5 Langkah Mudah Untuk Install CyanogenMod pada Perangkat Android Anda

Kita sudah membahas mengenai apa itu CyanogenMod dan apa itu Custom ROM, mungkin banyak yang penasaran dan ingin mencoba sendiri untuk memasang CyanogenMod ke perangkat mereka. Jika benar, maka Anda sangat beruntung karena disini akan dibahas mengenai cara memasang CyanogenMod ke perangkat Anda. Namun, dikarenakan perangkat yang di support secara official oleh CyanogenMod hanya mencakup sekian banyak perangkat, maka kita hanya akan menjelaskan kepada anda apa saja yang dibutuhkan untuk dapat memasang CyanogenMod. Yuk simak!

1. SMARTPHONE

Cyanogenmod android

Ini sudah pasti dibutuhkan jika anda ingin memakai CyanogenMod sebagai OS pada perangkat anda. Karena CyanogenMod akan menjadi OS baru pada perangkat berbasis Android anda – Ya, CyanogenMod hanya dapat dipasang pada perangkat berbasis Android.

2. UNLOCK BOOTLOADER

Bootloader Cyanogenmod

Tahap ini mungkin sedikit sulit karena setiap perangkat berbeda dan beberapa manufaktur tidak memperbolehkan hal ini karena secara singkat akan menghilangkan garansi anda. Gunanya unlock bootloader adalah memberikan anda akses kepada root dan memperoleh akses “super user” kepada perangkat anda. Beberapa manufaktur memperbolehkan anda untuk melakukan hal ini, jadi mungkin cari informasi terlebih dahulu di website resmi manufaktur perangkat anda apakah ada unlock bootloader resmi atau tidak. Jika tidak ada, biasanya terdapat yang unofficial di XDA Developer.

3. CUSTOM RECOVERY

CWM Cyanogenmod  Cyanogenmod

Gunanya meng-install sebuah custom recovery adalah agar anda dapat meng-install custom ROM. Custom recovery mungkin bisa dibilang seperti BIOS pada PC/Laptop. Pada recovery default dari perangkat anda, anda dapat meng-install OTA (Over The Air) update, menghapus konten pengguna dan cache, dll. Caranya mungkin bervariatif tergantung mana yang paling cocok dengan Anda. Namun, cara yang paling simple adalah melalui terminal. Anda harus memiliki ADB dan Android SDK di komputer Anda. Lalu Anda harus mengunduh file .img pada custom recovery pilihan Anda, TWRP atau CWM. Pada terminal atau command prompt ketik “fastboot flash recovery (letak file recovery pada komputer anda), misalkan ” fastboot flash recovery c:recovery.img “. Setelah itu reboot perangkat anda dan akan boot secara normal.

4. ROM ZIP FILE

Anda bisa download ROM zip file pada situs ini. Download sesuai dengan perangkat Anda, namun jika tidak ada bisa anda cari pada XDA Developer. Pada recovery anda, Klik “Install” dan kemudian pilih file rom anda. Setelah itu jangan matikan terlebih dahulu perangkat anda, biarkan pada recovery.

5. GAPPS ZIP FILE

GApps adalah singkatan dari Google Apps, karena hal tersebut adalah milik Google, CyanogenMod tidak pre-installed aplikasi tersebut. Jadi, hal yang harus Anda lakukan adalah meng-install file zip GApps tersebut sesuai dengan versi CyanogenMod yang telah Anda install. Anda bisa mengunduh file tersebut disini. Setelah itu reboot dan enjoy 🙂

 

Semoga cara diatas dapat membantu Anda dalam meng-install CyanogenMod pada perangkat Anda. Namun ketahuilah bahwa kami tidak bertanggungjawab pada data yang hilang ataupun perangkat yang mengalami error. Do it at your own risk! Jika anda memiliki pertanyaan, tinggalkan pada comment section ya! 🙂

Recent Posts

Recent Comments

James Alexander Written by:

A simple boy with an enormous appetite for curiosity.

4 Comments

  1. February 12, 2018
    Reply

    Terima kasih. Step by step yang lengkap dan mudah dimengerti.

    • James Alexander
      February 12, 2018
      Reply

      Sama2 gan 🙂 makasih juga udah baca yaa!

  2. September 2, 2018
    Reply

    makasih ya gan atas informasinya

    • James Alexander
      September 8, 2018
      Reply

      Sama-sama 🙂 makasih juga udah membaca yaa!

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.