Apa Komponen Terpenting pada Smartphone Anda?

Kita semua memiliki benda yang sangat kita sayangi dan sangat berarti bagi kita, dan mungkin di era sekarang smartphone sudah menjadi salah satu dari benda tersebut. Smartphone sudah menjadi hal yang esensial dalam hidup kita, sampai-sampai ada penelitian bahwa stres akan kehilangan smartphone memiliki efek yang sama dengan takut akan serangan teror (link artikelnya). Dengan adanya smartphone, kita mendapatkan berbagai kemudahan dalam hidup kita dan juga dapat melakukan lebih banyak hal dengan lebih terorganisir. Tapi, dari sisi teknis setiap orang memiliki perspektif yang berbeda dalam memandang manakah komponen smartphone yang terpenting dan harusnya lebih difokuskan oleh manufaktur. Namun, disini akan dijelaskan manakah komponen yang terpenting dalam ponsel pintar.

KAMERA?

Smartphone Camera

 

Smartphone sekarang memiliki kamera yang sangat baik, bahkan kamera point andn shoot dengan harga yang sama dengan smartphone tersebut juga tidak lebih baik kualitas fotonya. Banyak yang memanfaatkannya dan sudah banyak komunitas fotografi dengan smartphone, bahkan tidak sedikit juga bermunculan film pendek ataupun full length movie yang direkam oleh sebuah smartphone. Manufaktur mulai menyadari akan kebutuhan pasar terhadap kamera yang mumpuni dan beberapa pun juga sudah memfokuskan kamera secara lebih, seperti Oppo. Tapi, walaupun kamera adalah hal yang penting bagi banyak orang, kejutan kejutan, kamera bukanlah komponen terpenting pada sebuah smartphone.

 

(Baca juga : Apakah Hanya Megapixel yang Menentukan Kualitas Foto pada Smartphone?)

 

LAYAR? BATERAI?

Baterai Smartphone

 

2 kandidat ini juga penting dalam sebuah smartphone. Layar dalah hal yang kita lihat dan memberikan kita output yang dapat kita mengerti dalam bentuk visual, tanpa adanya layar mungkin kita tidak akan bisa mengoperasikan sebuah smartphone. Baterai, tanpa adanya daya yang diberikan oleh baterai juga tidak akan kita dapat mengoperasikan smartphone yang tidak dapat menyala. Tapi, kedua komponen tersebut juga bukanlah yang terpenting. Lalu apa?

 

(Baca juga : Mengenal Teknologi pada Baterai Smartphone Anda)

 

INI DIA

Chipset CPU + GPU Smartphone

Ya, mungkin post ini sedikit troll, tapi hal ini sudah cukup jelas. Umpamakan smartphone seperti manusia, bagian terpenting pada manusia adalah otak yang menggerakan semua bagian tubuh kita. Otak pada smartphone adalah SoC(System on a Chip) atau umum disebut prosesor. Tanpa adanya SoC, tidak ada yang memberikan perintah kepada speaker untuk memutar lagu yang telah dipilih, tidak ada yang memberikan output apapun pada layar, dan apa gunanya baterai tanpa prosesor yang ia berikan daya selain menjadi alat untuk dijadikan api unggun?

 

(Baca juga : Apakah Prosesor dengan Core Lebih Banyak Akan Selalu Lebih Baik?)

 

SoC ini memiliki ukuran yang kecil, namun memiliki banyak sensor yang penting. Gambar ini mungkin sedikit memperjelas apa saja isi sebuah SoC.

 

Pada gambar terdapat :

  • Konektivitas : terdapat modem yang diperlukan oleh operator, sebagai contoh koneksi LTE.
  • GPU : jika Anda sering bermain game, maka GPU inilah yang memproses grafis yang intens untuk memberikan Anda pengalaman terbaik dalam bermain game
  • Kamera/DSP : prosesor yang berguna untuk memproses multimedia
  • Sensor : berisi berbagai jenis seperti sensor gravitasi, magnet, dll
  • Konektivitas lainnya : seperti bluetooth, wi-fi, dan GPS
  • Memori : berguna untuk menampung berbagai pekerjaan yang Anda berikan terhadap smartphone Anda
  • CPU : bagian yang menjalankan smartphone Anda

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.