Mengenal Jenis – Jenis Wi-Fi

Wi-Fi

Wi-Fi (Wireless-Fidelity)

Siapa yang tidak mengenal WiFi di zaman sekarang ini, hampir semua dari kita memanfaatkan Wi-Fi untuk melakukan aktifitas di internet. Tapi apakah kalian tahu bahwa ada beberapa jenis Wi-Fi yang terdapat di dunia ini?

Sebelum melanjutkan ke jenis-jenis Wi-Fi yang ada, mari kita lihat dulu standarisasi yang dilakukan untuk Wi-Fi ini!

Standarisasi

Standarisasi Wi-Fi oleh IEEE

Wi-Fi secara resmi disebut dengan jaringan 802.11 oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers sebuah asosiasi yang memberi standar pada barang eletronik.

Jadi bagi kalian yang mencari tahu tentang Wi-Fi pasti tidak asing dengan angka-angka ini.

802.11 / Wi-Fi juga sudah memiliki beberapa standar yang mungkin sudah kalian gunakan sejak lama tanpa menyadarinya.

Mari kita berlanjut ke topik utama kita yaitu jenis-jenis Wi-Fi.

 

(Baca juga: Sensor Apa Saja yang Ada pada Smartphone Anda?)

 

Jenis – Jenis Wi-Fi

Huruf pada Wi-Fi

Huruf - huruf yang ada pada Wi-Fi

Di antara kita pasti sudah ada yang menyadari bahwa setelah angka 802.11 terdapat huruf di belakangnya, yang paling umum adalah huruf “n” yang sudah banyak beredar, (eg. 802.11n)

Tapi apakah kalian tahu maksud huruf tersebut?

Huruf tersebut merupakan standar yang dibuat untuk membeda-bedakan Wi-Fi.

Jadi dengan adanya huruf tersebut kita dapat mengetahui standar spesifikasi dari Wi-Fi kita.

Terdapat beberapa huruf yang digunakan pada Wi-Fi, sampai artikel ini ditulis terdapat 6 standarisasi yang terdapat pada Wi-Fi.

Standar A, B, G, N, AC, dan AD. Masing – masing memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

 

Standar 802.11

802.11a

Di ciptakan pada tahun 1999, versi Wi-Fi ini bekerja pada frekuensi 5GHz. Ini dilakukan dengan harapan agar gangguan (interference) kecil, karena banyak perangkat elektronik menggunakan frekuensi 2.4GHz. Kecepatan maksimum Wi-Fi ini juga cukup lumayan pada zamannya yaitu 54Mbps (megabits per second). Tetapi karena bekerja dengan frekuensi 5GHz, menjadikan jangkauannya tidak jauh karna mudah terhalang oleh benda-benda padat.

 

802.11b

Di buat juga pada tahun 1999, tetapi menggunakan frekuensi 2.4GHz dan hanya berkecepatan 11 mbps. 802.11b merupakan standar yang mempopulerkan Wi-Fi.

 

802.11g

Di desain pada tahun 2003, standar 802.11g memiliki kecepatan maksimum 54 mbps dengan menggunakan frekuensi 2.4 GHz. Ini membuatnya menjadi standar yang mudah untuk diadopsi.

 

802.11n

Standar Wi-Fi 802.11n pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009. dan sekarang ini merupakan standar Wi-Fi yang paling banyak di gunakan karna “router” untuk Wi-Fi ini sudah murah dan dapat mudah ditemukan.

802.11n merupakan standar pertama yang dapat beroperasi pada frekuensi 2.4GHz dan juga 5GHz dan men-support multi channel. Dimana masing-masing channel memiliki batas transfer data 150 mbps. Dan menjadikannya memiliki batas transfer data yang tinggi yaitu up to 600 mbps. Tetapi diperlukan hardware yang mendukung untuk mencapainya.

 

802.11ac Wave 1

802.11ac merupakan salah satu Wi-Fi generasi terbaru, menggunakan frekuensi dual band yaitu 2.4GHz dan 5GHz yang bekerja secara bersamaan. Standar ini juga compatible dengan standar Wi-Fi sebelumnya (802.11b/g/n). Untuk frekuensi 5GHz memiliki kecepatan / bandwidth up to 1300 mbps, sedangkan untuk frekuensi 2.4GHz kecepatan / bandwidth-nya adalah up to 450 mbps

Kenapa ‘up to‘? Karna tidak semua router yang mendukung 802.11ac ini menggunakan kecepatan tertinggi tersebut, ada yang hanya 900 mbps pada frekuensi 5GHz dan 300 mbps pada frekuensi 2.4GHz.

 

802.11ac Wave 2

Ini merupakan standar baru yang di bangun diatas standar sebelumnya. Memiliki semua keunggulan 802.11ac tetapi mempunyai kelebihan pada kecepatan yang meningkat tajam, jika pada 802.11ac Wave 1 memiliki kecepatan / bandwidth 1300mbps maka pada 802.11ac Wave 2 ini memiliki kecepatan 2340 mbps, selain itu peningkatan juga terjadi pada lebar channel yang lebih luas yang membuat performa lebih baik di bandingkan versi sebelumnya (Wave 1), serta bisa menambah frekuensi 5GHz lagi.

 

(Baca juga: Mengenal Teknologi Bluetooth 5 pada Gadget Anda)

 

802.11ad

Ini merupakan standar Wi-Fi terbaru dan terkencang. Berbeda dari Wi-Fi seri sebelumnya yang hanya menggunakan frekuensi 2.4GHz dan 5GHz. 802.11ad ini menggunakan frekuensi 60GHz dan membuatnya memiliki kecepatan maksimal secara teori adalah 7 gbps (gigabits per second).

Tetapi perlu di ingat dengan frekuensi sebesar 60GHz ini memang menjadikannya cepat tetapi, jangkauannya super pendek, karna pada frekuensi ini sinyal mudah terhalang oleh benda apapun.

Selain itu karna ini merupakan teknologi terbaru maka harganya sangat mahal dibandingkan yang terdahulunya.

 

Itulah akhir dari artikel ini, terima kasih sudah membaca.

Jangan lupa untuk men-share artikel ini jika menurut kalian artikel ini berguna ya!!

Dan selalu nantikan artikel-artikel dari kami berikutnya!!!

 

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

2 Comments

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.