untuk Read dan DDR4 dengan Clock Speed 2133MHz ber latency CL15 yang berarti membutuhkan waktu 14.06 nanosecond untuk Read-hanya sekitar 2% peningkatan.

Jadi apa itu artinya dalam dunia nyata? Menurut Forum Anandtech perbandingan DDR4 dan DDR3 tidak ada yang lebih unggul dari satu dan yang lainnya, DDR3 lebih cepat dalam beberapa hal dan juga sebaliknya.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.