Apa Perbedaan HDD dengan SSD? Mana Yang Lebih Baik?

Sekarang ini jika kita ingin membeli Laptop atau komputer pasti ada 2 pilihan Storage yaitu SSD dan HDD, tapi mana yang lebih baik?

tidak ada jawaban singkat untuk menjawab pertanyaan tersebut, karna setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda tergantung pilihan mereka dan tentu saja Budget.

Walaupun harga SSD terus turun setiap tahun tetapi tetap saja harga per GB (Giga Byte) tetap dimenangkan oleh HDD karna jauh lebih murah, Terkecuali jika kita ingin membeli laptop atau komputer karna mengininkan performa dan uang bukan masalah pilihannya jatuh kepada SSD.

Apa itu SSD?

SSD Solid State Drive

Agar artikel ini dimengerti semua orang mula-mula akan saya jelaskan apa itu SSD

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive, saya yakin kalian sudah familiar dengan usb flashdisk. SSD juga dapat dianggap sebagai flasdisk yang memiliki ukuran besar dan lebih canggih

Informasi yang ada pada SSD disimpan pada microchip dan dapat dengan cepat diakses , sedangkan HDD menggunakan lengan mekanik yang memiliki read/write head yang bergerak untuk membaca informasi pada HDD. perbedaan inilah yang membuat SSD mempunyai kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

analoginya : kalian berjalan di perpustakaan dan mencari buku yang kalian cari untuk mendapat informasi lalu membaca informasi tersebut (HDD) atau buku tersebut secara ajaib terbuka didepan kalian dan informasi yang kalian cari ada di situ tanpa perlu berpindah-pindah mencarinya (SSD).

Beberapa SSD menggunakan NAND-based flash memory. ini merupakan sebuah tipe memory yang non-volatile. Apa itu non-volatile? jawaban secara singkatnya adalah kalian dapat mematikan memori ini dan ia tidak akan “lupa” apa yang telah disimpannya. Tentu saja ini merupakan karakteristik yang penting dan terdapat pada semua jenis memori permanen.

SSD memang tidak memiliki lengan mekanik untuk membaca/menulis tetapi ia memerlukan processor (atau “otak”) yang tertanam didalamnya dan disebut dengan controller untuk melakukan berbagai operasi yang berhubungan dengan membaca maupun menulis. Controller merupakan faktor yang sangat penting yang menentukan performa dari SSD ini. Keputusan yang diambil untuk menyimpan, menerima, menghapus data semua dibuat oleh controller tersebut dan sangat mempengaruhi kecepatannya.

Selain itu yang mempengaruhi performa dan umur SSD adalah Cell, yang akan saya bahas di artikel saya selanjutnya.

Apa itu HDD?

HDD Hard Disk Drive

 

Saya yakin kalian sudah sangat familiar dengan HDD, HDD merupakan singkatan dari Hard Disk Drive yang merupakan salah satu teknologi penyimpanan yang sudah ada cukup lama (FYI, HDD pertama dikenalkan IBM tahun 1956).

Hard Disk memiliki beberapa piringan magnet yang berputar, dan lengan mekanik untuk membaca piringan tersebut. Data di simpan pada piringan dan kecepatan putaran mempengaruhi performa dari hard disk itu sendiri, semakin cepat semakin bagus performanya. Saat ini di pasaran kecepatan HDD bervariasi dari 5400 RPM (biasa digunakan di laptop), 7200 RPM (biasa digunakan pada Komputer Desktop) serta yang jarang di pasaran yaitu 10.000 RPM dan 15.000 RPM yang biasa ditujukan bagi pengguna Enterprise.

Perlu di ingat semakin cepat putaran Hard Disk maka semakin berisik suara ditimbulkan serta suhu yang dihasilkan lebih panas dari biasanya.

Saat ini kelebihan dari HDD di bandingkan SSD adalah dapat menyimpan data dengan harga sangat murah

Perbandingan SSD dan HDD saya simpulkan dari berbagai sumber menjadi:

Perbedaan HDD dengan SSD

(klik gambar untuk memperbesar)

Tentu saja tabel perbandingan diatas tidaklah tetap dan akan berubah seiring dengan perkembangan teknologi baik SSD maupun HDD

Jadi itulah perbedaan SSD dan HDD, semoga bermanfaat.

Terima Kasih dan tunggu update kami setiap minggu nya ya!!

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

One Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.