Mengenal Lebih Dekat PCI-E

PCI-Express

Image result for pci express

Pada artikel-artikel kami yang sebelum-sebelumnya, kami membahas penggunaan PCI-Express pada hardware komputer, tapi mungkin masih ada yang tidak tahu apa itu PCI-E atau PCI-Express.

PCI-E merupakan singkatan dari Peripheral Component Interconnect Express. dan biasa disingkat menjadi PCIe atau PCI-E. Dan ini merupakan sebuah koneksi standar yang digunakan pada device internal dalam sebuah komputer.

Bagaimana cara kerjanya?

Dengan memasukkan device yang mendukung PCI-E pada motherboard maka device tersebut akan memiliki bandwidth yang besar untuk berkomunikasi dengan device lainnya yang terhubung dengan motherboard.

PCIe Card apa saja yang sudah ada?

Image result for pci express vga cardImage result for pci express sound card

Yang paling kemungkinan besar kalian sudah tahu jenis PCIe Card adalah Graphics Card atau biasa juga di sebut GPU atau VGA Card. Selain itu juga terdapat SSD NVME yang menggunakan konektor M.2 atau Slot PCIe, selain itu juga ada sound card, dan juga konektor LAN berkecepatan tinggi seperti 10GBps, dan juga ada tipe-tipe lainnya yang lebih jarang ditemui.

Format PCIE ada apa saja?

Mungkin kalian yang baru mengenal PCIe ini pada bingung dengan berbagai macam tulisan seperti “PCIe x1, PCI Express 3, PCI Express x16” apa arti dari ‘x’ itu?

Ukuran dari PCIe

Related image

‘x’ yang dimaksud pada pertanyaan di atas merupakan ukuran dari PCIe itu sendiri dimana x16 merupakan yang paling besar dan x1 merupakan yang terkecil.

 

Versi PCIe

Jika kalian melihat PCI Express 3.0, itu merupakan versi dari PCIe. saat ini sudah terdapat 4 versi yang beredar, dan yang terakhir keluar adalah PCIe 4.0.

Setiap naik versi, Bandwidth dari PCIe ini selalu naik 2x yang secara rinci dapat dilihat dari tabel dibawah ini.

Perlu kalian ingat, kalian tidak perlu khawatir dengan versi PCIe kalian karna semua nya backward dan forward compatible, dalam artian selalu cocok dengan versi manapun.

Selain meningkatkan Bandwidth setiap peningkatan versi juga ditambahkan fitur, pembetulan bug, dan peningkatan power (daya).

 

 

Jadi inilah akhir dari artikel ini.

Terima kasih telah membaca, jangan lupa untuk men-share jika menurut kalian artike ini berguna. Dan tentunya, selalu nantikan artikel-artikel dari Getective yang berikutnya!!! 😀

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.