Apa itu HDCP (High-Bandwidth Digital Content Protection) ?

Apa sih HDCP itu?

HDCP Player Error

Kita mungkin sudah sering mendengar HDCP pada TV kita, tapi apa sih itu HDCP?

HDCP adalah singkatan dari High-Bandwidth Digital Content Protection, sebuah bentuk keamanan untuk mencegah pembajakan ketika berjalan dari Source (DVD Player, Blu-ray Player, Set Top Box, dll) ke Display (TV/Monitor). Di desain oleh Intel dan dilisensikan oleh Digital Content Protection.

Bagaimana Caranya bekerja?

Sebelum ditampilkan ke layar (display), Source dan Display akan bertukar kunci (keys) dan jika mereka cocok maka video akan ditampilkan kelayar sesuai seharusnya, sayangnya dalam beberapa kasus jika kita tidak memiliki produk dengan HDCP yang cocok kita tidak akan dapat menonton tayangan tersebut.

 

 

Kenapa ini penting?

Walaupun saat ini masih banyak beredar DVD player dan TV yang mendukung input dengan menggunakan kabel dengan sinyal analog (kuning, putih, merah). Kedepannya kita hanya akan menggunakan 1 kabel saja yaitu HDMI, DisplayPort ataupun DVI karna support pada, dan pada kabel jenis ini sudah menggunakan sinyal digital yang digunakan oleh HDCP, selain itu penggunaan kabel analog-pun akan membatasi resolusi yang dapat ditampilkan oleh TV kita.

Jika kalian pecinta tayangan dengan gambar High-Definition (HD) 720p,1080p,bahkan 4k, ada baiknya jika kalian ingin membeli TV dan peralatan menonton lainnya, beli-lah yang sudah support HDCP terakhir. Pada saat artikel ini ditulis versi HDCP terakhir adalah  2.2.

 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Recent Posts

Recent Comments

Jemmy Wu Written by:

A person who love techs and computers

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.