Apa Itu Nintendo Switch ?

Tanggal 13 Januari lalu Nintendo mengadakan konfrensi tentang konsole mereka terbaru yaitu Nintendo Switch dan semua info mulai dari tanggal rilis hingga spesifikasi sudah terjawab pada acara tersebut.

Kalau kalian belum tau apa itu Nintendo Switch yuk liat video dari Nintendo ini:

Jadi apa itu Nintendo Switch?

Nintendo Switch merupakan konsol keluaran baru dari Nintendo yang menurut saya memiliki konsep yang “unik” karna dapat dijadikan konsol game untuk TV, Tablet, maupun handheld yang berarti ini konsep 3 in 1. Kalian dapat bermain game dimana saja dan kapan saja dengan Switch lebih dari itu kalian dapat mengajak teman kalian untuk menikmati bermain game bersama tanpa perlu controller tambahan.

Gabungan dari Tablet dan Konsol Rumah menjadi 1 unit

Kalian dapat bermain game seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild di TV kalian dirumah, tapi pas kalian ingin melanjutkannya dan kalian harus keluar, kenapa kalian ga bawa aja? Tinggal lepaskan Switch dari Dock nya dan kalian dapat melanjutkan game kalian di luar dengan membawa Switch. Ini berarti Konsol Rumah kalian menjadi konsol handheld juga.

Free Region Lock

Mungkin ini kabar yang biasa saja bagi kalian yang pecinta PlayStation maupun XBOX, tapi bagi penggemar Nintendo ini merupakan kabar baik, karna konsol Nintendo sebelumnya selalu terikat pada Region masing-masing.

Contoh :

Nintendo 3DS kalian merupakan versi US/Asia berarti kalian hanya dapat bermain game-game pada region tersebut, jika kalian ingin bermain game yang tidak keluar pada region kalian seperti kebanyakan game-game ekslusif yang keluar di Jepang, Kalian tidak dapat memainkannya walaupun kalian mempunyai game tersebut.

Tapi dengan adanya Free Region Lock pada Nintendo Switch ini kalian dapat leluasa bermain game yang keluar dimana saja tanpa harus berpikir mengenai Region mesin Nintendo Switch kalian.

1 Jenis Controller berbagai jenis cara menggunakan

Nintendo Switch memiliki Controller unik bernama JoyCon, nah Joy-Con ini jika kalian lihat di video di atas dapat dipecah menjadi 2 bagian dan dapat digunakan oleh 2 orang, dengan begitu kalian dapat mengajak teman kalian bermain tanpa perlu membeli controller tambahan atau repot-repot membawanya. Kejutan lainnya Joy-Con tersebut memiliki sensor dan fitur yang cukup banyak hanya untuk Controller. Salah satu fungsinya dengan memanfaatkan sensor accelerometer kalian dapat menjadikannya seperti “remote” pada Nintendo Wii.

Joy-Con Controllers

Switch Joycon

 

Joy-Con Controllers memiliki beberapa susunan standar, yaitu “basic” ketika controller tersebut dipasangkan pada Joy-Con grip, yang biasa digunakan untuk bermain Switch di TV Mode. Controller ini juga dapat dipisah dan digunakan secara independen dan dapat kalian gunakan untuk bermain bersama teman kalian.

Kedua Controller ini (kanan dan kiri) memiliki accelerometer, Gyrosensors dan “HD Rumble System” yang menambahkan level baru untuk bermain Motion-based Game. Controller yang Kanan juga memiliki sebuah motion-IR-camera yang dapat memebedakan bentuk, gerakan, dan jarak dari benda yang berada didepannya.

Dengan adanya sensor yang disebutkan diatas kalian dapat bermain menggunakan gerakan tubuh kalian seperti pada Nintendo Wii dengan Remotenya hanya saja berada di level yang lebih baik lagi.

 

Menarik kan fitur dari Nintendo Switch tersebut? Tapi apalah arti fitur kalau konsol game, tapi gamenya sedikit. Nah untuk itu ini adalah beberapa game yang akan muncul bersamaan dengan Nintendo Switch dan lebih banyak lagi yang akan dating.

 

  • 1-2-Switch (Retail)
  • Just Dance 2017 (Retail)
  • The Legend of Zelda: Breath of the Wild (Retail)
  • I Am Setsuna (TBD)
  • Dragon Quest Heroes 1 & 2 (Detail)
  • Bomberman R (TBD)

 

oke udah bahas game pasti penasaran ama spesifikasinya kan?

Spesifikasi

Processor : Custom Nvidia Tegra X1

Storage : 32GB flash memory

Removable Storage : microSDXC

Display : 6.2″ 1280 x 720 Capacitive Touchscreen

Controller Input : Joy-Con Controller , pro controller

Connectivity : 2.4/5GHz 802.11ac Wi-Fi. 1x USB 3.0, 2x USB 2.0

Battery : 2.5 jam – 6 jam (tergantung game)

 

Apa aja yang kita dapet pas beli?

What’s in The box?

Swith in the box

 

  • The Nintendo Switch Console
  • Left and right Joy-Con controllers
  • Joy-Con wrist straps
  • The Joy-Con Grip
  • The Nintendo Switch Dock
  • An HDMI cable
  • and an A/C adaptor

 

Harganya berapa ya? jadi pengen beli nih

Harga

US$299 (4 Juta Rupiah)

 

wah lumayan juga nih harganya tapi kapan dirilis ya? (sekalian nabung)

Kapan di Release?

Nintendo Switch akan di release pada tanggal 3 Maret 2017 mendatang, dan akan dilakukan secara bersamaan di Jepang, Amerika Serikat, beberapa Negara di Eropa dan di Hong Kong.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.