Memori Smartphone Anda Kecil? Google Photos Solusinya!

Kamera handphone telah banyak mengalami perubahan kualitas yang cukup drastis dalam beberapa tahun belakangan ini. Namun akhirnya berdampak pada ukuran gambar yang terus menerus menaik tiap tahunnya untuk mengakomodasi kualitas gambarnya. Yang akhirnya menjadi masalah tersendiri dalam hal penyimpanan gambarnya.

Menghadapi masalah ini beberapa flagship saat kini sudah menyediakan opsi penyimpanan storage sebesar 128 GB yang tentu saja sangat membantu dalam hal penyimpanan data di dalam handphone. Sayangnya hal ini hanya berlaku pada smartphone-smartphone yang berada dalam kategori flagship. Di mana target pasarnya sudah jelas untuk mereka yang memang memiliki uang yang banyak.

Lalu bagaimana dalam kategori budget phone alias handphone murah? Tentu masalah ini merupakan suatu masalah yang bisa dikatakan cukup besar. Terutama karena mengambil gambar sudah menjadi kebiasan hidup sehari-hari kita saat ini. sangat mustahil apabila ingin menyimpan semua hasil gambar/foto di dalam handphone tanpa menyediakan kapasitas memory yang sesuai.

Google Photos sebenarnya bukan hal yang baru, namun baru-baru ini telah dirombak ulang oleh google dengan konsep yang benar-benar fresh dan baru. Dan kabar baiknya Photos dapat digunakan pada iOS, Android dan bahkan web dengan gratis.

Bagi kalian yang belum tahu apa itu Photos, Photos adalah sebuah applikasi photo viewer dari google dengan berfokus pada beberapa hal yakni :

  1. Menjadi rumah bagi seluruh foto & gambar yang ada di dalam gadget-gagdet kamu.
  2. Menghidupkan momen-momen yang dengan pengelompokkan gambar-gambar lebih teratur.
  3. Lebih mudah dalam membagikan moment bersama teman

Dan bisa dikatakan eksekusi mereka dalam merancang Google Photos ini bisa dibilang berhasil, Dan berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus menginstall Photos di gadget anda.

Google Photos

 

Sekali foto, Tersimpan selamanya

Tagline Photos adalah “Satu rumah untuk semua fotomu”, yang menurut saya pribadi benar-benar sesuai dengan fitur utamanya yakni memback up seluruh gambar dan video yang ada di dalam handphone ke dalam cloud. Iya, benar, gambar DAN video.

Artinya apa? Artinya begitu anda mengambil sebuah foto/video, apabila smartphone anda tersambung dengan internet. Maka Photos akan dengan sendirinya menaruh foto/video tersebut ke dalam google drive anda. sehingga foto/video tersebut sudah bisa di akses di mana saja, di komputer, tablet, atau di smartphone lainnya melalui google drive.

Keuntungannya adalah saat memori internal di dalam handphone anda sudah mau habis, anda dapat menghapus foto-foto lama dan tidak perlu takut kalau foto tersebut akan hilang untuk selamanya. Karena sudah tersimpan di dalam drive anda. Jadi benar-benar “sekali foto, tersimpan selamanya.”

Kabar baik lagi adalah, melalui rombak ulang google baru-baru ini. Photos yang sebelumnya mencompress semua file mereka sebelum di backup saat ini sudah mampu membackup video dan foto dengan ukuran originalnya, artinya file-file anda tidak akan di compress jika anda mau.

Untuk dapat mengakses fitur ini anda cukup login ke account google anda. Nanti Photos dengan sendirinya akan terintegrasi dengan drive anda. Cuma perlu dipertimbangkan kalau drive sendiri memiliki batas penyimpanan juga. Jadi tidak terlalu disarankan menyimpan gambar/video berukuran besar.

Momen hidupmu semakin hidup

Photos juga menawarkan beberapa fitur-fitur tambahan untuk mengedit gambar-gambar/video yang diambil. seperti membuat animated picture(GIF). Membuat movie gabungan dari seluruh gambar/video yang berhubungan. dan juga yang saya pribadi sangat suka adalah collection.

Tidak banyak yang bisa dijelaskan dalam fitur-fitur tersebut. Menurut saya cara paling cepat untuk mengetahui dan merasakan kerennya fitur-fitur di atas dengan cara menggunakannya sendiri.

Pengelompokkan foto yang sudah seharusnya

Apa yang sudah seharusnya dimiliki oleh applikasi-applikasi photo viewer pada umumnya? Bagi saya pribadi adalah pengelompokkan foto-foto yang saya ambil agar dikelompokkan sesuai dengan kejadian/hal-hal yang sedang berlangsung. dalam hal ini Photos benar-benar menunjukkan perhatian mereka dalam hal manajemen foto. Contohnya pengelompokkannya bisa di lihat seperti di bawah ini.

 

Google photos grouping Google Photos Grouping

Lihat tanda kaca pembesar di bagian kanan bawah itu? Iya photos sekarang menyediakan search engine untuk mencari gambar-gambar/ video di dalam Photos anda sendiri.

Jadi kurang lebih inilah google Photos, applikasi photo viewer smartphone. Dengan fitur yang seharusnya sudah ada sejak lama di tiap-tiap smartphone. Sebenarnya tidak ada alasan khusus kenapa harus menginstall photos. namun mengingat karena tidak semua photo viewer di smartphone itu seperti google Photos, saya sangat menyarankan untuk menginstall Photos terutama untuk smartphone yang memiliki memori internal yang sedikit.

 

 

Recent Posts

Recent Comments

Bryan Written by:

Be First to Comment

    Yuk Comment :D

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.