Mengenal Teknologi dan Fitur Intel RealSense – Kamera Masa Depan

Kalian sudah pernah mendengar / melihat iklan Intel Realsense? Baik di TV ataupun di internet. Tapi apa sih itu Intel Realsense? Apa kegunaannya?

 

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas mari kita langsung bahas teknologi yang terdapat pada Intel Realsense tersebut serta apa kegunaannya.

 

Depth-Sensing Technology

Intel RealSense merupakan kamera yang memiliki 3 buah lensa, sebuah lensa 2D standar yang digunakan untuk mem-foto ataupun video, sebuah kamera infra-merah dan sebuah projector laser infra-merah. Infra-merah tersebut merupakan bagian yang membuat RealSense dapat melihat adanya jarak antara benda-benda, memisahkan benda-benda tersebut dari background di belakangnya dan akan mengenali benda, wajah, serta gerakan dibandingkan kamera biasa.

Lalu apa saja kegunaannya?

 

Kegunaan Intel RealSense Sejauh Ini

Intel telah mendemonstrasikan beberapa kegunaan dari Depth-Sensing Technology. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari Intel RealSense dan tentunya akan terus bertambah.

1. Mengganti Background Tanpa Greenscreen

Intel RealSense Personify

Jika kalian suka melakukan Video Call dan ingin membuat lawan bicara kalian tidak melihat apa yang ada di belakang kalian (misal : kamar yang berantakan) kalian dapat menggunakan Teknologi Intel RealSense ini untuk menggantinya dengan background dengan gambar lain seperti pegunungan. Jika dengan teknologi kamera konvensional kita memerlukan greenscreen agar dapat menggantinya, karna kamera konvensional tidak dapat membedakan badan kita dan juga background kita.

 

2. Mengganti Wajah menjadi Avatar

Intel RealSense FaceShift

Pernah ingin membuat kaget teman anda pada saat Video Call? Ya kalian dapat mengagetkan mereka dengan Teknologi Intel RealSense ini, yaitu dengan mengganti diri kalian dengan karakter animasi (avatar). RealSense akan men-scan bentuk wajah kalian dan menggantinya dengan software FaceShift, sebuah aplikasi yg akan menggantikan wajah kalian dengan avatar. Karakter tersebut akan mengikuti bentuk wajah kalian, seperti ketika kalian membuka mulut, menggerakan mata, alis dan sebagainya.

 

3. Bermain Game dengan VR

Intel RealSense Virtual Reality

 

Kalian pasti sudah tidak asing dengan teknologi yang lagi nge-trend satu ini yaitu VR (Virtual Reality). Tapi apakah kalian tahu dengan menggabungkan masing-masing kemampuan dari VR dan Intel RealSense kalian akan merasa sangat bersatu dengan game tersebut. Kenapa begitu?

Ketika kalian memakai headset VR maka penglihatan kalian akan berada pada game tersebut, tapi bagaimana dengan anggota tubuh kalian yang lain seperti tangan dan anggota tubuh lainnya? Memang ada alat yang mendukung seperti controller yang digunakan pada tangan. Tapi dengan menggunakan kamera RealSense ini tangan kalian akan terdeteksi dalam game tersebut tanpa perlu adanya alat yang kalian pegang dan akan terasa sangat natural, contohnya saat game yang kita mainkan adalah melempar-lempar bola, tentu saja kalian akan lebih nyaman dengan tangan asli kalian untuk melemparkan bola tersebut bukan?

 

4. Mengukur Jarak Pada Gambar

RealSense Measurement

Pernah merasa kesulitan untuk mengukur ukuran benda yang terdapat pada foto, misalnya saja kalian ingin membeli barang di toko online, kalian kira barangnya ukurannya sesuai tahu-tahu terlalu kecil. Di masa depan dengan bantuan teknologi dari RealSense mungkin itu tidak akan terjadi lagi, karna dengan kamera ini kita dapat mengukur jarak dari benda-benda yang terdapat pada gambar tersebut. Tapi dibalik kecanggihan tersebut masih terdapat 1 kekurangan. Kamera ini belum mampu mengukur jarak benda yang jauh dari kita.

 

5. Menghindari Objek

RealSense Drone

Intel memasangkan kamera tersebut pada sebuah drone dan kamera tersebut akan mengukur jarak dari drone ke objek di sekitarnya, dengan cara itu drone tersebut akan terbang menghindari objek-objek yang dekat dari drone tersebut. Dengan adanya teknologi ini jika kita memiliki mobil yang dapat berjalan sendiri mungkin kata kecelakaan dapat hilang dari kamus.

 

Selain kegunaan-kegunaan yang seru tersebut ada juga kegunaan yang berkaitan dengan keamanan.

Keamanan merupakan salah satu bagian terpenting. Intel RealSense yang saat ini beredar untuk umum (pada Laptop dan Tablet) di khususkan untuk kegunaannya pada keamanan.

Windows Hello pada Windows 10

Jika kalian malas mengetik password, PIN, atau bahkan menyentuh sensor sidik jari. Kalian tetap dapat Log In ke Windows 10 dengan memanfaatkan Windows Hello bersama kamera ini, dengan demikian kalian hanya perlu berada di depan kamera ini dan kalian pun akan ter-log in dengan sangat cepat. Selain itu jauh lebih aman karna jika ada yang ingin masuk ke komputer kalian dengan menggunakan foto wajah kalian, mereka tidak akan bisa masuk karena Windows Hello akan memverifikasi secara 3D bahwa benar itu benar-benar anda. Walaupun kalian memiliki saudara kembar yang sangat identik-pun Intel RealSense dapat membedakan kalian.

 

 

Bagi yang belum pernah melihat iklannya, berikut adalah salah satu iklan dari Intel RealSense ini:

 

 

Jadi Kapan Kita Sudah Dapat Menikmati Intel RealSense ini?

Sebenarnya Intel RealSense sudah dapat dinikmati, karna sudah di benamkan di beberapa laptop dan tablet, sayangnya laptop dan tablet tersebut merupakan seri premium (seperti HP Spectre X2 dan Microsoft Surface) dan harganya sangat tinggi. Bagi PC Desktop juga sudah dapat menikmatinya tetapi yang dapat dibeli adalah Developer Kit nya karna sebenarnya Intel Realsense ini juga masih dalam masa pengembangan agar dapat digunakan pada lebih banyak aplikasi.

Developer Kit nya sendiri harganya cukup menguras kantong yaitu $ 130 USD dengan tipe SR300 perlu di ingat RealSense tipe ini hanya dapat bekerja pada processor Intel Core generasi 6 keatas. Dan karna ini developer kit jadi susah untuk didapatkan terutama di Indonesia.

Selain SR300, Intel juga mempunyai developer kit tipe F200 tetapi seri ini merupakan seri lama dan sudah tidak di jual lagi.

 

Kesimpulan

Bagi kalian yang memang ingin memiliki teknologi masa depan ini sekarang, kalian dapat membeli Laptop, Tablet ataupun Developer Kit tersebut. Tapi perlu di ingat Intel RealSense walaupun sudah banyak iklannya dan terdapat pada Laptop maupun Tablet hanya difokuskan untuk kepentingan keamanan saja, seperti Log in ke Windows dengan menggunakan Windows Hello. Pasar yang dapat membeli Laptop dan Tablet tersebut pun untuk pasar premium seperti perusahaan besar.

Tapi untuk kedepannya teknologi ini pasti akan merambah semua pasar dan menggantikan seluruh kamera-kamera pada laptop dan tablet bahkan webcam, karna banyak nya fitur yang dapat dikembangkan dari teknologi ini.

Sekian artikel dari saya terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk men-share jika menurut kalian artikel ini berguna dan selalu nantikan artikel-artikel dari Getective selanjutnya.

Artikel lain mengenai teknologi Intel :

 

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.