HDMI 2.1 – The Next Generation of HDMI

HDMI

Kabel HDMI

 

Sekarang kita mungkin sudah familiar dengan HDMI (High-Definition Multimedia Interface), HDMI merupakan salah satu port yang paling penting yang digunakan secara universal dan sudah memiliki beberapa versi. Yang paling umum kita temui sekarang adalah versi 2.0.

Belum lama kita menggunakan HDMI 2.0 untuk banyak peralatan multimedia seperti Console Game, BD-Player, TV, Monitor, dll. Sekarang sudah mulai terkuak versi penerusnya yaitu HDMI 2.1 yang jauh lebih keren dibandingkan pendahulunya!

Jadi apa sih itu HDMI 2.1??

HDMI 2.1

Ya memang jika dilihat dari angka 2.0 -> 2.1 sepertinya tidak ada perubahan yang berarti. Tapi generasi penerus HDMI ini mempunyai peningkatan kemampuan yang sangat jauh dibandingkan versi sebelumnya. Apa saja peningkatannya?

 

Resolusi

 

Resolusi Layar 10K

Sekarang sudah banyak TV beredar menggunakan layar 4K (UHD), dan ada pula resolusi monitor komputer yang sudah 5K. Tapi resolusi tersebut bukan apa-apa jika dibandingkan dengan resolusi yang didukung oleh HDMI 2.1 ini

Resolusi yang didukung oleh generasi penerus HDMI ini adalah 10K.

Frame Rate

Biasanya bagi para gamers framerate merupakan jaminan untuk bermain mulus (smooth). Jika framerate rendah sepertinya tidak nyaman untuk bermain game. Nah kali ini keunggulan HDMI 2.1 ini cukup besar dibanding pendahulunya.

Jika pendahulunya yaitu versi 2.0 hanya dapat menghasilkan output 60Hz pada resolusi 4K. Maka pada penerusnya kalian akan mendapatkan output hingga 120Hz dengan resolusi 10K.

 

Teknologi VRR

http://www.startlr.com/wp-content/uploads/2017/01/content_small_Schermata_2017-01-04_alle_19.52.38.png

 

Apa itu VRR sepertinya baru denger. VRR adalah (Variable Refresh Rate). Teknologi ini bekerja dengan cara meng-sinkronisasi Refresh Rate dari Source (cth, komputer) ke Display (cth, monitor). Cara yang sama pada teknologi G-Sync dan AMD Free-sync. Teknologi ini memberikan manfaat agar tidak ada Tearing pada saat bermain game dimana biasanya Refresh Rate yang dihasilkan source lebih tinggi dibandingkan yang dapat ditampung pada Display.

Teknologi VRR pada HDMI 2.1 disebut dengan Game Mode VRR.

 

HDR Dengan Dynamic Metadata

Seperti pada HDMI 2.0, tentu saja HDMI 2.1 mendukung HDR (High Dynamic Range) tetapi HDR pada versi baru ini selangkah lebih maju dimana Cahaya yang dihasilkan diatur per Frame sehingga lebih akurat. Teknologi HDR ini sudah ada saat ini yaitu Dolby Vision. Tetapi Dolby Vision mempunyai lisensi (proprietary) atau Hak Milik, sehingga untuk menggunakannya perlu membayar. Pada HDMI 2.1 lisensi yang digunakan adalah (Open) atau bebas digunakan yang berarti lebih banyak Devices, lebih murah.

 

Enhanced Audio Return Channel

Tidak hanya di sektor visualisasi, peningkatan juga terjadi sektor Suara. dengan adanya Teknologi Enhanced Audio Return Channel suara dihasilkan berdasarkan objeknya, yang berarti setiap suara di film / acara tv akan diatur pada objeknya masing-masing , dan bukan berdasarkan Channel seperti yang selama ini digunakan. Dan teknologi ini menjadikan posisi dari sumber suara lebih realistis, teknologi serupa juga terdapat pada Dolby Atmos, dan dtsX.

 

Spesifikasi

Bandwith kabel HDMI

 

Agar dapat menampung semua peningkatana diatas tentu saja memerlukan Bandwidth yang lebih besar dari sebelumnya.

Bandwidth HDMI 2.0 adalah 18Gbit/s sedangkan 2.1 adalah 48Gbit/s yang berarti lebih dari 2x dibandingkan versi sebelumnya.

 

Bad News

Walaupun HDMI 2.1 memiliki seluruh peningkatan diatas tetapi jika kalian ingin menggantinya kalian membutuhkan semua alat yang mendukung HDMI 2.1 mulai dari BD-Player, Console Game, sampai Graphic Card. Selain itu kalian harus membeli kabel baru yang mendukung HDMI 2.1.

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

One Comment

Yuk Comment :D

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.