Perbedaan Harga dan Performa Processor Intel Celeron dan Pentium

Celeron atau Pentium?

Berawal dari artikel Perbedaan Processor Celeron, Pentium, Core i3, i5, i7 Mana yang Lebih Baik? Di artikel tersebut, kami memang hanya membahas sangat sedikit tentang perbedaan dari Celeron dan Pentium. Tetapi karna banyaknya permintaan untuk mengetahui perbedaan kedua jenis processor tersebut, maka terbitlah artikel ini untuk menjawabnya!

Intel Celeron

Intel Celeron

 

Jadi apa sebenarnya processor Celeron ini? Pada awalnya Celeron bisa dibilang sebagai pelengkap agar kita dapat membuat / membeli komputer dengan harga yang lebih murah dari processor Intel lainnya dan bisa dibilang sampai sekarang juga begitu bahkan untuk versi terbaru dan terbaik Celeron yaitu Celeron G3950 berbasis Kaby Lake yang dibuat untuk komputer. Dengan harga jual $52 di negara asalnya, atau mungkin jika dirupiahkan menjadi 700rb-an merupakan processor termahal untuk kelas Celeron.

 

(Baca juga: 7 Hal yang Berbeda di Setiap Generasi Processor Intel)

 

Performa

Memiliki kelas di bawah Pentium sudah hampir menjadi pasti performanya juga dibawah Pentium. Processor ini memang dibuat bukan untuk melakukan aktifitas-aktifitas berat seperti bermain game. Jika kalian bermain game dengan processor ini pasti kalian akan kecewa (bukan berarti tidak bisa bermain game sama sekali) tetapi performanya sudah pasti kurang memuaskan.

Jadi processor ini menurut kami, hanya baik untuk digunakan sebatas aktifitas berselancar di internet, menjalankan aplikasi office, ataupun video streaming.

 

Lanjut ke jenis processor selanjutnya.

Intel Pentium

Intel Pentium

Pada awalnya processor jenis Pentium merupakan processor kelas atas, mungkin kalian ada yang pernah memiliki processor Pentium baik Pentium 1,2,3 dan 4. Di era sekarang ini sayangnya Pentium bukan processor kelas atas lagi, melainkan processor kelas low budget atau murah, berbeda dari Intel Celeron yang benar-benar murah. Intel Pentium, dibuat untuk kelas yang sedikit lebih mahal tetapi masih dibawah Core i3.

Jadi bagaimana performanya?

 

(Baca juga: Processor Intel Core i9 – Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?)

 

Performa

Harga Pentium memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Celeron tetapi untuk performa perbedaannya tidaklah kecil melainkan besar.

Jika diatas kami bilang processor Celeron tidak cocok untuk gaming, lain cerita dengan Pentium, yang untuk kelas low budget sangat baik performanya untuk gaming, tentu saja kalian memerlukan graphics card yang mumpuni juga agar seluruh performa dari processor ini keluar.

Selain gaming untuk multitasking processor ini cukup cepat, dan dapat menjalankan beberapa program sekaligus tanpa masalah.

 

(Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Merakit PC dan Beli Jadi)

 

Note :

Perbedaan – Perbedaan tersebut merupakan perbedaan secara umum dari kedua jenis processor ini.

Kesimpulan

Jadi jika kalian ingin merakit komputer untuk bermain game dengan budget yang terbatas, belilah processor Intel Pentium, walaupun masih dibawah i3 tetapi performanya cukup bagus dan tentunya uang yang dikeluarkan juga lebih sedikit, tetapi perlu di ingat untuk gaming lebih baik mementingkan graphics card.

Bagi kalian yang tidak ingin bermain game, kalian bebas memilih antara processor Pentium atau Celeron, tetapi menurut kami tetaplah memilih pentium karna range harga mereka tidak begitu besar.

 

 

Jadi itulah artikel kami kali ini. Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk share jika menurut kalian artikel ini berguna 😀

Terus nantikan artikel-artikel dari Getective selanjutnya ya!

 

Jangan lupa juga untuk men-subscribe channel kami di YouTube, kami akan fokus kearah review-review Gadget dan teknologi.

Berikut link dari channel Youtube kami klik disini.

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

One Comment

  1. […] Intel Celeron dan Pentium adalah processor Intel yang berada di kelas low-end level dan targetnya adalah laptop-laptop yang performa yang dibutuhkan tidak berat sekali, seperti hanya menjalankan ms.office dan web browsing, walaupun masih sanggup buat gaming tetapi performa yang dihasilkan kurang. Dan juga processor seri ini tidak kuat untuk banyak multi-tasking, jadi jika anda adalah orang yang suka dengan multi-tasking, processor ini tidak cocok dengan anda.Update :Lebih Mengenal Processor Intel Celeron dan Pentium […]

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.